Biru Kampanyekan #BiruPilihanBaru, Franchisenya Pun Menjadi Pilihan Editor Tahun Ini

Air minum memegang peran sentral dalam menjaga kehidupan manusia. Sebagai komponen utama tubuh manusia dan kunci bagi fungsi fisiologis yang vital, air tidak hanya diperlukan untuk mempertahankan hidrasi dan kesehatan, tetapi juga mendukung berbagai proses biologis seperti pencernaan, sirkulasi, dan regulasi suhu tubuh. Kehadirannya menjadi penentu utama untuk mencegah penyebaran penyakit serta menjadi sumber kehidupan dan menjadi sarana keberlanjutan untuk eksistensi kehidupan manusia. Oleh karena itu, pemenuhan hak atas air minum berkualitas menjadi esensi dalam membangun masyarakat yang sehat dan produktif. Begitu esensialnya kebutuhan akan air bagi manusia, Majelis PBB melalui sidang umum PBB di Konferensi Rio de Janeiro tahun 1992 menetapkan Hari Air Sedunia setiap tanggal 22 Maret.

Namun persoalannya, tidak semua air yang berkualitas dapat dimanfaatkan masyarakat. Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) Tahun 2020 menyatakan bahwa akses kualitas air minum aman sebesar 11,9% dan 40,8% masyarakat yang menggunakan sarana air minum bersumber dari air tanah. Selain itu, sebanyak 14,8% rumah tangga di Indonesia menggunakan sumur gali untuk keperluan minum dengan tingkat risiko cemaran tinggi dan amat tinggi. Padahal air minum yang tercemar dapat menyebabkan kondisi berbahaya seperti penyakit diare, demam tifoid, polio, dan berbagai penyakit akibat bakteri jahat lainnya.

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang kualitas air yang layak minum, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menjadi salah satu opsi yang sering diandalkan oleh masyarakat untuk mendapatkan akses air minum berkualitas. Namun, harga AMDK yang tinggi, seringkali membuat masyarakat ragu dan dihadapkan pada pilihan hemat atau sehat. Padahal air minum berkualitas dengan harga terjangkau seharusnya menjadi hak dasar yang dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang latar belakang ekonomi mereka.

“Masyarakat membutuhkan pilihan air minum yang murah tanpa menurunkan kualitas hidup terutama dalam hal kesehatan. Oleh karena itu, Air Minum Biru hadir sebagai pilihan bagi masyarakat yang menginginkan kualitas terbaik dengan harga yang lebih murah daripada air minum kemasan,” papar Yantje Wongso, CEO dan Founder Air Minum Biru.

Konsep Air Minum Biru adalah menyediakan air minum bagi masyarakat pelanggan pada tingkatan harga sepertiga dari harga air minum pabrikan (AMDK) dengan kualitas yang setara atau at-par. Penghematan biaya yang diteruskan kepada masyarakat pelanggan terutama dari menghilangkan biaya kemasan / botol galon dan biaya distribusi / transportasi, dan hanya berfokus untuk menyediakan air minum berkualitas terbaik. Dengan menggunakan 100% Teknologi Ozon menjadikan Air Minum Biru memiliki kualitas setara dengan pabrikan air minum.

Lebih lanjut Air Minum Biru juga menjadi daya tarik masyarakat khususnya pelanggan dalam pemenuhan kebutuhan air tidak hanya untuk minum, tetapi juga untuk kegiatan masak memasak. Dalam pengamatan perihal penggunaan Air Minum Biru oleh pelanggan, diketahui juga bahwa banyak pelanggan menggunakan Air Minum Biru untuk kegiatan masak-memasak di dapur. Munculnya kesadaran bahwa proses masak-memasak untuk seluruh anggota keluarga di rumah, tentunya juga harus mengedepankan kesehatan. Pelanggan Air Minum Biru saat ini juga semakin menyadari bahwa untuk mengolah makanan di dapur, harus menggunakan air minum yang sehat dan murah, harus menggunakan Air Minum Biru. Untuk kegiatan memasak nasi dan makanan lain, pelanggan tidak mau lagi menggunakan air sembarangan, misalkan air kran, air bersih yang utamanya adalah untuk kegiatan mandi-cuci-kakus, membersikan rumah dan lantai, mencuci baju, dll.

