Cizi Tea Minuman Khas Jepang dengan Rasa Bold dan Unik

Berawal dari sebuah keinginan, memberikan konsumen sajian minuman berkualitas dengan konsep usaha dan resep yang otentik berdasarkan negara asalnya yaitu jepang, maka Suma Pradana pun meyakinkan diri untuk mendirikan Cizi Tea. Terlebih lagi, usahanya didukung oleh kompetensi  timnya yang telah mendapatkan pelatihan khusus dari jepang untuk cizi tea dengan produk utama cheese tea dan macchiato.

Dengan dasar tersebut Cizi Tea dapat menghasilkan recipe dengan rasa yang bold dan unik. "Jadi dari modal utama nya yaitu kualitas produknya sudah baik terlebih dahulu sebelum kami launch ke publik," ujar Suma Pradana, Co Founder Cizi Tea

Ternyata naluri bisnis Pradana tak salah. Sejak beroperasi pada pertengahan tahun 2018 hingga bulan September, setidaknya sudah ada 21 mitra bisnis yang tergabung dengan Cizi Tea, dan akan membuka cabangnya di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Jogja, Tangsel, Cirebon, Batam, Makassar, Palembang, Medan dan Padang.

Per juni 2018, pria yang akrab disapa Prada ini pun mulai menawarkan peluang usaha Cizi Tea kepada publik. Pertimbangannya adalah pertama, dari konsep produk sudah cukup matang dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. "Dari trial trial di lapangan yang kami lakukan di bazaar bazaar terkemuka di berbagai kota di Indonesia dan juga sampling secara rutin pada ceruk pasar cizi tea yang mana respons nya sangat baik," jelasnya.

Faktor lainnya, kata Prada, tim R&D kami yang bekerja secara teratur dan continue sehingga menghasilkan menu menu seasonal yang luar biasa untuk cizi tea. Kemudian Management pusat cizi tea yang proaktif dalam memberikan support usaha kepada mitra dan terakhir adalah tim marketing kami yang bergerak secara terintegrasi untuk melakukan branding produk ini.

Lebih jauh Prada menjelaskan, secara garis besar Cizi Tea adalah menggabungkan produk cheese tea dan macchiato dalam satu brand dengan variasi produk yang luas. Dengan pengemasan produk yang eksklusif serta SOP, bahan baku dan cara penyajian yang didasarkan dari resep otentik pembuatannya dari jepang.

"Cizi Tea it’s all about original cheese tea and macchiato. Dari segi bisnis pun kita tidak hanya berbicara soal bagaimana bisa profit, tapi bagaimana bisa memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh elemen bisnis kita, salah satunya adalah mitra produksi yaitu petani kokoa di Indonesia,” tambahnya.  

Cizi Tea bisa dikatakan cocok bagi siapa saja yang ingin masuk ke dalam bisnis kuliner, karena system usaha, kata Prada, sudah disediakan. “Kami tetap membutuhkan kontribusi dari mitra untuk terjun langsung ke lapangan, karena dengan begitu outlet dapat selalu terkontrol dari pusat dan oleh mitra,” bebernya.

Dia menuturkan, saran dan feedback dari mitra pun dapat langsung diterima oleh mitra dengan begitu dapat segera teratasi. Cizi tea tidak membebankan biaya royalty kepada calon mitra. "Adapun yang dibayarkan di awal sesuai paket tersebut sudah all in termasuk booth island berukuran 4 m2, peralatan standart, dan kelengkapan karyawan.

Selain itu, lanjut dia, mtra juga sudah mendapat bahan baku awal, materi display dan biaya franchise. “ Jadi 100% keuntungan menjadi milik mita tanpa ada biaya lain lain ke manajemen Cizi Tea pusat. Bahan baku akan di-supply secara continue kepada mitra bisnis dan adapula bahan baku yang dapat dibeli di luar dengan standarisasi dari cizi tea," katanya.

Cizi Tea sendiri memiliki produk yang bervariatif dengan main product-nya cheese tea dan macchiato namun terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Ada tea origin, coffee series, thai series, matcha series dan cocoa series. Produk signature cizi tea ada di cocoa series, lebih spesifiknya adalah ultimate magnum cocoa chizu. Itu tidak bisa ditemui di brand lain. Saat ini tersedia lebih dari 30 menu utama dan 10 menu seasonal untuk cizi tea. Range harga jual nya adalah mulai 15rb – 28rb.

Bagi yang berminat dengan peluang usahanya, Cizi Tea menawarkan paket bisnis dengan paket investasi mulai Rp 88 juta. Saat ini promo menjelang akhir tahun 50% menjadi Rp 44 juta dengan konsep island. "Target optimis BEP dalam 5 bulan moderat dalam 10 bulan,"  kata pria yang akrab disapa Prada.

Kedepan, visi utama Cizi Tea adalah berbagi kebaikan dan kebahagiaan melalui segelas cheese tea. Hal ini baik yang berkaitan dengan mitra petani kokoa, mitra bisnis maupun konsumen. “Target ke depannya adalah kami berkomitmen untuk mengembangkan kesejahteraan mitra petani cizi tea melalui program CSR yang semakin baik, menyajikan system bisnis yang semakin efisien bagi mitra bisnis dan inovasi produk yang semakin menguatkan posisi branding cizi tea di mata konsumen. Cizi Tea menargetkan beroperasi di 100 cabang dalam 1 tahun ke depan,” pungkas Prada.

 

Zaziri

Cilor Gaptek, Mencoba Peruntungan dari Bisnis Camilan Khas Bandung
Kota Bandung terkenal dengan jajanan olahan tepung aci atau tapioka, seperti aci goreng (cireng), aci yang dicolok (cilok), dan sebagainya. Nah, baru-baru ini muncul lagi olahan lain yang disebut cilo
Read More
Legitnya Bisnis Kuliner Zaman Now
Bisnis kuliner masih menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Seiring berkembangnya waktu, kuliner pun banyak di modifikasi agar menarik konsumen. Seperti kuliner olahan pisang yang dil
Read More
Prime Generation, Bimbel dari Jogja Yang Siap Ramaikan Industri Waralaba
Kebutuhan belajar siswa tidak cukup jika hanya dilakukan saat berada di sekolah saja, terkadang para orang tua menginginkan agar anak-anaknya lebih pintar sehingga mereka memberikan pendidikan atau le
Read More
Meitea, Menyeruput Bisnis Cheese Tea yang Sedang Happening
Satu lagi pemain bisnis chesse tea yang akan menghiasi industri franchise Indonesia. Merek ini siap ekspansi ke berbagai daerah. Zaman now, keju tidak hanya dinikmati dengan dimakan. Tetapi juga sang
Read More