Pengalaman pemilik bisnis angkutan online: dari penghasilan pertama hingga Rp4 juta/hari, berkelahi dengan pengemudi pesaing, dan konvoi motor

Jenis kerja sama baru mulai meraih popularitasnya di Indonesia — bisnis sendiri di bawah naungan merek Maxim.

Mitra layanan asal Bukittinggi telah membuka bisnis dengan dukungan Maxim pada tahun 2022 dan saat ini menghasilkan Rp4.000.000 per hari.

Kami memintanya untuk bercerita tentang bagaimana ia meraih kesuksesan ini. Lihat video mengenai kisahnya

Halo, saya Aris. Tahun 2022, saya membuka layanan transportasi online di Bukittinggi bersama Maxim. Saat ini, 4.000 lebih pengemudi sudah bersama saya, penghasilan saya — Rp4 juta/hari. Inilah kisah keberhasilan saya dan kesulitan yang saya hadapi.

Dulu saya sopir antarkota, tetapi saya lelah dan banting setir ke dunia bisnis

Saya habiskan setengah hari di balik kemudi untuk berkeliling Sumatra Barat. Akhirnya saya paham kalau saya sudah tidak sanggup lagi.

Saya putuskan menjadi mitra bisnis perusahaan ternama — ini lebih aman. Sebagai pendukung teknologi masa depan, saya utamakan bisnis digital. Begitu lihat iklan layanan Maxim di internet, saya paham: ini opsi ideal.

Saat itu, layanan sudah ada di Jakarta, Pekanbaru, dan Padang.
Lalu, saya tahu kalau Maxim juga hadir di Brasil, Malaysia, Kolombia, dan Filipina.
Saya kirim permohonan di situs: Bangun sendiri bisnis Anda. Manajer menjawab hari itu juga.

Maxim menawarkan perangkat lunak, iklan siap pakai, merek ternama

Sebelum kontrak ditandatangani, saya ketahui perkiraan pengeluaran dan pendapatannya. Bahkan sampai biaya terkecil — pena untuk kantor pun dihitung.

Inti penawarannya begini: saya pakai nama perusahaan untuk bisnis, perangkat lunak untuk pimpinan, aplikasi untuk pelanggan dan pengemudi. Bayarannya berupa persentase dari keuntungan — royalti.

Royalti ini bisa dibayar saat sudah ada keuntungan. Maxim menjaga mitranya dari pengeluaran tak perlu.

Pelatihan daring dengan banyak praktik

Saya pikir saya ahli soal bisnis angkutan penumpang, tetapi di sini saya dapat banyak ilmu baru.

Kursus berisi teori dan tugas praktik saya jalani secara daring. Kalau ada yang tidak dipahami — pengajar di webinar akan menjelaskan sampai paham.

Bisnis diluncurkan dalam beberapa bulan. Investasi awal saya Rp10 juta, sebagian besar untuk pemasangan iklan — materinya siap pakai.

Hampir dipukuli pengemudi pesaing

Para pesaing bermain kotor. Para pengemudi mereka terus memprovokasi pengemudi saya, beberapa kali bahkan berakhir dengan perkelahian. Saya coba cari kata sepakat, dan saya juga nyaris kena hantam.

Kami dibanjiri order fiktif. Iklan kami dirobek dan dirusak. Mereka mengeluh pada pemerintah kota madya, meskipun saya bekerja sesuai peraturan.

Susah sekali. Tetapi saya pantang mundur dan terus mengikuti saran pengawas. Ia selalu mendukung saya, merespons setiap waktu.

Pada akhirnya, pesaing paham kalau saya tidak berencana gulung tikar dan akhirnya membiarkan kami.

Pengemudi Maxim — keluarga kedua

Banyak yang punya pekerjaan utama. Saat luang, mereka ambil order di aplikasi. Ini menguntungkan: dalam sehari bisa diperoleh Rp300.000.

Saya bertemu dengan para pengemudi di kantor, mendengarkan harapan mereka, menjelaskan selengkapnya tentang tarif. Saat ini, pelanggan bisa memesan perjalanan dengan motor atau mobil, pengiriman, angkutan muatan.

Saya juga sering mengadakan konvoi motor. Ini promosi bagus dan menyenangkan.

Rencana untuk masa depan dan saran

Saya ingin membuka layanan di satu lagi kota. Semuanya sudah ada: tim andal, pengalaman dan pengawas yang membantu mengembangkan bisnis.

Saran saya untuk mitra masa depan Maxim adalah mempelajari pasar. Cari tahu pesaing mana yang bekerja di kota Anda, berapa tarif mereka.

Siapkan moral dan dana untuk menyeleksi pengemudi perlu ada banyak iklan. Saya pakai spanduk, selebaran, promosi. Dana yang dihabiskan mulai dari 10 hingga 15 juta rupiah per bulan.

Jangan takut mencoba, cepat atau lambat pasti berhasil. Semoga sukses.

Yang membantu saya sukses:

  • Model bisnis siap pakai yang teruji di berbagai pasar
  • Aplikasi modern untuk pelanggan dan pengemudi
  • Pelatihan gratis dengan teori dan praktik
  • Dukungan pengawas dan pakar lainnya di layanan

Tinggalkan permohonan melalui Bangun sendiri bisnis Anda.
Manajer Maxim memberikan konsultasi gratis, menunjukkan cara kerja perangkat lunak, dan menghitung investasi dan penghasilan untuk kota Anda. MASUK KE SITUS https://taxs.ee/d5o