Ciri-Ciri Yang Baik Lokasi Bisnis Franchise

Menentukan lokasi yang baik bagi bisnis Franchise salah satu hal yang paling penting untuk kesuksesan. Jika gagal memilih lokasi yang baik maka kenungkinan besar gagal pula bisnisnya.             Beberapa dampak dari kegagalan ini akan dirasakan. Mulai dari sulitnya berjualan, revenue dan profit tidak tercapai, promosi dan marketing yang memerlukan biaya lebih banyak dan waktu yang lebih lama. Hal ini akan berakibat turunya motivasi team kerja terutama team pemasaran dan penjualan. Bagi pemilik bisnis akibatnya akan lebih lama mencapai Break Even Point (BEP) bahkan merugi dan tutup usaha.

 

Apa yang dilakukan oleh jawara Franchise dunia dalam memilih lokasi? Coba kita analisis Franchise paling TOP dunia diantaranya McDonald, KFC, dan Starbucks. Mengapa mereka menjadi sukses? Salah satunya karena strategi pemilihan Lokasi. Mereka tak pernah kompromi dengan pemilihan Lokasi. Dengan menempati Lokasi yang TOP akan menaikan kemungkinan sukses yang tinggi. Bagaimana strategi itu dilakukan?

 

Untuk bisa melakukan strategi itu maka diperlukan perencanaan yang baik dalam pemilihan TOL (Top Of Location). Kuncinya jangan kompromi dengan TOL. Pilihlah TOL sesuai kriteria-kriteria yang sudah dibahas di artikel-artikel edisi sebelumnya. Dengan TOL akan meningkatkan kemungkinan Franchise Anda menjadi Franchsie TOM. Serta dengan TOL akan mempercepat Franchise Anda menjadi TOM.

 

Pilihlah lokasi yang stretagis meskipun harga beli maupun sewanya akan lebih tinggi. Berusahalah agar mampu untuk membeli atau menyewanya dengan berbagai cara. Atau carilah lokasi lain yang tidak kalah strategisnya dengan harga sewa yang terjangkau oleh kantong Anda.

 

Strategi lain untuk mendapatkan TOL jika Anda tidak mampu membeli atau menyewanya. Yaitu dengan cara kerjasama dengan pemilik lokasi. Kerjasama bagi hasil. Ada dua alternative bagi hasil, berdasarkan omset (revenue sharing) dan berdasarkan keuntungan (profit sharing).

 

Dengan strategi bagi hasil maka Anda tidak terbebani dengan modal awal yang besar. Untuk membeli atau menyewa lokasi yang strategis. Ini akan jauh lebih baik daripada Anda berkompromi dengan memilih lokasi yang kurang strategis dengan alasan modal atau apapun. Jangan berkompromi dalam memilih TOL.

 

Bagaimana jika tidak mau bagi hasil. Cara yang berikutnya adalah Anda membayar sewa dengan termin. Mintalah keringanan pembayaran dengan membayar berkala. Misalnya per 3 bulan. Ini akan memungkinkan usaha Anda akan tetap jalan dengan TOL. Gunakanlah waktu per 3 bulan itu sebaik mungkin, maksimalkan profit Anda sehingga Anda memiliki pilihan untuk terus menyewa TOL itu bahkan mampu membelinya.

 

Sebelum menentukan TOL untuk Franchise Anda. Buatlah perencanaan bisnis yang matang dan seksama. Banyak pebisnis membuat perencanaan bisnis tapi tidak melakukan perencanaan 2 item paling penting ini. Perencanaan bisnis yang baik tidak hanya berisi produk, price, promotion, propotition, delivery, customer service dan lain-lain. Tapi juga 2 hal paling penting berikut ini. Yaitu secure supply chain dan survey/analisis market demand. Dua hal ini adalah yang paling penting untuk setiap bisnis namun malah tidak dilakukan dan dimasukan dalam perencanaan bisnis.

Nah, seperti McDonald, KFC dan Franchise TOM lainya yang bisa selalu menjadi Top Of Mind di manapun. Janganlah berkompromi dalam memilih TOL. Jadilah TOL untuk menjadikan Franchise Anda Top Of Mind bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Berikut ini yang meraka pertimbangkan dan lakukan:

Tentukan kebutuhan bisnis Anda.

Pemilihan lokasi harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, tentu tidak semua jenis bisnis akan cocok dengan lokasi tertentu. Untuk itu perlu disesuaikan antara kebutuhan bisnis terlebih dahulu untuk dapat menentukan solaksi yang sesuai. Kebanyakan pemilik bisnis hanya mempertimbangkan satu atau dua faktor saja, misalnya faktor aksesabilitas oleh calon pelangganya saja, tanpa mempertibangkan kriteria lain. Hasilnya ternyata kurang baik. Apa saja kebutuhkan bisnis Anda? Kenali semua kebutuhan bisnis Anda agar dapat dijadikan acuan untuk menfdapatkan lokasi yang sesuai. Jika kebutuhan bisnis ini tidak diketahui dan dipahami, bagaimana kita bisa mendapatkan lokasi yang sesuai? Berikut ini kebutuhan-kebutuhan bisnis Anda yang perlu dipahami untuk menentukan lokasi:

