PDIH Untag Cetak Doktor Waralaba

Beberapa waktu lalu, Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Untag menggelar ujian terbuka promosi doktor ilmu hukum atas nama Mulyani Santoso SH SpN MH. Mulyani berhasil mempertahankan desertasinya berjudul “Model Perlindungan Hukum Dalam Bisnis Waralaba” di depan para pengujinya yang terdiri atas:

Dr. Edy Lisdiyono, SH, MHum, selaku ketua sidang, dan Promotor Prof. Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH, MM. dan Ko-Promotor Dr. Sigit Irianto, SH,.MHum. serta tim penguji yang terdiri dari Prof. Hikmahanto, SH, LLM, PhD (Guru Besar Fakultas Hukum UI, sebagai penguji eksternal), Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH, MH. dan Dr. Amggraeni Endah Kusumaningrum, SH, MHum, dan Dr. Sri Mulyani, SH MHum.

Dalam desertasinya, dikatakan bahwa perjanjian waralaba biasanya dibuat dibawah tangan, sehingga hak dan kewajiban tidak seimbang, dan tidak dicantumkan sanksi dalam klausulnya, sehingga belum memberikan perlindungan hukum bagi para pihak. 

Dengan model pengaturan perlindungan hukum dalam bisnis waralaba yang ditulis Mulyani ini pengaturannya lebih komperhensif dan sistematik baik dari segi budaya hukum, struktur hukum maupun sunstansi hukum.

Dimana kepemilikan merek yang akan diwaralabakan sudah harus bersertifikasi, dan sebelum menandatangani perjanjian para pihak harus mendapatkan surat tanda pendaftaran waralaba, yang selanjutnya didaftarlan secara online melalui website Online Single Submision (OSS), dan dalam perjanjian tersebut  memuat adanya sanksi bagi para pihak yang melanggar.

Dengan demikian, maka Mulyani resmi menyandang gelar doktor “Waralaba” dengan predikat cumlaude setelah menyelesaikan ujian terbuka di kampus PDIH Untag Jl. Pemuda 70 Semarang, pada 13 April 2019 lalu.

Prof. Liliana yang juga selaku tim komisi  menyampaikan hasil ujian terbuka, bahwa Mulyani termasuk mahasiswa yang istimewa karena merupakan alumni lulusan pertama pada PDIH Untag dengan predikat cumlaude, baik dalam ketepatan waktunya maupun prestasinya, sehingga keseriusan dan ketekunan maupun kemilitannya dapat menjadi contoh suritoladan bagi teman seangkatannya maupun adik kelasnya.

Dengan desertasinya ini, berarti dia telah memberikan konstribusi pemaknaan konsep hukum tentang bisnis waralaba. Untuk itu dia berpesan, janganlah puas sampai disini, teruslah belajar dan berjuang sampai titik yang paling tinggi, hingga dapat menyandang gelar Profesor nantinya.

Dekan Fakultas Hukum Untag Dr. Edy Lisdiyono, SH, MH selaku ketua sidang sebelum menutup ujian terbuka promosi doktor memberikan ucapan selamat kepada Mulyani yang lulus pertama kali sebagai doktor pada PDIH Untag, karena ini sangat membanggakan sekali bagi keluarga dan khususnya Fakultas Hukum Untag.

Edy mengatakan, bahwa untuk menjadi doktor bukanlah hal yang mudah, namun setelah memperoleh gelar doktor ini jangan sombong dan jagalah selalu almamater.

(ZRI)

 

 

J&T Express Gelar Roadshow “J&T Young Preneur” di 5 Kota
Melanjutkan kesuksesan J&T Campus to Campus di tahun sebelumya, J&T Express selaku perusahaan jasa pengiriman Indonesia yang fokus pada pengiriman bisnis e-commerce, kembali mengadakan program talksho
Read More
Bakmi Naga Resto, Selalu Bertengger Menjadi Pilihan Utama Investor dan Konsumen
Bakmi Naga Resto kembali meraih pernghargaan bergengsi di industri franchise, Top Franchise Awards 2019. Merek yang berdiri sejak 1979 ini tampil konsisten menjadi pemimpin pasar di sektor waralaba ba
Read More
Menutup Tahun 2015, Martha Tilaar Salon Day Spa Buka Outlet di Cilegon
Setelah sebelumnya membuka cabangnya di Kota Harapan Indah Bekasi, Martha Tilaar Salon Day Spa (MTSDS) kembali membuka cabangnya di Pusat Kota Cilegon, Banten. Cabang yang ke 65 MTSDS tersebut merupak
Read More
Hotel Dafam Teraskita Gelar Acara Buka Puasa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Piatu
Dalam rangka memaknai bulan suci ramadhan, Hotel Dafam Teraskita Jakarta mengadakan CSR (Corporate Social Responsibiity) yang diadakan jumat, 8 Juni 2018 , sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sos
Read More