FRANCHISE INSTAN

Maraknya bisnis Franchise (waralaba) sebagai salah satu model pengembangan usaha pada akhir-akhir ini semakin menjamur. Mulai dari perusahaan yang skala kecil, UKM, hingga perusahaan skala internasional. Bahkan ada beberapa perusahaan yang baru punya satu outlet sudah ikut-ikutan di Franchise-kan. Hal ini tentunya karena semakin terbukanya wawasan mereka (pelaku usaha) tentang konsep bisnis Franchise.

Hadirnya model pengembangan usaha dengan sistem Franchise ini memang memberikan kemudahan tersendiri bagi calon pelaku usaha dimana mereka tidak perlu memulai usaha dari nol karena sistem manajemen, marketing dan semua konsep secara teknis sekalipun dipandu oleh Franchisor sebagai pemberi lisensi dan pemilik merek usaha. Itulah benefit dari Franchisee (pembeli bisnis Franchise) yang ditawarkan oleh para Franchisor (pemilik bisnis Franchise).

Bagi pelaku bisnis, sistem Franchise juga memberikan keuntungan tersendiri, karena sistem ini manjur untuk ekspansi bisnis. Dari fenomena tersebut, akhirnya banyak para pelaku usaha yang mengembangkan usahanya dengan sistem Franchise karena bisa meledakkan usahanya secara cepat. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa bisnis adalah kepercayaan, maka seorang Franchisor harus bisa menjaga kepercayaan dari Franchisee, begitu juga sebaliknya. Memang tidak mudah untuk bisa mengembangkan usaha dengan sistem Franchise, karena sebelum suatu usaha dikembangkan dengan Franchise, sistem harus terbentuk terlebih dahulu dimana ada prototype outlet yang reasonable, analisa keuangan yang real dan sasaran pasar yang jelas. Sehingga dengan demikian harusnya tidak ada istilah ‘Franchise Instan’ karena bagaimana pun semuanya perlu waktu dan ada tahap-tahapnya. Walaupun mungkin secara legalitas usaha tersebut baru dijalankan tetapi secara realitas dilapangan bisa jadi usaha tersebut sudah lama dioperasikan. Dan selama memenuhi ketentuan dan usaha tersebut memiliki prospek yang menjanjikan, kenapa tidak…!!!

Hendy Setiono

President Director PT Baba Rafi Indonesia