FRANCHISE STARTUP AWARD 2015, Tonggak Awal Lahirnya Usaha-Usaha Hebat

Pertumbuhan BO serta Franchise Startup di Indonesia saat ini menurut data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) adalah sekitar 8% per tahun. Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang pertumbuhan Franchise yang hanya 2% per tahun. Akan tetapi, meski pertumbuhan BO ini lebih tinggi banyak diantara mereka yang tidak bisa bertumbuh bahkan bisnisnya mati. Fakta ini tentu saja menjadi tantangan nyata bagi kita semua bagaimana membuat BO serta Franchise Startup yang sedang bertumbuh ini ‘naik kelas’ menjadi waralaba unggulan dan berkembang ke mana-mana. Sebab, dengan makin banyak BO naik kelas, daya saing usaha mereka akan makin meningkat, dan yang tidak kalah pentingnya mereka dapat menciptakan lapangan kerja serta kewirausahaan yang lebih banyak lagi.


Terkait dengan hal itu, kami, Majalah Franchise Indonesia bersama AFI belum lama ini memberikan penghargaan FRANCHISE STARTUP AWARD 2015 kepada wirausaha dan Business Opportunity terbaik. Mereka adalah BO-BO serta franchise startup yang menurut penelitian kami dan Dinamic Marketing Research & Service telah berhasil meningkatkan kualitas diri serta melakukan inovasi serta pengembangan usaha secara nyata, tidak hanya dari aspek konsep maupun system usahanya, tetapi juga dari aspek pengembangan SDM, aspek sosial serta marketingnya.


Kami bersama Dinamic melakukan penelitian ini dimulai pada awal April hingga akhir Mei 2015. Responden yang diteliti adalah BO-BO serta franchise startup yang telah terdata oleh Tim Riset Majalah Franchise Indonesia, yang totalnya berjumlah 250 usaha. Mereka adalah Business Opportunity atau usaha-usaha yang kurang dari 3 tahun difranchisekan.


Untuk kegiatan penelitiannya, kami dan Dinamic menggabungkan pelbagai metoda, dimulai dari pengamatan/observasi terhadap usaha BO serta Franchise Startup, bisnis investigasi, hingga diskusi mendalam antara Tim Riset Majalah Franchise, AFI dan Dinamic.


Dalam kegiatan Observasi, yang dilakukan adalah dengan mengamati pelbagai aktifitas dan strategi yang dilakukan para usahawan BO serta Franchise Startup, melalui pengamatan website, social media dan aktifitas komunikasi komersial dan non komersial.


Sedangkan kegiatan investigasi kami lakukan melalui riset atau penelahaan untuk mendapatkan informasi yang masih kurang diekspos pada pelbagai media, sehingga bisa didapat informasi atau pengetahuan yang mendalam tentang masing-masing usaha tersebut.


Hasilnya, ada 30 usaha BO serta franchise startup yang terpilih menjadi pemenang FRANCHISE STARTUP AWARD 2015 yang beberapa profilenya tersaji di headline ini, hal 34 sampai 76.


Yang jelas, FRANCHISE STARTUP AWARD 2015 adalah puncak prestasi tertinggi dari usahawan dan usaha business opportunity di Indonesia. Karena itu menutup penjelasan kami, sebenarnya pesan terpenting dari headline serta penghargaan ini adalah tidak sedikit BO dan franchise startup di Indonesia yang cemerlang. Mereka itu punya keunggulan masing-masing, yang jika dikembangkan dan dikelola dengan baik berpotensi besar menjadi usaha-usaha hebat. Selamat kepada para pemenang!.

http://majalahfranchise.com/award/4/franchise-startup-award-2015-tonggak-awal-lahirnya-usahausaha-hebat