Franchise yang Langgeng dan Menguntungkan

Anda yang masih bingung mencari bisnis yang sudah terbukti rekam jejak dan daya tahan bisnisnya? Jawabannya tidak usah muluk-muluk mencari bisnis demikian. Lihat saja gerai-gerai franchise di setiap sudut kota. Apakah ada yang bertahan sekian lama mencapai 10 tahun lebih. Kalau iya, maka bisa dikatakan itulah bisnis yang memenuhi kriteria pertanyaan di atas.

Nah, salah satu franchise yang sudah memenuhi kriteria tersebut adalah Depo Air Minum Biru. Franchise yang didirikan Yantje Wongso ini sudah terbukti punya rekam jejak dan daya tahan mumpuni. Terbukti bisnis ini sudah berdiri puluhan tahu. Berdiri pada 2002 di kota Surabaya, dan pilot project franchise Biru di 2003 di kota Jakarta. Setelah Biru merealisasikan tujuh gerai Biru yang telah terbukti sukses, Franchise Depo Air Minum Biru ditawarkan kepada publik secara resmi di bulan Oktober-November 2006 dibawah bendera PT. Biru Semesta Abadi sebagai organisasi Pemberi Waralaba.

Mengusung Visi Biru yaitu “Tumbuh Memimpin Pasar Air Minum Isi Ulang Melalui Penerapan Prinsip-prinsip Bisnis dan Kemanusiaan yang Benar”, Franchise Biru melakukan langkah monumental sebagai yang pertama menawarkan format franchise di usaha depo air minum di Indonesia (Rekor Muri 2007).

Dengan mengedepankan keunggulannya dalam penguasaan 100%-Teknologi-Ozon yang otentik (Rekor Muri 2007) yang menjamin kualitas teknis dari air minum produksinya, dan disertai bukti-bukti keberhasilan usaha yang nyata, Franchise Biru terus tumbuh berkembang. Saat ini, jaringan waralaba Biru telah memiliki 740 gerai yang tersebar di 44 kota di Indonesia dan 1 gerai riset dan pengembangan di Sacramento, California Amerika Serikat.

Biru kini sebagai penguasa pasar yang tak tergoyahkan posisinya. Bahkan sudah diakui dunia internasional. Pada penghujung bulan Juli 2023, PT Biru Semesta Abadi menerima penghargaan internasional dari World Confederation of Businesses (Worldcob). Worldcob yang bermarkas di Houston, Amerika Serikat, menganugerahi PT Biru Semesta Abadi sebagai pemenang penghargaan The Peak Of Success Award 2023. Prestasi ini menjadi pengakuan atas kegigihan kinerja terbaik perusahaan sejak mendapatkan penghargaan pertama THE BIZZ Award pada tahun 2017.

Yantje Wongso, CEO dan Founder PT Biru Semesta Abadi menyatakan, franchise Depo Air Minum Biru terus bertumbuh di tengah kondisi ekonomi yang bergejolak. Penghargaan 2023 ini mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam mengatasi berbagai masalah sulit dalam usaha karena krisis dunia akibat pandemi Covid-19 pada 2020-2023.”

Dengan penghargaan ini, Franchise Depo Air Minum Biru telah diakui dunia sebagai perusahaan waralaba yang mempunyai landasan dan praktek bisnis yang sangat baik, salah satu dari yang TERBAIK! 

“Kami berterima kasih kepada Worldcob karena telah menilai kinerja Franchise Biru secara objektif dan kredibel. Penghargaan ini kami dedikasikan kepada Tuhan YME, semua penerima waralaba Biru, dan manajemen perusahaan atas dukungan dan karyanya dalam membangun Franchise Biru,” ungkap Yantje.

Kunci keberhasilan Biru tak lepas dari platform usahanya yang terbuka luas bagi semua orang, baik pelanggan, pekerja, pengusaha, maupun supplier. Platform usaha Biru dapat menampung aspirasi dan energi dari semua orang yang berminat dan senang dengan bidang usaha depo air minum karena sudah teruji menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam franchise Biru.

Di samping itu, keunggulan Biru memiliki tingkat harga  berkisar sepertiga dari harga AMDK. Dengan menggunakan 100% teknologi OZON™ yang merupakan standar industri AMDK, BIRU memberikan produk air minum yang  kaya oksigen  yang terlihat nyata dengan adanya butir-butir oksigen dalam botol galon.

Lalu tingkat  kesegaran  air minum BIRU pastui lebih terjamin karena penjualan dilakukan segera setelah proses produksi selesai. Standar dan  kelengkapan produk yang berkualitas menjadikan air minum BIRU semakin total dalam kualitas.  Pelayanan  yang prima & perofesional juga merupakan faktor  kenyamanan  yang utama bagi konsumen air minum Biru.

Di masa awal pandemi yang menimbulkan multi dimensi krisis yaitu krisis ekonomi dan krisis kesehatan, Biru juga terbukti mampu bertahan bahkan berkembang semakin baik.

Sampai kini, Biru adalah merek satu-satunya yang memiliki Surat Pendaftaran Usaha Waralaba (STPW). Sehingga dapat disimpulkan secara terbatas, bahwa merek Biru adalah pemimpin sekaligus satu-satunya usaha franchise depo air minum di Indonesia.

BIRU terus berupaya memenuhi kebutuhan pasar yang kuat (demand driven) karena menyediakan air minum sebagai kebutuhan utama yang rutin, kemudahan harga dengan kualitas terbaik, sehingga Air Minum BIRU mudah diterima oleh semua kalangan. Terlebih lagi, Biru makin mudah dijumpai karena kekuatan jaringannya yang terus bertumbuh.

Di samping itu, usaha yang dilakukan untuk menjadi market leader BIRU terus menambah jumlah gerai, memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, dan tentunya dengan effort marketing seperti komunikasi marketing (iklan, publikasi, dsb) harus aktif, konsisten, dan terukur.

Bagi yang ingin menjadi franchiseenya, BIRU mematok biaya investasi Franchise Depo Air Minum Biru di luar lokasi dan renovasi bangunan Investasi Mulai Rp. 584.526.000 untuk jangka waralaba 10 Tahun.

Biru akan mensupport para franchiseenya dengan Manajemen Kualitas: Monitoring Operasional Gerai, Pelatihan dan Bimbingan Pelaksanaan Sistem & Standar Operasi. Manajemen Keuangan : Analisa & Evaluasi Usaha. Manajemen Pemasaran : Kontribusi pada Promosi dan Iklan Nasional / Regional serta Pengembangan Program Pemasaran Gerai, dan Manajemen Teknik : Pengembangan Sistem, Produk dan Teknologi.

Menariknya lagi, sangat jarang ada gerai Biru yang tutup di suatu lokasi. Ini mendandakan bisnis ini tetap menjadi salah satu yang paling prospek untuk invetasi jangka panjang. Di samping itu, banyak para franchisee Biru yang memiliki lebih dari satu gerai. Ini juga menandakan bahwa para franchiseenya rata-rata happy dengan kinerja dan omzet bisnisnya. (ZR)