Bagaimana Raja Franchise Membangun Imperium Bisnis Franchise?

Bagaimana Raja Franchise Membangun Imperium Bisnis Franchise?

Raja Franchise? Wah kesannya pemilik franchise tersebut sudah sangat piawai dalam membangun bisnis franchise mereka. Pada kenyataannya, jika seorang sudah memiliki konsep dan mind set yang tepat, membangun bisnis franchise sebesar apapun, sudah tak menjadi masalah. Bisnis franchise SUKSES adalah bisnis yang sudah terbukti, baik secara sistim bisnis maupun teknis pengembangan dilapangan.

Membangun bisnis franchise yang berhasil diperlukan banyak sekali keterampilan dan pengetahuan yang benar. Para raja franchise paham benar, pentingnya edukasi bisnis dan pendampingan. Mereka perlu diingatkan jika misleading ( salah arah ) dan cepat kembali ke track yang benar saat melenceng dari garis tujuan.

Mengapa para raja franchise umumnya memiliki pendamping bisnis ? Karena mereka paham, ada blank spot saat mereka sibuk beraktivitas hingga mereka tak bisa melihat apa yang seharusnya penting untuk dilihat. Dan fungsi pendamping bisnis itu ( karena berada diluar lapangan ) amat sangat membantu.

Begitu banyak bisnis franchise yang berjatuhan dan tutup satu demi satu. Awalnya mereka Berjaya, membangun tingkat kedua, ketiga hingga ke 10 cabang franchise, namun lupa bahwa pondasi yang mereka miliki tak sesuai dengan tingkat bangunan bisnis yang mereka bangun. Dan boom …. Bisnis franchise mereka roboh satu demi satu.

Raja franchise adalah gambaran pemilik bisnis franchise yang sukses luar biasa. Mereka bukan saja tahu secara teori tapi juga bisa menterjemahkan teori yang benar itu kedalam tak action yang tepat. Dan umumnya, ketepatan keputusan mereka selalu dibantu oleh sang mentor disampingnya. Ini seperti raja yang memiliki kerajaan besar. Pasti dia memiliki sejumlah penasehat. Ada penasehat perang, penasehat ruhani dan ada pula penasehat kesehatan ( dokter pribadi ).

Pun dalam membangun imperium bisnis. Anda dan siapa pun yang ingin membangun bisnis bertingkat tingkat, harus paham terhadap struktur bangunan bisnis, dan proses pembangunan itu memerlukan professional yang terlatih dan berpengalaman. Raja franchise, sudah melalui proses tersebut.

Kelihatannya bisnis begitu sulit dibangun, namun berdasarkan pengalaman ActionCOACH, bisnis yang dibangun berdasarkan sistim yang benar jauh lebih produktif dari pada bisnis yang dijalankan tanpa sistim yang belum terbukti. Apalagi di industry franchise, sistim bisnis adalah indicator pertama dan utama para franchisee memilih merek franchise.

Para raja franchise merasa yakin pentingnya kualitas sistim bisnis franchise, dan mereka juga memahami pentingnya pendampingan bisnis ( mentor ), bahwa semua elemen tersebut harus dimiliki. Raja franchise, tak perlu disebut brandingnya, sudah berhasil menjabarkan intisari dari kesuksesan bisnis itu sendiri, seperti definisi sukses ActionCOACH, yaitu “ Bisnis yang bisa bersifat enterprise, komersil, profitable dan bisa berjalan tanpa keterlibatan pemilik usaha didalamnya”.

Rahasia Sukses Bisnis Franchise para Raja Franchise

Apa yang membuat para raja franchise menjadi raja di industry franchise ? Ternyata rahasianya sangat sederhana. Ini tak ada hubungannya dengan berapa banyak modal yang Anda miliki, juga tak ada hubungannya dengan berapa lama Anda menjalankan bisnis. Rahasia ini sangat sederhana tapi sulit, yaitu mind set.

Para raja franchise memiliki mind set raja, dan sebagai raja yang ingin membesarkan kerajaan bisnis franchise mereka, mereka sudah menyusun seperangkat strategi jitu untuk mewujudkan impian itu. Mind set dalam artian, pemahaman, gambaran besar ( big picture) serta sudut pandang tentang bisnis yang mereka bangun.

Sederhananya, jika Anda memiliki sudut pandang tentang bisnis yang auto pilot, tentu Anda secara sadar paham bahwa semua itu bisa terwujud. Dan sudut pandang itu menjadi satu modal terbesar untuk mewujudkan semua itu.

Para raja franchise memiliki pola pikir yang benar tentang membangun kerajaan bisnis mereka.  Sebagai raja, dalam tanda kutip, memiliki cara berpikir besar dan delegasi. Raja memiliki kemampuan untuk membangun, memelihara, menciptakan aturan main serta memiliki keyakinan yang paling kuat untuk mewujudkan gambaran besarnya, yaitu menciptakan sebuah kerajaan yang besar dan sejahtera.

Konsep ActionCOACH selalu menekankan pentingnya sistim yang otomatis berjalan. Dan semua itu bisa terwujud jika sang pemain ( pemilik bisnis ) bermental raja ( leadership ).  Dengan modal berupa pemahaman yang benar ( mind set ), membangun kerajaan bisnis franchise bukan saja sesuatu yang mungkin, tapi juga sesuatu yang mudah terwujud, selama mind set mereka bermental “ raja “.

Herman Susanto

ActionCOACH