Asri Pratiwi, Dari Mie Ayam Sukses Berbisnis Kebab Kelas Premium Harga Kaki Lima

Sejatinya wanita yang satu ini tengah menikmati karier di sebuah bank. Namun hobinya yang senantiasa berpetualang mencicipi berbagai kuliner di berbagai daerah membuatnya kepincut berbisnis kuliner. Terlebih lagi, usaha kuliner di Indonesia begitu menggoda. Hampir di setiap sudut daerah terdapat taman kuliner satau street food yang kerap ramai dikunjungi masyarakat.

Ia bersama tiga rekannya pun mendirikan usaha mie ayam. Sayangnya dewi fortuna belum bersamanya. Bisnisnya harus gulung tikar karena belum mampu bersaing di pasar. Namun ia tidak patah semangat. Wanita yang bernama Asri Pratiwi ini pun mengajak rekannya untuk berbisnis lagi mencoba peruntungan di sektor lain, kali ini ia ingin menggeluti bisnis kebab.

Hanya satu rekan yang mau diajak mendirikan bisnis kebab. Setelah menemukan racikan kebab yang pas ia meluncurkan bisnis kebab dengan merek Aladdin Kebab di bilangan Kelapa Gading Jakarta pada 2019 dengan modal 10 juta. Begitu bisnisnya dibuka di perumahan bilangan perumahan elit itu, omzetnya mencapai 500 ribu. “Alhamdulillah kita mampu menjual 35-40 kebab dalam di hari pertama,” ujarnya dengan perasaan bahagia.

Dari situ wanita kelahiran Depok 1998 ini semakin bersemangat menekuni bisnisnya. Sejurus kemudian Asri membuka cabangnya di Tambora, Ciracas, dan Depok. Di tengah asik-asiknya mengembangkan bisnis, tantangan pun menghadang, Pandemi Covid mewabah. Bisnisnya pun drop. “Waktu awal bisnis Covid datang, omzet kita drop banget. Karena masyarakat tidak ada yang jajan di luar. Kita putar otak bagaimana agar bisnis yang baru kita rintis ini tetap bertahan,” kenangnya.

Maka ia pun membuat inovasi menciptakan varian menu kebab untuk menengah bawah. Ia juga membuat promo jumber atau jumat berkah, kerja sama dengan Grab Food dan Go Food, membuat proposal kerja sama dengan instansi, kantor, ikut acara event di sekolah atau bazar. Bisnisnya pun terus tumbuh dan bertahan dengan baik hingga kini. “Kita juga mulai menawarkan peluang kemitraan pada 2022 di pameran franchise di BSD, dan juga pameran franchise IFBC beberapa bulan lalu. Hasilnya ada 20 outlet yang close mau buka cabang,” jelasnya.

Saat ini, Aladdin Kebab memiliki 20 cabang, sedangkan 15 cabang sedang persiapan buka. “Jadi sampai akhir tahun ini kita memiliki 35 cabang yang tersebar di  Jabodetabek, Kalimantan di Banjai, dan Semarang. Untuk menspport bisnis kita memiliki kantor administrasi di Tanjung Barat, Jakarta Selatah serta Ware House di Depok,” ujar Sarjana Management Bisnis membeberkan perkembangan bisnisnya.

Dituturkan Asri, Aladdin Kebab memiliki diferensiasi dengan pemain kebab yang sudah eksis. Menurutnya, Aladdin Kebab menawarkan kebab premium untuk kelas menengah bawah dengan berbagai varin rasa. “Idenya saya sering liat kebab di mal-mal yang memiliki citra rasa baik dan punya berbagai varian menu. Bagaimana bila konsep ini kita bawa ke streed food, Alhamdulillah konsep kita diterima,” jelasnya.

Aladdin Kebab menawarkan berbagai varian menu kebab yang menggoda selera. Antara lain Double Cheese yang dibandrol Rp 17.000. Di varian menu ini terdapat saus keju, keju slide, dan bisa request pedas atau manis. Kedua, ada pula menu Barbeque Spicy, sebuah varian menu yang pedas dengan saos sambal Barbeque Beef Smoky yang dibandrol Rp 15.000. Ada pula varian mehu Teriyaki Kebab yang terdapat saos teriyaki mayones dibandrol dengan harga Rp 15.000.

Selain itu, kata Asri, ada menu Original Kebab dengan harga Rp 13.000 yang di dalamnya terdapat mayones, saus tomat, dan sambal. “Kita juga ada menu lainnya seperti Burger dengan harga 15 ribu dan Hotdog dengan harga 13 ribu. Ukuran kebab kita memuaskan dengan ukuran large dan XL, tidak ada kebab kecil,” tuturnya.

Calon mitra bisnis yang tertarik dengan peluang bisnis kemitraan Aladdin Kebab, kata dia,  bisa menyiapkan investasi Rp 35 juta. Investasi tersebut All in One artinya mitra bisnis sudah mendapat semua perlengkapan bisnis mulai dari booth kebab, bahan baku, peratalan usaha, hingga kartawan. “Kita juga bantu suveri lokasi, menyiapkan karyawan dan berbagai persiapan bisnis lainnya,” ujarnya.            

Menariknya, kata dia, Aladdin Kebab tidak memungut royalty dari mitra bisnisnya, jadi keuntungan 100% untuk mitra bisnis semua. “Dan kontrak kerja sama kita seumur hidup jadi tidak ada biaya perpanjangan kerja sama. Mitra bisnis dapat mencapai BEP dalam waktu satu tahun dengan profit 3 juta perbulan. Di tahun pertama saja mitra kerja untuk mencapai ROI, tahun selanjutnya tinggal menikmati bisnisnya saja. Kewajiban mitra bisnis hanya mengambil bahan baku dari pusat agar semuanya standar,” tandasnya.