Indomaret, Pelopor Waralaba Minimarket yang Semakin Perkasa di Sektor Bisnisnya

Indomaret, Pelopor Waralaba Minimarket yang Semakin Perkasa di Sektor Bisnisnya

Di sektor bisnis minimarket, nama Indomaret sudah tidak asing lagi. Mereknya sudah begitu familiar di benak konsumen sebagai pelopor waralaba minimarket di Indonesia. Merek waralaba ini pun terus melambung seiring perkembangan bisnisnya yang semakin melaju pesat.

Sejak berdiri pada 1988 Indomaret dikenal sebagai pelopor minimarket modern di Indonesia. Indomaret populer sebagai waralaba minimarket dan sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari yang jumlah gerainya mendominasi sektor waralaba minimarket yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Ambon, NTB, dan Lombok. Sampai akhir semester I-2022 jumlah gerai Indomaret telah mencapai 20.200 gerai.

Salah satu keunggulan Indomaret adalah konsep bisnisnya yang tidak merepotkan. Hal itu menjadi andalannya. Dari sisi operasional franchise Indomaret memberikan sistem waralaba yang mudah, sistem operasional toko dibantu oleh Indomaret, sehingga Franchisee tidak perlu repot mengelola toko. 

Begitu pun soal paket investasi. Sebagaimana dilansir dari https://www.indomaret.co.id/home/index/seputar-waralaba. Total investasi yang ditawarkan Indomaret cukup affordable kurang lebih Rp 494 juta sudah termasuk biaya franchise fee Rp 36 juta untuk 5 tahun, peralatan elektronik dan non elektronik Rp 227 juta. Menariknya Indomaret memiliki kebijakan yang sangat meringankan para franchiseenya. Ia tidak memungut royalty fee hingga franchisee mencapai penjualan Rp 175 juta perbulannya.  

Sejak 1997 Indomaret meluncurkan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ditawarkan kala itu setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.

Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.

Tak heran bila nama Indomaret selalu menempati posisi pertama benak masyarakat. Indomaret terus berkembang menjadi franchise yang aman dan unggul.

Keunggulan lainnya, Indomaret hadir membantu dan memudahkan  masyarakat Indonesia untuk mencari produk kebutuhan sehari-hari yang dikemas dalam konsep yang nyaman dan modern.  

Untuk membangun reputasi bisnisnya, Indomaret melakukan relationship yang baik dengan franchisee yang sudah percaya kepada Indomaret sebagai investasi bagi mereka. Merek ini juga melakukan terobosan-terobosan baik dari segi skema waralaba yang memudahkan dan menguntungkan bagi masyarakat dan  melakukan promosi dari segi produk di toko.

Di situasi pandemi Indomaret tetap beroperasi seperti biasa. Dari segi penjualan pun, tidak ada penurunan, ini membuktikan bahwa masyarakat masih tetap belanja di Indomaret. Terlebih lagi saat ini Indomaret hadir dalam dalam bentuk klik Indomaret yang memudahkan konsumen belanja kebutuhan sehari-hari melalui Online Shopping.

Menghadapi kondisi perekonomian yang belum pulih ini Indomaret berusaha mengembangkan dan terus memberikan kemudahan kepada konsumen agar tetap dapat berbelanja dengan mudah dan aman melalui klik Indomaret.

Pola hidup konsumen yang cepat berubah menjadi tentangan tersendiri bagi manajemen Indomaret untuk menyesuaikan perkembangan konsumen. Targetnya tetap melayani konsumen dengan tulus dan menjadi jaringan ritel waralaba yang selalu unggul dalam persaingan global. (ZR)