6 Alasan Mengapa Membeli Bisnis Waralaba

6 Alasan Mengapa Membeli Bisnis Waralaba

Membeli waralaba menjadi pilihan bisnis yang menarik dibanding membuka usaha sendiri. Membuka usaha sendiri tingkat resikonya lebih besar,  dibanding membuka usaha franchise. Pasalnya, ada faktor “Try and Eror“. Jadi kemungkinan gagalnya juga relatif besar.

Tapi kalau membeli waralaba, resiko kegagalan dapat ditekan, Sebab, pemilik merek atau (franchisor) sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung kesuksesan investornya. Dari survey lokasi, produk, pemakaian merek, promosi, perizinan, SOP, dan lain sebagainya.

Lalu apa benefit membeli bisnis franchise? Pertanyaan ini sering dilontarkan banyak calon franchisee atau investor. Alasan utama franchisee membeli franchise adalah dari sebuah riset yang pernah dilakukan 41% menjawab membeli franchise sama dengan membeli merek & system yang sudah teruji. Lalu, 35% menjawab untuk investasi dengan return yang lebih tinggi dan hanya 18% dengan alasan ingin menjadi pengusaha.

 
Sedikitnya ada 6 keuntungan ketika Anda membeli usaha waralaba. Pertama, Anda berhak menggunakan merek yang sudah dikenla dikenal. Menggunakan brand dengan jaringan usaha yang sudah dikenal dan besar memudahkan Anda dalam memasarkan produkatau jasa. Bahkan cenderung berpotensi lebih besar dalam memenangkan persaingan atau merebut hati konsumen.

Kedua, System Bisnis yang teruji. Ada istilah membeli franchise juga identik dengan membeli system. Dengan membeli franchise Anda tidak perlu repot membangun system baik Sistem manajemen, keuangan, pemasaran, alur pasokan serta pengelolaan SDM.

Ketiga, Support berkelanjutan. Franchisor akan membantu Anda dalam memulai usaha baik dari sisi survey lokasi usaha, training karyawan, suplay bahan baku, bimbingan operasional usaha bahkan, dll.

Keempat, Sharing Experience Franchisor. Franchisor akan men-transfer pengalamannya dalam mengelola gerainya sehingga kendala-kendala yang terjadi dilapangan relatif lebih mudah diatasi.

Kelima, Promosi bersama. Dengan kekuatan jaringan waralaba di berbagai wilayah memungkinkan biaya promosi menjadi lebih efisien, sebab biaya promosi ditanggung oleh seluruh jaringan bisnis Anda.

Keenam, Suplay Produk. Anda akan mendapat suplay produk dari franchisor yang pastinya produk tersebut sudah dapat diterima pasar.