Simak 5 Langkah Hemat dalam Pengelolaan Franchise

Hemat merupakan langkah yang harus dilakukan oleh para pengusaha franchise dalam melakukan pengelolaan keuangan usahanya. Ada lima langkah hemat yang bisa dilakukan agar sukses. Kelima langkah tersebut adalah :

Langkah Pertama: Harus Merencanakan Keuangan Usaha Anda Sedini Mungkin!

Rencanakan 3 aktivitas dalam pengelolaan cash flow keuangan usaha Anda sejak sekarang. 3 Aktivitas pengelolaan cash flow perusahaan tersebut biasanya meliputi :

* Cash Flow Investasi di tahun ini seperti : membuka cabang baru, membeli mesin baru, membeli kendaraan baru dan investasi lainnya.
* Cash Flow Operational tiap bulan selama setahun, seperti: membayar gaji karyawan, membayar biaya listrik, membayar air PAM dan membayar biaya telephone, dll
* Cash Flow Financing, Misalnya apabila akan melakukanpinjaman ke bank, koperasi, multifinance atau lembaga keuangan lainnya.

Perencanaan keuangan tersebut diantaranya meliputi ketersediaan cash flow berapa besar, darimana asalnya, serta kapan akan digunakannya harus sudah dihitung, direncanakan dan ketahui sedini mungkin.

Langkah Kedua  : Enaknya ambil tindakan usaha berdasarkan Prioritas & Kondisi Keuangan  yang ada.

Dalam langkah kedua ini, segala tindakan usaha atau langkah-langkah dalam pengelolaan ketiga jenis aktivitas tersebut di atas harus didasarkan pada kondisi keuangan yang ada. Beberapa kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang sering dilakukan oleh pengusaha diantaranya :

* Pengeluaran biaya berlebihan untuk keperluan pribadi seperti sewa tempat tinggal.
* Tidak memiliki dan menyiapkan dana darurat
* Utang kartu kredit yang berlebihan
* Berada dalam hubungan cinta yang menguras keuangan
* Tidak menabung untuk masa pensiun

Kelima kesalahan utama tersebut harus dihindari, untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan yang baik.

Langkah Ketiga : Memastikan jangan pernah lengah dari pengeluaran-pengeluaran yang tak direncanakan

Tidak bisa dipungkiri dalam setiap bisnis atau usaha yang dilakukan akan selalu ditemui kondisi-kondisi yang menantang dalam perkembangan bisnis Anda ataupun keinginan-keinginan pribadi Anda.

Pengeluaran mana yang perlu didahulukan kadang-kadang menjadi dilematik bagi pengusaha franchise.

Konsisten dalam melakukan setiap pengeluaran berdasarkan perencanaan yang sudah dilakukan, merupakan kunci keberhasilan dalam pengelolaan keuangan usaha anda.

Biasanya keinginan dan keberanian yang tinggi dari pelaku usaha dalam melakukan pengeluaran, tanpa didasari pertimbangan-pertimbangan yang matang akan menjadi titik awal permasalahan yang terjadi dalam keuangan usahanya.

Langkah Keempat:  Anda harus ikut mengawasi kondisi keuangan usaha Anda.

Inti dari langkah keempat ini adalah pengawasan secara detail dari pemilik/penanggung jawab/pengelola dengan cara menempatkan orang yang dipercaya untuk melakukan pengawasaan pengelolaan keuangan yang dilakukan.

Dengan demikian Anda akan ikut mengawasi perkembangan kondisi keuangan usaha Anda dari waktu ke waktu.

Langkah Kelima: Tiba waktunya nanti, Keuntungan akan diperoleh dalam usaha Anda

Dampak dari keempat langkah sebelumnya akan diperoleh pada hasil usaha yang dijalankan.  Sikap konsisten, dan hati-hati dalam pengelolaan keuangan akan mengantarkan usaha Anda kedalam kondisi profit (memperoleh keuntungan) bagi usaha yang sedang Anda jalankan.

Bagi pengusaha-pengusaha yang menerapkan langkah hemat  dalam mengelola keuangan usaha kebanyakan akan berhasil. Selamat Mengelola Keuangan Usaha Anda dengan baik dan Benar. Hemat adalah langkah tepat dalam pengelolaan usaha untuk mendapatkan Profit dari setiap usaha yang dijalankan.

Sutrisno Yulianto, STP MM
Senior Consultant Of Financial Management, Credit Sales & Marketing, Leadership, Banking & Financing