Ridha Maharani, The Power of Ngopi

Mengusung konsep Powerfull dan memiliki tema gabungan dari 90s dan y2k, Solophoto hadir sebagai solusi media photographi paling ikonik bagi anak muda yang mempromosikan dirinya.
Itulah yang disampaikan Ridha Maharani, salah satu pendiri bisnis jaringan Solophoto.

“Kami punya slogan “pop up self photo” karena kami bukan hanya sekedar studio foto tapi kami juga bisa menjadi photobooth yang membersamai setiap event bagi orang-orang yang menginginkannya,” kata Ridha mengawali pembicaraan.

Ridha memulai semuanya dari tahun 2022 lalu ketika sedang bersama tiga teman lainnya sedang asyik ngopi bersama. Obrolan santai soal membuka usaha berujung pada kesepakatan membuka studio photo yang kata Ridha terkendala di modal. “Kendala terbesar kami saat awal itu di modal,” ujarnya mengenang.

Tapi karena niat dan hasrat sudah membuncah, Ridha tidak menyerah begitu saja. Katanya, dengan alat seadanya dari masing-masing tim dan dapat space dari rekan kerjanya yang lain serta persiapan yang tidak lebih dari dua minggu, Ridha tidak menyangka antusiasme masyarakat akan usahanya tersebut malah mendapatkan respon yang luar biasa.

“Tidak diduga memang ternyata banyak peminat serta dukungan dari keluarga dan teman teman sehingga bisa berkembang dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan. Bahkan dalam 3 bulan pertama kita berempat hanya menerima gaji kurang dari 5% pendapatan bersih dikarenakan semua uang dialokasikan untuk penyewaan tempat dan pembaruan unit alat,” tutur Ridha semangat.

Setelah melalui semua prosesnya, langkah perkembangan Solophoto semakin ke depan. Terlebih Ridha menerapkan sistem kemitraan sehingga pada bulan ke  6 mendapatkan mitra untuk wilayah lombok dan juga pembukaan cabang ke 2. Berturut-turut setelah itu, di bulan ke 9 ada masuk kemitraan untuk wilayah sragen dan berkelanjutan sampai sekarang menjadi 12 cabang.

“Saya terharu Alhamdulilah berawal dari 0 rupiah bermodalkan alat pribadi dan relasi tempat kita bisa menjadi 12 cabang meliputi mitra,” ucap Ridha haru.

Bagi Ridha hidup itu seperti seperti air mengalir. Meski banyak rintangan air akan selalu mengalir mencari jalan keluarnya dan tidak perlu melawan takdir karena semua telah memiliki jalannya masing-masing.

So, terbukti kan The Power of Ngopi?