Dengan semakin kuatnya kecenderungan dunia untuk semakin ramah terhadap lingkungan, maka konsep isi ulang untuk air minum yang diusung oleh Air Minum Biru juga semakin menjadi pilihan masyarakat secara berkelanjutan. Untuk perjalanan, keperluan pribadi, dan alasan kepraktisan, orang akan beralih menggunakan botol tumbler dengan berbagai ukuran yang bisa juga mempunyai kemampuan untuk menjaga air minum tetap dingin atau panas, dan yang utama bisa dipakai berulang-kali. Untuk itu orang akan mengisi ulang botol tumblernya di rumah yang menggunakan air minum galonan isi ulang.

Dalam rangka membangun kesadaran masyarakat akan adanya alternatif pilihan air minum yang aman, sehat dan murah terutama untuk kebutuhan minum dan memasak di dapur, Air Minum Biru meluncurkan kampaye #BiruPilihanBaru. Selama lebih dari 22 tahun berdiri, Air Minum Biru telah terbukti menjadi alternatif produk air minum isi ulang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kampanye #BiruPilihanBaru menjadi komitmen Air Minum Biru dalam memenuhi harapan masyarakat akan kebutuhan utamanya, yaitu air minum yang sehat, berkualitas terbaik, dengan harga murah. Sehingga masyarakat tidak hanya puas dengan harga terbaik, tidak hanya puas dengan kualitas terbaik, juga puas dengan harga-sekaligus-kualitas-terbaik! Karena air minum berkualitas sudah seharusnya menjadi hak seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali,” papar Yantje.

Lanjut Yantje, “Kami berharap kepercayaan masyarakat terhadap Air Minum Biru terus berkembang seiring dengan berkembangnya Air Minum Biru menjadi sebuah merek yang melekat di hati seluruh rakyat Indonesia.”

PT Biru Semesta Abadi sebagai Perusahaan Pemberi Waralaba Depo Air Minum Biru bertekad untuk mewujudkan visi “Tumbuh Memimpin Pasar Air Minum Isi Ulang di Indonesia Melalui Penerapan Prinsip-Prinsip Bisnis dan Kemanusiaan yang Benar”. Sebuah visi yang mengarahkan Air Minum Biru untuk menjadi sebuah usaha komersial yang mempunyai dampak luar biasa bagi pelayanan masyarakat. Air minum murah berkualitas terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Kami yakin, dengan bersama-sama, Air Minum Biru tidak hanya menjadi merek kepercayaan seluruh masyarakat Indonesia, namun juga dapat menjadi perjalanan sukses bagi generasi millennial dan generasi mapan yang ingin bertumbuh kembang bersama Usaha Depo Air Minum Biru sebagai Penerima Waralaba,” tutup Yantje.

Perjalanan Franchise Depo Air Minum Biru berawal di tahun 2002 dengan satu gerai Biru milik sendiri di Surabaya, dan pilot project franchise Biru di tahun 2003 di Jakarta. Di tahun 2006, setelah merealisasikan tujuh gerai Biru yang telah terbukti sukses, Franchise Depo Air Minum Biru secara resmi ditawarkan kepada publik di bawah bendera PT. Biru Semesta Abadi sebagai organisasi Pemberi Waralaba, dengan mengusung visi “Tumbuh Memimpin Pasar Air Minum
Isi Ulang di Indonesia Melalui Penerapan Prinsip-Prinsip Bisnis dan Kemanusiaan yang Benar”.

Franchise Biru adalah yang pertama menawarkan format franchise di usaha Depo Air Minum (isi ulang) di Indonesia, yang tercatat secara resmi dalam Rekor Muri 2007. Keunggulan kualitas Air Minum Biru yang dicapai dengan penggunaan “100% Teknologi Ozon” yang otentik juga sudah tercatat secara resmi dalam Rekor Muri 2007. Air Minum Biru juga telah meraih lebih dari 50 penghargaan nasional dan internasional yang menempatkannya sebagai usaha dan merek yang teruji dan unggul.

Di awal tahun 2024, jaringan waralaba Biru telah merealisasikan 740 Gerai Biru, dengan sebaran gerai di 14 provinsi dan 44 kota besar di Indonesia dan satu gerai riset dan pengembangan di Sacramento, Amerika Serikat.

Baru-baru ini Biru juga terpilih sebagai Franchise pilihan Editor Majalahfranchise.com berkat kinerjanya yang konsisten dan pertumbuhan bisnisnya yang kian cemerlang. Biru merupakan franchise yang berdaya saing dan mereknya yang dikenal luas, merek ini pun layak dijadikan pilihan investasi bagi para calon investor. (ZR)