Sonny Arcya Adryanto, Mantan PNS Yang Berlabuh di Bisnis Martabak

Enam belas tahun berkecimpung dunia Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan tentu bukanlah hal yang singkat bagi Sonny Arcya Adryanto dalam menapaki karier. Karena itu, tak mudah baginya untuk terjun terjun ke dunia entrepeneur secara cepat dan meninggalkan ststus karyawannya. Namun kegigihannya untuk mencoba peruntungan dengan membuka usaha kuliner yaitu Martabak Orins rupanya tidak sia-sia.

Kini, ia sukses mengembangkan Martabak Orins hingga memiliki 22 gerai. “Kami menjalankan kemitraan sejak tahun pertama yakni tahun 2011. Dan hingga saat ini sudah berjalan selama 6 tahun. Jumlah gerai Martabak Orins hingga saat ini sebanyak 22 gerai dengan kemitraan 2 gerai,” Papar Pria Akrab sapaan Sonny ini.

Pada awalnya, Sony mengalami keterbatasan dalam mencari SDM dan modal yang menyebabkan dirinya mencoba untuk membuat kemitraan. Ia mengaku banyak belajar dari proses bisnis perusahaan-perusahaan besar yang telah menjalankan sistim  franchise dengan sektor yang berbeda.

Sony mengungkapkan suka duka menjalankan bisnis ini. Selama tahun pertama Masa awal pengenalan Martabak Pizza Orins sangat berat. Yaitu memperkenalkan martabak dengan konsep baru martabak yang berbentuk pizza dan dengan topping yang beraneka ragam.

Seiring penambahan cabang Martabak Orins pun mengalami penambahan jumlah manajemen. Tingkat kesulitan tentu berbeda dan tidak dapat dibandingkan antara 1 – 2 cabang dengan diatas 20 cabang. “Tapi selama kita menikmati bisnis ini semua akan terasa ringan,” jelasnya.

Dalam dua tahun terakhir Martabak Orins tengah hits di Jabodetabek karena Unique Selling Proposition (USP)-nya yang signifikan dibandingkan existing martabak di pasar. Martabak Orins kulitnya lebih tipis, topping-nya lebih tebal, beraneka rasa, ukurannya bervariasi (empat size dari kecil hingga jumbo) dan harganya terjangkau (affordable) oleh berbagai kalangan.

Meskipun banyak pihak yang mengajukan waralaba Martabak Orins, Sonny mengaku belum siap membesarkan bisnisnya dengan konsep franchise. Alih-alih waralaba, Sonny lebih tertarik memperluas pasarnya dengan membuka cabang di kota-kota besar seperti Bandung dan Surabaya.

“Saya belum merasa berhasil dalam bisnis ini. Masih banyak target yang harus saya kejar dalam bisnis ini. Antara lain membuka cabang Martabak Pizza Orins di semua kota-kota besar Indonesia,” ujarnya.

Alvin Pratama

Berawal dari Hobi Sang Ibu
Christiana Agustin, nama lengkap wanita ini. Ia adalah pemilik Steffie Collection, sebuah toko aksesoris tempat tidur dengan konsep etnik asal Sragen, Jawa Timur. Produknya yang fenomenal yaitu sprei
Read More
Ricky Fernando, Butuh 4 Tahun Membuka Pasar Ice Cream Thailand
Tidak ada bisnis yang gampang. Begitulah ungkapan yang keluar dari Ricky Fernando, pemilik franchise Ice Manias. Ketika ia memulai bisnis ice cream, ia membutuhkan waktu selama 4 tahun untuk menawarka
Read More
LIA SRIHARTATI Menikmati Kebahagiaan di Balik Kesibukan
Dihadapkan dengan berbagai kesibukan terkait profesinya sebagai dokter kecantikan, dan pemilik Lee Aesthetic Klinik, tidak mengurangi waktu kebersamaan dengan keluarga. Wanita kelahiran 2 Februari 19
Read More
Mutoharoh, Mantan Marketing Yang Sukses Tekuni Bisnis Kebab
Tak terlintas di benak pria kelahiran Lampung, 10 Januari 1980 untuk menjadi pengusaha kuliner. Awalnya pria bernama lengkap Mutoharoh ini hanyalah pegawai di perusahaan pembiayaan leasing terbesar di
Read More