Sukses Membesut Waralaba Depot Air Minum Modern

Bekerja selama 18 tahun di PT. HM Sampoerna, pabrik rokok terkemuka di Indonesia membuat wanita yang satu ini kaya pengalaman. Apalagi ia sempat menempati berbagai posisi penting. Masuk sebagai Management Trainee, ia pernah menempati posisi strategis di Marketing dan Organization Development. Ia juga pernah mendapatkan penugasan di Switzerland.

Pengalaman tersebut rupanya menggunggah dirinya untuk mendirikan suatu bisnis dengan konsep yang kuat dan besar. Maka dari tangan dinginnnya lahirlah bisnis ritel Depot Air Minum Modern (Isi Ulang) yang cabangnya sudah tersebar di Jabodetabek. Dia adalah Fennee Chandra. Sarjana S1 Teknik Industri lulusan UK Petra Surabaya ini sukses mengembangkan waralaba Daily Fresh Water.

Di bawah  PT. Manajemen Waralaba Bersama, Daily Fresh Water kini berkembang telah memiliki 43 outlet beroperasi tersebar di Jabodetabek. Masih ada beberapa gerai sedang dalam proses renovasi dan persiapan. “Mayoritas outletnya berada di Tangerang dan Jakarta Barat,” ujar wanita kelahiran 1973 ini. Selain Daily Fresh Water, wanita yang akrab disapa Fennee ini yang juga sukses mengembangkan second brand bernama Tirtakita.

Ketertarikan Fennee pada bisnis air isi ulang berawal dari tiga tahun yang lalu, dan ide ini muncul ketika melihat banyak sekali depot air minum konvensional yang menawarkan air minum kepada masyarakat. Hanya saja, melihat kenyataan di lapangan bahwa depot air minum yang ada banyak yang tidak higienis, kotor, berdebu, pergantian filter tidak dilakukan secara berkala, namun airnya tetap dikonsumsi oleh masyarakat, karena tidak ada pilihan” bebernya. Sementara, kata dia, air galon pabrikan yang dikonsumsi makin hari makin naik harganya, terutama karena biaya distribusi yang besar. Masyarakat butuh air minum berkualitas dengan harga yang terjangkau. “Kami melihat bahwa pasar masih sangat besar. Kami melengkapi Daily Fresh Water dengan sertifikasi yang diperlukan dan menjalankan bisnis sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah, sehingga ada jaminan kualitas. Dan lokasinya dekat dengan konsumen sehingga biaya distribusinya minimal. Outlet juga bersih dan nyaman karena ber AC.” jelasnya.  Bersama dengan rekan bisnisnya, yaitu Pak Samuel Nitisaputra dan Pak Adji Wardojo dengan dibantu tenaga profesional yang berpengalaman, Fennee berharap dalam jangka panjang Daily Fresh Water dan Tirta Kita bisa berada di setiap kelurahan sehingga bisa melayani masyarakat lebih banyak lagi dengan air yang berkualitas namun harga terjangkau.

Sebagaimana bisnis lazimnya, Fennee pun pernah mengalami kendala dalam mengelola bisnis. Meski demikian, ia melihat kendala sebagai penambah pengalaman untuk menghadapi masalah-masalah yang lebih kompleks. “Cara mengatasinya melibatkan decision maker untuk berdiskusi mendapatkan ide-ide inovasi. Jika kami tahu bahwa satu policy tidak bisa dijalankan dengan baik, segera mengambil langkah yang berbeda,” kata ibu dari Gabrielle Felosa Nitisaputra ini.

Dengan berbekal team yang kompeten, inovasi bisnis dan bergantung pada Tuhan ia yakin bisnisnya akan terus tumbuh. 

 Inovasi baru terus dilakukan antara lain menjalin kerjasama strategic dengan berbagai pihak. “Kami baru saja bekerja sama dengan GOJEK, dan kami satu-satunya Depot Air Minum yang diajak bekerja sama dengan GoDaily dalam memenuhi kebutuhan pokok air minum. Kami bangga atas kerjasama ini, “ tambahnya lagi.

“Selain dengan Gojek, kami juga bekerja sama dengan Koinworks, salah satu Fintech start up untuk pembiayaan franchisee yang akan membuka depot, sehingga walau modal tidak cukup, dapat dibantu dari segi pendanaan dengan bunga yang kompetitif.” pungkasnya.  

Selama menggeluti bisnis ini, Fennee memiliki pengalaman berkesan, yakni pada waktu pertama kali mengikuti ajang bergengsi Marketing Award Competition pada 2017. “Saat itu kami mempresentasikan bisnis kami beserta strategi yang kami jalankan di depan para juri. Tidak disangka, walau kami pendatang baru namun kami bisa memenangkan Marketing Award dengan kategori The Best Innovation Marketing bersaing dengan perusahaan nasional lainnya,” katanya. 

Setelah Marketing award tersebut, award-award lainnya pun seperti magnet yang diberikan kepada dirinya. “Selama hampir 2 tahun beroperasi, kami telah memenangkan total 4 awarding,” pungkas wanita yang senang berkumpul bersama keluarga ini.

 

Zaziri

 

 

Penggagas Franchise di AJBS Group
Wanita cantik pemilik nama Indriani Suhartono ini adalah generasi ketiga, penerus salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang trading mur dan baut di Surabaya, yaitu AJBS Group. Putri pert
Read More
Ricky Ferdinan Sutrisn, Magister Arsitektur Banting Setir ke Bisnis Kebab
Magister Arsitektur Banting Setir ke Bisnis Kebab Pria kelahiran Tulung Agung 9 Desember 1985 ini memilih untuk menekuni bisnisnya di dunia kuliner setelah bergelar Magister Arsitektur Universitas A
Read More
Irwan Limarno, Orang IT yang Multi Talenta
Sejatinya, kelahiran Surabaya 1970 ini adalah orang IT, namun pria yang satu ini memiliki banyak talenta. Buktinya, ia sukses menggeluti kariernya di beberapa perusahaan dengan menduduki berbagai posi
Read More
Patrick Adhiatmadja, Lika Liku Usaha Si Raja Oli
Nama Patrick Adhiatmadja mungkin belum akrab di telinga Anda. Apabila melihat kisah perjuangan pria ini di dunia usaha, Anda dapat menjadikan dia sebagai inspirasi usaha. Yang menarik, dia mengawali k
Read More