Life Water, Peluang Bisnis Berteknologi Canggih yang Kebal Krisis

Pemain yang satu ini patut diperhitungkan di sektor bisnis depo air minum. Mengusung open kitchen, Life Water memiliki teknologi triple process yang memproduksi air minum standar Dinas Kesehatan yang segar, sehat, jernih & alami. Seperti apa peluang bisnisnya?

Depot air minum adalah salah satu pilihan menarik bagi calon investor yang sedang mencari peluang bisnis. Berdasarkan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 12 tahun terakhir, terjadi peningkatan drastis pengguna air kemasan.

Bila pada 2005 jumlahnya hanya 4,1 persen dari total keseluruhan konsumsi rumah tangga di Indonesia, tahun 2017 meningkat menjadi 42,8 persen. Berarti, hampir separuh dari total populasi rumah tangga Indonesia menggunakan air minum kemasan.

Faktor lainnya mengapa peluang bisnis ini patut dijadikan pilihan antara lain pertama, usaha depot air minum adalah hal fundamental yang harus dikonsumsi oleh manusia untuk bertahan hidup (kebutuhan pokok). Kedua, semakin berkurangnya sumber air bersih karena air tanah, air sumur maupun air ledeng pada beberapa tempat sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

Ketiga, konsumsi Air Minum Dalam Kemasan terus meningkat (1 rumah minimum 2-3 galon). Keempat, Margin keuntungan yang tinggi. Kelima, bisnisnya simpel karena bahan baku sedikit dan tidak ada resiko basi.

Keenam, saat pandemi semakin banyak keluarga yang membutuhkan solusi hemat akan tetapi tetap sehat. Ketujuh, potensi di-scale up mudah. Kedelapan, resiko kerugian minim. Kesembilan, terbukti tahan krisis karena masuk kebutuhan pokok dan tetap bertahan saat pandemi (bukan bisnis musiman).

Tidak heran bila peluang bisnis yang satu ini tengah banyak diminati investor. Salah satunya adalah Life Water.

Life Water yang berdiri sejak tahun 2014 merupakan pemain yang patut diperhitungkan. Bisnis yang didirikan Adriel Anggaputra dan Ahmad Mustofa, SE ini membuka gerai pertamanya di Jalan Golf Barat Kel. Arcamanik, Bandung.

Saat ini, Life Water memiliki 16 gerai yang berlokasi di Bandung dan sekitarnya (16 titik). Menariknya, omzet yang dihasilkan dari rata-rata gerai begitu menggiurkan. Ada gerai yang membukukan omzet Rp 20 juta perbulannya, bahkan ada gerai yang mencapai di atas Rp 40 juta per bulan. Menggiurkan bukan?

Ahmad Mustofa, SE ( CEO Life Water)

Menurut Ahmad Mustofa, SE, CEO Life Water, keberhasilan Life Water memasuki bisnis ini tak lepas dari Tata Kelola yang Baik dan benar menuju pengelolaan yang berdasarkan GCG. “Dengan team dan manajemen terpadu,” ungkapnya.

Tidak sampai di situ, kata Mustofa, Life Water juga dikenal sebagai Depot Air Minum Pertama di Indonesia dengan konsep paling BERANI TRANSPARAN (Open Kitchen) berteknologi triple process yang memproduksi air minum standar dinkes yang segar, sehat, jernih & alami.

Kelebihan lainnya, kata dia, air minum Life Water tersedia pada tingkat harga berkisar sepertiga dari harga AMDK. Dengan menggunakan teknologi Filter terbaik, teknologi ozon, teknolgi nanotec dan UV disinfectian yang merupakan standar industri AMDK Life Water memberikan produk air minum segar, sehat, jernih dan alami yang kaya oksigen yang terlihat nyata dengan adanya bulir-bulir oksigen dalam botol galon.

Life Water mulai menawarkan alat dan instalasi sejak tahun 2017 (jual putus). Setelah 5 tahun baru mulai menawarkan kemitraan Franchise. “Pertimbangan kenapa baru di tahun ke-5 karena dengan pengalaman 5 tahun akan menjadi portofolio positif kami. Untuk jumlah mitra saat ini ada 10 mitra,” jelasnya.

Bagi investor yang berminat bergabung menjadi franchiseenya, Life Water menawarkan investasi sebesar Rp 325 juta, dengan masa BEP kurang lebih kisaran 1 hingga 2 tahun.

Dengan keunggulan yang dimiliki Life Water, investasi yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, Life Water merupakan Depot Air Minum open kitchen pertama di Indonesia atau Depot Air Minum Paling BERANI TRANSPARAN, sehingga customer bisa melihat dengan mata kepala sendiri semua instalasi pabrik Air Minum Life Water (Nyata Segarnya, Nyata Sehatnya dan Nyata Alaminya). #AirSehatAlamiituDisini

Tingkat kesegaran air minum yang dihasilkan Life Water pasti lebih terjamin karena penjualan dilakukan segera setelah proses produksi selesai. “Standar dan kelengkapan produk yang berkualitas menjadikan air minum Life Water semakin total dalam kualitas. Pelayanan yang prima & profesional merupakan faktor kenyamanan yang utama bagi konsumen air minum Life Water,” terang Mustofa.

Dia menuturkan, Life Water senantiasa melakukan inovasi. Inovasi produk dilakukan atas dasar kebutuhan konsumen maupun kendala konsume. “Disitulah kita memberikan solusi baru kepada konsumen. Dan inovasi inilah kunci sukses Life Water,” ujarnya.

Bicara persaingan, Life Water memiliki daya saing bisnis yang baik. Diantaranya pertama, Konsepnya BEDA dan ZAMAN NOW (OPEN KITCHEN) / PALING BERANI TRANSPARAN. Kedua, Brand dan Kualitas menjadi PRIORITAS (Memiliki Visi & Misi serta Nilai-Nilai yang kuat). Ketiga, memiliki system kontrol pengawasan yang mengurangi resiko karyawan tidak jujur.

Kelebihan keempat, BEP yang relatif cepat serta bisnis jangka panjang. Kelima, sudah lolos uji Laboratoriun Sucofindo dan Sertifikat Laik Hygiene dr Dinas Kesehatan.

Keenam, Full Support S.O.P, Perekrutan SDM dan Marketing (Content gambar, video dan copywriting). Ketujuh, Merubah stigma gengsi beli air minum di Depo karena Life Water memiliki tampilan yg ModernTerpercaya.

Untuk memasarkan peluang usahanya, Life Water mengoptimalkan berbagai media online. Diantaranya digital marketing. Sosial Media maupun media cetak dan media elektronik.

Visi kami kedepan, kata Mustofa, memperbesar dan memperbanyak pelanggan dan memperbanyak gerai-gerai Life Water. “Target setiap bulan setidaknya bertambah 2 gerai Life Water baru,” pungkasnya. (ZR)