Sukses dalam Ekonomi Sulit (Bagian 1)

Sales Leadership Franchise

Umumnya negara-negara bagian barat mengalami empat macam musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin (salju). Kondisi ekonomi sulit sering kali dikaitkan dengan istilah musim dingin (winter).

Dalam negara-negara tersebut, penduduknya sudah biasa mengalami dua hal berikut:

  • Musim biasanya akan berganti setiap 3 hingga 4 bulan.
  • Urutan musim akan selalu sama sepanjang waktu. Ini berarti musim yang akan datang selalu bisa ditebak. Musim panas akan datang setelah musim semi, musim gugur datang setelah musim panas, dan musim dingin akan datang setelah musim gugur, dan seterusnya.

Karena sudah ada faktor kepastian akan kedua hal di atas, maka:

  • Orang harusnya sudah bisa membuat rencana ke depan. Orang bisa bekerja keras pada musim panas dan mengumpulkan hasil sebanyak mungkin, tetapi harus sadar untuk berhemat supaya persediaan cukup pada musim dingin nanti.
  • Saat musim dingin, meski kondisi suram, dingin, dan basah, orang-orang tidak terlihat susah atau depresi, karena mereka sudah tahu pasti musim dingin akan datang, dan setiap musim pasti akan datang. Jadi, musim sulit pasti akan datang, tapi musim peluang juga pasti akan datang. Maka walaupun orang mengurangi aktivitas selama musim dingin, mereka sebenarnya sedang mempersiapkan diri untuk berjuang pada musim semi dan musim panas.

Bertahun-tahun yang lalu, saya pernah belajar dari Brad Sugars, seorang pengusaha yang sangat sukses dari salah satu perusahaan pelatihan terkemuka di dunia. Dia menjelaskan bahwa tak hanya cuaca yang menjalani empat macam perbedaan musim. Teman-teman memberitahu saya bahwa kita sekarang tengah mengalami awal dari musim dingin pada kondisi ekonomi di Indonesia.

Beberapa orang berujar bahwa musim sulit ini akan berlangsung sampai 12 hingga 16 bulan ke depan; beberapa orang mengatakan lebih singkat dari itu, dan ada juga yang bilang akan lebih lama dari itu. Sementara orang-orang pasti mempunyai opini yang berbeda tentang durasi dari kondisi sulit ekonomi ini, tetapi semua orang setuju bahwa setelah kondisi sulit, kondisi ekonomi yang penuh peluang dan perbaikan pasti akan muncul kembali.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan selama masa sulit ini?

Mari kita belajar dari para petani di daerah utara, dan melihat bagaimana mereka bisa bertahan selama musim dingin, bahkan bisa bertumbuh lebih besar, dan lebih besar lagi setelahnya.

Berikut adalah satu kutipan untuk bisa menyamakan sudut pandang dan pola pikir kita: “Saat musin panas, buatlah rencana untuk musim dingin; saat musim dingin, buatlah rencana untuk musim panas.”

Persiapan Memasuki Musim Dingin

Tak ada petani yang kecewa dan berkurang motivasinya ketika musim dingin datang. Bahkan mereka berharap musim dingin datang setelah musim panas. Mereka tak hanya berharap musim dingin akan datang, mereka juga sudah mempersiapkan diri dari jauh hari sebelum musim dingin tiba.

Jadi jika orang sudah tahu bahwa musim dingin akan datang, namun mereka nampak terkejut, tidak siap, dan jadi depresi ketika musim dingin tiba, itu tentu sama sekali tidak masuk akal. Kita harusnya sudah mempersiapkan diri untuk kondisi ekonomi sulit, dan bersiap juga ketika setelahnya kita masuk ke kondisi ekonomi yang penuh dengan peluang.

Persiapan Memasuki Musim Panas Berikut

Musim dingin adalah saat yang bagus untuk membuat persiapan dan perencanaan untuk musim panas.

Dalam musim panas, ketika semua lahan sedang berkembang dan menghasilkan, maka semua petani akan menggunakan alat-alat dan segala sumber daya yang dimilikinya semaksimal mungkin. Pada akhir musim panas, semua peralatan sudah terpakai, bahkan sudah ada yang usang dan perlu diperbaiki.

Dengan demikian, pada musim dingin, ketika tidak banyak hal bisa diperbuat oleh para petani di lahan dan di luar rumah, mereka memanfaatkan momen ini untuk memperbaiki semua peralatan, mesin, dan sumber daya. Tentu saja agar mereka bisa siap kembali jika musim panas berikutnya tiba.

Sama halnya dengan ketika kita masuk kondisi ekonomi sulit, maka ini adalah momen dan peluang yang bagus bagi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan sistem mereka, meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, sehingga ketika musim panas atau kondisi ekonomi membaik, mereka sudah siap meraup segala peluang yang ada.

James Gwee is Indonesia’s Favourite Seminar Speaker & Trainer

He has written 13 books, 10 are National Best-Sellers

www.jamesgwee.com

www.SeminarSeumurHidup.com