Uncle Tetsu, Master of Cheesecake dari Jepang

Khusus di tahun 2017 ini, Indonesia kembali kehadiran gerai kue asal Jepang Uncle Tetsu. Gerai pertama dihadirkan di Jakarta, yang lantas langsung mendapatkan animo dari masyarakat Indonesia yang begitu besar. Bahkan saat pertama kali pembukaannya, antreannya sampai mengular. Para pengunjung rela antre untuk mendapatkan hidangan ini.

Sebelumnya Uncle Tetsu memang sudah sukses di beberapa negara Asia maupun Eropa seperti Hongkong, Malaysia, Korea, Australia, Kanada, hingga Amerika. Dan yang terakhir setelah membuka di Indonesia, gerai kue ini juga akan mencoba menjajaki pasar Singapura.

"Uncle Tetsu adalah salah satu pelopor Japanese Cotton Chesse Cake, dan sekarang sudah buka 11 gerai yang tersebar di seluruh dunia. Terkenal dengan perpaduan cream chesse dan butter untuk menciptakan cake lembut, manis dan gurih," kata Operasional Manager Uncle Tetsu Indonesia, Richard Aditya Nugraha saat ditemui majalah Franchise.

Sedikit menilik sejarahnya, Nama Uncle Tetsu sendiri diambil dari sang pendiri, Tetsushi Mizokami yang lahir di keluarga pemilik sebuah toko permen dan kue kering terkenal di Fukuoka, Hakata Sweetshop. Ia menciptakan kue tersebut pada tahun 1985 di Fukuoka, Jepang dan kemudian terkenal hingga seluruh dunia.

Tetsu mulai belajar menjadi chef sejak berusia lima tahun dan menciptakan kue unggulan Japanese soft cheesecake yang diramu dari keju Australia, mentega Eropa, tepung Jepang yang disempurnakan dengan teknik memasak Negeri Sakura. Hidangan menarik yang ditawarkan Uncle Tetsu Shop meliputi berbagai cake dan dessert, mulai dari Japanese Cheesecake, Baked Cheesetart, Zuccotto Cake, Madelaine, Panna Cotta hingga Ice Cream.

Di Indonesia Uncle Tetsu telah hadir di beberapa tempat dengan gerai pertamanya berada di Central Park Mal, kemudian dilanjut lagi ke Pondok Indoah Mal, Mal Kelapa Gading, dan Tunjungan Plaza Surabaya. “Dalam waktu dekat kita juga akan membuka gerai kita di Summarecon Mal Bekasi,” Imbuh Richard.

Cheesecake buatan Uncle Tetsu teksturnya lembut dan ringan bagai cotton cake. Ia membuatnya dengan inspirasinya kue-kue Jepang yang punya tekstur sangat lembut. Saat dimakan, kue bikinannya ini seperti langsung lumer dan menghilang di mulut. Kuenya tidak terlalu manis dan jejak kejunya pun ringan. 

Tekstur yang ringan membuat cheesecake ini menjadi camilan yang tetap bisa disantap meski perut sudah mulai kenyang. Sekitar 70% bahan baku mereka di impor dari luar Indonesia maupun langsung dari negara Jepang. Khusus untuk Indonesia, bahan baku telur berasal dari peternak lokal agar kesegarannya lebih terjamin.

Uncle Tetsu dalam pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet. Dengan konsep gerai yang open kitchen, membuat pengunjung bisa sembari melihat proses pembuatan cake itu sendiri. Semuanya sangat fresh langsung keluar dari mesin oven. Setiap cheesecake yang baru matang langsung dicap dengan lambang toko Uncle Tetsu, versi kartun dari wajahnya yang sedang menjulurkan lidah seakan baru menyantap hidangan lezat.  

Walaupun baru hadir sejak bulan April 2017 lalu, perkembangan gerai Uncle Tetsu terbilang sangat pesat. Richard menargetkan, setidaknya Uncle Tetsu Indonesia bisa memiliki 6-7 gerai hingga akhir tahun ini. Bahkan untuk tahun depan, dirinya yakin bisa membuka hingga 20 gerai lagi di Indonesia. Sementara itu, Uncle Tetsu Indonesia juga sudah mempersiapkan untuk mereka bisa menjadi franchise. “Kita ada target juga untuk bisa franchise, ini guna menjangkau wilayah-wilayah Indonesia lainnya. Saat ini kita sedang siapkan itu semua,” imbuhnya.

 

Ade Komala

 

Hoooters, Restaurant Mengusung Konsep “Pelayan Seksi”
Baru baru ini, media sosial Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan kedatangan jaringan restoran 'seksi', Hooters. Restoran yang berpusat di Clearwater, Florida itu, dikabarkan akan datang ke Jakarta
Read More
Mr Quickie, Pemimpin Pasar Waralaba Service Sepatu asal Philipina akan Masuk Indonesia
Mr Quickie waralaba yang mengkhususkan dirinya memperbaiki sepatu di pinggiran jalan kini bersiap untuk ekspansi ke Indonesia. Seperti apa peluang waralabanya? Di Philipina, waralaba Mr Quickie telah
Read More
SaladStop!, Pionir Franchise Restoran Salad Asal Negeri Merlion
Restoran ini menghadirkan rangkaian menu sehat berupa salad bowls dan salad wraps. SaladStop! sudah mulai melayani pelanggan sejak akhir bulan Oktober 2016. Kehadiran SaladStop! ini sekaligus ingin me
Read More
Sukses di 6 Negara, kini Masuk Indonesia
Sukses di 6 negara, Hot & Roll kini masuk Indonesia dan siap bersaing dengan waralaba-waralaba yang ada saat ini. Seperti apa peluang bisnisnya? Industri waralaba tanah air kembali kehadiran tamu as
Read More