Cara Membangun Merek Global

Menurut Troy Franklin, Founder dan Managing Partner World Franchise Associates (WFA), para pelaku usaha Franchise di Indonesia sudah saatnya tidak lagi hanya bersaing dengan sesama merek-merek lokal, tapi bersaing dengan Franchise global.

“Karena pasar lokal Indonesia sudah menjadi pasar internasional bagi pelaku bisnis franchise asing yang berbondong-bondong masuk ke Indonesia. Bisnis franchise lokal akan mempunyai pesaing bisnis yang memiliki standar internasional,” kata Troy.

Lalu bagaimana menjadikan franchise lokal bisa bersaing secara global? Troy Franklin menjelaskan, para pebisnis harus membuka wawasan mengenai standar global. Artinya, mereka harus mengikiti perkembangan industrinya di internasional.

“Sering membaca perkembangan industrinya di kancah internasional. Bergabung dengan asosiasi-asosiasi dan aktif melakukan networking dikomunitas industri tersebut,” saran Troy.

Kedua, pelaku usaha franchise Indonesia harus memahami dan menerapkan starndarisasi global. Ketiga, mereka juga harus meningkatkan nilai usahanya sebagai pemain global. Misalnya melakukan IPO atau mencatatkan sahamnya di pasar saham.

Dia mengakui, tidak banyak pengusaha lokal Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang eksis dipasar global. Padahal, katanya, usaha Indonesia memiliki peluang untuk mendistribusikan produk, kekayaan intelektual dan budayanya kepasar dunia.

Karena it menurut Troy, diperlukan juga sebuah konsep “menang bersaing”, yaitu memiliki ‘nilai tambah’ dan ‘konsep efisiensi’ yang tinggi. “Dalam rangka menyampaikan pesan yang promotif untuk penetrasi pasar dunia, sebuah bisnis franchise sebaiknya menyampaikan keunggulan-keunggulan yang menjadi concern dunia,” katanya seraya misalnya concern tentang lingkungan.

Selanjutnya, kata Troy, terutama setelah bisnis franchise lokal dapat memenuhi standar global, baik secara wawasan dan operasional, tindakan berikuitnya adalah melakukan penetrasi pasar dan menyusun ‘Branding’ yang berorientasi internasional.

Selain beberapa langkah dasar untuk bersaing secara global, Troy juga memberikan beberapa tips sebagai persiapan bisnis franchise berstandar global. Pertama, mempersiapkan Tim Franchisor yang terorganisasi. Kedua, panduan Usaha yang lengkap, baik dalam bentuk tertulis maupun sistem IT. Ketiga, pusat pelatihan dengan tenaga pelatih dan kurikulum yang lengkap. Dan keempat, program-program dukungan pemasaran dan trouble shooting yang dilandasi dengan pengalaman serta kaidah ilmiah.