Tips Mencari Bisnis Franchise yang Tangguh

Para calon investor atau franchisee di bisnis franchise selalu punya tujuan yang sama ketika berniat membeli bisnis waralaba. Yaitu, memperoleh profit dari bisnis yang dibelinya. Selama bisnis tersebut menjanjikan return dan profit, mahal atau murah bukan persoalan. Sebab, pada akhirnya, investasi yang ditanam di bisnis bisa kembali.

Di Indonesia, bisnis-bisnis franchise banyak bermunculan. Pertumbuhan bisnis franchise belakangan ini pun sangat menggembirakan. Namun, semua pihak harus waspada. Tidak semua bisnis franchise menjanjikan. Sebagian banyak yang berguguran dalam waktu yang tidak panjang. Untuk itu, jangan mudah tergiur pada janji. Sebaiknya melihat bukti dan track record merek bisnis franchise yang mau dibidik.

Cara paling aman untuk berinvestasi di bisnis franchise adalah memilih bisnis yang sudah sustain dan tangguh. Nah, di Indonesia ternyata banyak juga merek-merek bisnis franchise yang sangat sustain. Indikator yang paling mudah dikenali adalah pengalaman yang panjang dari merek bisnis franchise tersebut.

Setidaknya, itu merupakan bukti paling mudah untuk mulai menilai bahwa bisnis tersebut sangat sustain. Mengapa? Karena merek tersebut berarti sudah mengalami banyak kendala dan situasi serta tantangan, dan selama itu pula tetap bertahan dan menunjukkan kinerja dan pertumbuhan yang baik.

Pada prinsipnya, bisnis franchise sebenarnya menjual merek. Merek bukan hanya sebuah nama. Merek merupakan pembeda. Biasanya konsumen melakukan pembelian karena alasan merek, bukan sekadar produk. Merek-merek yang sustain sangat menguntungkan bagi pemiliknya untuk menarik minat konsumen.

Seperti apa sebetulnya sebuah bisnis franchise yang sustain itu? bisnis franchise yang kuat dan tangguh ditentukan dari, pertama, sejauh mana usaha itu bisa menarik keuntungan yang signifikan sehingga bisa terus berkembang. Karena,  di dalam bisnis, yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan penjualan.

Kedua, karena tujuan utama bisnis adalah uang, maka usaha tersebut harus memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya, punya aset yang bisa cepat dijual bila terjadi sesuatu. Ketiga, usaha tersebut punya tingkat keuntungan yang stabil (financial stability).

Kemudian, selain hal tersebut diatas, ada hal lain yang juga bisa dijadikan tolak ukur sebuah bisnis bisa disebut tangguh, yaitu, memiliki SOP, punya marketing plan dan memiliki SDM yang baik serta struktur organisasi yang kuat.  Namun, empat hal di atas hanya ornamen pendukung saja, karena ujung-ujungnya adalah sales dan profit.

Sejatinya, memiliki bisnis franchise yang tangguh punya banyak keuntungan. Bisnis yang tangguh punya jaminan bahwa bisnisnya akan berjalan dengan baik, BEP-nya lebih cepat, tingkat resikonya lebih rendah dan mampu menunjang peningkatan sales dan profit.

Kemudian yang juga harus diingat,  yang paling penting di franchise itu adalah sistem, bukan merek. Pasalnya, merek akan bercitra baik jika didukung oleh suatu sistem yang baik.

Meski begitu, bukan berarti merek tidak penting. Dalam bisnis, merek tetap penting. Karena merek yang  bagus akan mengundang pelanggan. Oleh sebab itu, merek yang kuat biasanya harganya juga lebih mahal. Karena merek hasil investasi yang mahal.