Soto Kuin Abang Suhai, Melirik Bisnis Soto Kuin dengan Resep Turun Temurun

Soto menjadi salah satu kuliner khas nusantara. Ada banyak ragamnya, mengikuti daerah dimana soto itu berada. Salah satu yang terkenal adalah Soto Banjar Kuin asal Banjarmasin.

Konon ditempat asalnya banyak para penjual kuliner satu ini. Sebagai contoh, di Banjarmasin, Kal-Sel, terdapat beberapa produk soto Banjar yang terkenal dan punya merek sendiri-sendiri, di antaranya Soto Yani-Yani, Soto Abang Amat, Soto Bawah Jembatan, Soto Kuin/Kuintana dan Soto Kampung Melayu.

Dari masing-masing produk itu ada pula kekhasannya, baik dalam segi muatan rempah atau bahan lainnya maupun dalam penyajian, guna menarik perhatian serta selera konsumen.

Seperti Soto Kuin Abang Suhai besutan pria yang bernama lengkap Suhaimi ini mendirikan usaha sejak Mei 2012. Meski sempat vakum namun ia masih memiliki semangat dalam menjalankan usaha ini.

"Dulu ayah saya jualannya di Pasar Sentra Antasari, tetapi pada 1995 ditertibkan Pemerintah Kota Banjarmasin. Pasarnya diperbaiki tetapi ayah saya tidak lagi meneruskan usahanya. Dulu warungnya selalu dipenuhi pembeli. Sempat vakum beberapa tahun, lalu saya yang kemudian menghidupkan lagi usaha ini namun dengan konsep yang berbeda, tetapi cita rasa sotonya tak berubah dari zaman kakek saya," kata Suhaimi, Owner Soto Kuin Abang Suhai.

Pria yang akrab di sapa Suhai ini melihat prosfek bisnis yang dia jalankan ini sangat menguntungkan. "Sementara waktu itu modal saya terbatas. Awalnya saya sempat pesimis jika  bisnis ini diwaralabakan, namun saya melihat bisnis ini ada peluang mengingat kuliner ini adalah khas daerah, “ ujarnya.

Hingga saat ini Soto Kuin Abang Suhai memiliki 4 cabang yang tersebar di alan Ahmad Yani Km 4,5 ada Jalan Bumi Mas Raya dekat dengan Hotel Banjarmasin International (Banjarmasin), Palangkaraya, Kawasan BSM Jalan Sabang Jakarta.

"Sudah ada beberapa artis yang datang. Mulai Arul Ifansyah vokalis Power Metal, lalu Hendy drummer Band Gigi yang diajak kakaknya Ervin makan di sini," katanya.

Soal menu yang ditawarkan di Soto Kuin Abang Suhai ini terdiri dari  Soto kuah kuning yang gurih serta renyah dengan dicampuri nasi atau lontong, irisan daun sop, soun, potongan ayam telur bebek rebus dengan tampilannya yang menawan dan segar.

Ada yang unik dari kuliner ini, biasanya soto pada umumnya ditambah dengan sate telur dan usus, namun di Soto Kuin Abang Suhai ini di dampingi dengan sate ayam dengan bumbu kacang yang menggugah selera customer tentunya.

Harga yang ditawarkan di Soto Kuin Abang Suhai ini relatif terjangkau Rp 22 ribu untuk soto dengan nasi/ketupat, Sate Ayam Rp 20 ribu/10 tusuk, perkedel kentang Rp 3 ribu/buah.

Bagi para calon investor yang tertarik untuk bergabung di bisnis ini, Suhai membeberkan besaran investasi  kemitraan Rp 75 juta. Dari investasi tersebut calon mitra mendapatkan booth, seragam karyawan, arkelic papan brand, bahan baku 100 porsi. Untuk jenjang kerja sama tersebut berlaku selama 2 tahun.

“Untuk royalti kami tidak berlakukan di bisnis ini, akan tetapi kami menerapkan fee 10% dari omzet per bulan,” terangnya.

Suhai memiliki harapan kedepan ingin bisnisnya semakin luas dan di kenal olh masyarakat Indonesia, selain itu ia juga akan menambah kuliner khas  dengan konsep gerai rumah adat Banjarmasin.

Alvin Pratama

Meitea, Menyeruput Bisnis Cheese Tea yang Sedang Happening
Satu lagi pemain bisnis chesse tea yang akan menghiasi industri franchise Indonesia. Merek ini siap ekspansi ke berbagai daerah. Zaman now, keju tidak hanya dinikmati dengan dimakan. Tetapi juga sang
Read More
Bree Chocolateria Kafe Spesialis Cokelat dari Surabaya
Ketersediaan kakao di dalam negeri yang berlimpah membuat potensi bisnis cokelat terbuka lebar untuk digarap. Salah satu produk olahan kakao yang populer saat ini adalah minuman. Itu sebabnya, kini ma
Read More
Pubblico Street Caffe, Coffee Pinggir Jalan Berkualitas Internasional
Indonesia seperti layak jika kita sebut sebagai surganya para penikmat kopi. Bagaimana tidak? Bayangkan saja, mulai dari bagian Barat Indonesia hingga bagian Timurnya, kita memiliki kopi khas masing-m
Read More
Laundryklin, Laundry Aplikasi Pertama yang Menawarkan Kemitraan
Mayoritas laundry memang masih beroperasi secara konvensional walaupun era digital kini terus bertumbuh pasarnya. Bisa jadi salah satu pertimbangannya adalah faktor investasi yang tidak sedikit. Atau
Read More