13 Langkah Tips Menghindari Kegagalan Berbisnis Franchise

Sebagai pengusaha, peran franchisee dalam menjalankan dan mengembangkan unit bisnis franchisenya jelas sangat diperlukan. Franchisee merupakan ekskutor dari sistem yang telah diberikan franchisor di lapangan. Artinya, diperlukan kerja sama yang baik antara franchisor di pusat dan franchisee di wilayah. Bahkan beberapa franchisee sukses memposisikan dirinya sebagai manager operasional unit bisnis franchisenya.

Dalam bisnis franchise, indikator kegagalan dapat dideteksi dan ditanggulangi sejak awal. Sebab bisnis franchise yang dijalankan franchisee merupakan duplikasi dari bisnis franchise milik franchisor yang sudah terbukti tangguh dan menguntungkan. Istilahnya, telah banyak makan asam garam dan melewati lika-liku dunia bisnis dengan hasil gemilang. Panduan bisnis tersebut kemudian diberikan franchisor kepada franchisee berikut sistem support-nya. Sehingga pada akhirnya, franchisee akan lebih mudah menjalankan unit bisnis waralabanya.

Selain itu, ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan guna menghindari kegagalan dalam menjalankan bisnis franchise sebagai franchisee, yaitu :

  1. Buang jauh-jauh paradigma bahwa, memiliki bisnis franchise berarti Anda sebagai franchisee tinggal ongkang-ongkang kaki, kemudian dengan sendirinya gerai franchisee Anda mendapatkan keuntungan. Karena perusahaan franchise yang Anda beli juga butuh pengontrolan ekstra dari Anda selaku franchisee.
  1. Sebagai franchisee Anda harus memiliki jiwa seorang entrepreneur, mulai dari kecakapan komunikasi, emosi, intelektual, leadership, manajerial, pandai membaca peluang pasar serta tahu kelemahan dan kelebihan perusahaan Anda guna mengetahui peluang mana yang akan diambil.
  1. Franchisee harus menghormati perjanjian waralaba (franchise agreement) dengan franchisor, mengikuti semua SOP yang telah disepakati, memberi masukan atau bertanya kepada franchisor bila terjadi sesuatu hal yang perlu dipecahkan secara bersama.
  1. Lakukan promosi untuk meningkatkan penjualan perusahaan Anda. Banyak contoh, seperti iklan di media masa, menyebarkan brosur dan pamplet, memasang baliho, mengirimkan proposal yang ditujukan untuk kantor di lingkungan gerai Anda, ikut mendukung event di sekitar lingkungan gerai Anda berada, hingga memberikan berbagai hadiah kepada pelanggan yang loyal.

Dalam hal ini, masih banyak bentuk promosi yang bisa Anda eksplor. Anda juga bisa mengundang media masa, seperti koran, majalah, televisi, radio hingga media on line untuk meliput kejadian unik dan penting di gerai Anda agar gerai franchise Anda bisa lebih dikenal publik.

  1. Buatlah suatu program serta undang semua teman, relasi, kenalan, saudara bahkan lingkungan di sekitar gerai Anda ketika grand opening. Sebisa mungkin acara grand opening mampu menyedot perhatian publik dengan berbagai hal yang dikemas secara unik sehingga banyak mata yang tertuju kepada gerai Anda.
  1. Ingat, pelanggan adalah raja. Bila tidak ada  pelanggan usaha Anda pasti gagal. perlakukan pelanggan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Layani pelanggan dengan jujur dan lebih cepat.
  1. Buat pelanggan selalu ingat dengan perusahaan Anda melalui berbagai macam cara, misalnya mengirim sms atau menghubungi via telepon tentang produk atau layanan terbaru Anda, pemberian cenderamata, diskon, hadiah dan sebagainya.
  1. Didik karyawan Anda agar cakap dalam melayani konsumen. Berikan senyuman yang ramah kepada setiap pelanggan yang datang. Jangan membuat mereka kecewa.
  1. Bila terjadi komplain, selesaikan dengan cara kekeluargaan.
  1. Karyawan adalah aset berharga dari perusahaan Anda. Bina mereka menjadi lebih terampil dalam melayani, beri penggajian yang seadil-adilnya. Bila perlu, berikan reward bagi yang berprestasi serta punishment apabila belum mencapai harapan franchisee.
  1. Ikuti SOP dari franchisor dengan sebaiknya-baiknya terutama dalam hal kontrol keuangan perusahaan Anda. Jika perlu, bentuk tim akuntansi sendiri untuk lebih intensif mengontrol berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.
  1. Relasi dengan franchisor sangat penting dalam rangka mendukung keberlanjutan perusahaan Anda. Franchisor dapat memberikan banyak masukan kepada Anda sesuai dengan pengalaman kesuksesan perusahaannya. Anda pun bisa memberikan masukan yang inovatif kepada franchisor agar perusahaan Anda lebih maju.
  1. Relasi dan hubungan baik juga dilakukan dengan karyawan dan komponen lain di lingkungan sekitar perusahaan Anda juga pelanggan yang semuanya turut mendukung kemajuan usaha Anda.