Kompetitor disekitar lokasi. Sudah berapa banyak kompetitor Anda di sana? Citra Merk. Apakah lokasi yang akan dipilih sesuai dengan brand image yang akan dibangun? Supplie Apakah lokasi mudah dijangkau oleh supplier Anda? Pertumbuhan ke depa Apakah lokasi itu memenuhi syarat dan masih bisa untuk diperluas/ekspansi ke depannya nanti? Ketersediaan sumber daya manusia/karyawa Apakah tersedia cukup calon karyawan Anda disekitar lokasi? Apakah pelanggan akan mudah mengaskses dan nyaman? Aman. Apakah lokasi dan sekitarnya memenuhi syarat keamanan Peruntukan. Apakah peruntukan lokasi yang akan ditempati tidak melanggar peraturan manapun? Amenities/Kelengkapan. Air,listrik, akses/jalan, bersih/hygienis, faslitas komunikasi (wifi). Parkir. Apakah tempat parkir tersedia dan memadai untuk karyawan, supplier, serta pelanggan? Detail Demografi. Dapatkan data demografi penduduk setempat maupun pendatang di lokasi yang akan Anda pilih. Berapa pulasinya, jenis kelamin, umur, pendapatan, dan pekerjaan. Bisa Anda meminta pemerintah daerah setempat, googling maupun mengadakan research yang lengkap dan detail.

Semua kebutuhan bisnis Anda di atas diperlukan sebagai kriteria penentu lokasi yang sesuai.

 

Siapa tetangga Anda.

Tetangga dan komunitas sesama penyewa di lokasi tersebut sangatlah penting. Terutama jika dilokasi tersebut peruntukanya tidak khusus untuk jenis usaha tertentu, misalnya food and beverage, atau tidak khusus untuk boutique pakaian, melainkan mix, campur-campur. Jika tetangga bisnis Anda dilokasi tidak memiliki kemiripin sama sekali, misalnya Anda menjual makanan dan mimunan, dan tenant lain menjual kain atau plastik, maka akan kurang menarik buat calon pelanggan Anda. Akan lebih menarik jika mencari lokasi yang peruntukanya dan tenantnya menjual produk yang similar/mirip dan atau merupakan pelengkap produk Anda.

Misalnya Anda ingin buka perawatan khusus kuku untuk wanita, akan lebih ramai pelanbgan jika satu lokasi dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, gym dan sejenisnya. Akan kurang sukses memilih lokasi yang berdekatan dengan toko bangunan, lokasi proyek bangunan dan pabrik. Karena calon pelanggan Anda akan sibuk di pekerjaan meraka.

Jam operasional tenant lain juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika sesama tenant memiliki jam buka-tutup yang berbeda-beda maka akan merugikan satu sama lain. Coba bayangkan jika tetangga Anda tutup lebih cepat atau buka jauh lebih siang dari toko Anda, hal ini akan mengindikasikan lokasi itu bisnisnya tidak baik, kurang laku. Sehingga kurang menarik calon pengunjung

Sesuaikan dengan budget Anda

Pemilihan lokasi yang Anda inginkan sangat perlu disesuaikan dengan budget Anda. Pertimbangkan dengan masak kemapuan keuangan dan budget yang tentunya sudah disesuaikan dengan produk dan harga produk yang akan Anda jual. Beberapa pertimbangan lain yang berkenaan dengan keuangan yang harus diperhatikan adalah:

Upah minimim di lokasi, UMR (Upah Minimum Regional). Apalagi jika akan orang sekitar lokasi. Pajak-pajak dan iuran. Perhatikan dan pertimbangkan juga pajak dan iuran. Misalnya ada Pajak Bumi dan Bangunan, iuran lingkungan, keamanan, kebersihan dan sebagainya. Perlu diketahui secara lengkap dan detail karena akan menjadikan total biaya/harga ongkos sewa bulanan ditempat itu. Biaya agar siap pakai. Hitunglah dan pertimbangkanlah biaya tambahan yang harus dikeluarkan sampai tempat dan raungan siap untuk dipakai. Apakah memerlukan renovasi? Apakah masih memerlukan tambahan interior atau dekorasi? Bagaimana dengan perangkat kominisasi, IT dan infrastruktur tambahan lainya agar bisnis Anda siap beroperasi. Asuransi bangunan. Salah satu resiko yang harus diperhitungkan adalah kebanjiran, kebakaran dan bencana alam, agar Anda tidak mengganti kerugian terhadap kerusakan bangunan maka ketahui apakah bangunan sudah diasuransikan?

 

Kawasan yang friendly.

Hal yang tidak kalah penting dari ketiga di atas adalah, apakah lingkungan dan kawasan friendly bagi calon pengunjung. Lakukanlah survey juga untuk ini. Apakah orang-orang merasa suka dan nyaman memasuki wilayah dimana Anda akan membuka Bisnis. Jika calon pengunjung kurang merasa nyaman apalagi aman maka kawasan itu tidak akan ramai, traffic nya kecil.

 

Untuk melengkapi tip-tip memilih lokasi di atas, berikut ini 10 pertanyaan yang akan memandu Anda mendapatkan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda, tentunya jika Anda mengerjakan PR Anda menjawab pertanyaan ini dengan seksama.

Apakah berlokasi di zona yang sesuai dengan tipe bisnis Anda? Apakah bangunan yang cukup besar untuk bisnis Anda? Apakah itu menawarkan ruang untuk semua ritel, kantor, penyimpanan atau ruang kerja ruang yang Anda butuhkan? Apakah itu memenuhi persyaratan tata letak Anda? Dapatkah Anda cocok potongan kunci peralatan, rak dan perabotan ke dalam ruang? Apakah bangunan perlu perbaikan apapun? Apakah itu lama? Akan sesuatu yang perlu upgrade sekarang atau dalam waktu dekat? Apakah ada utilitas, pencahayaan, pemanasan dan pendinginan-memenuhi kebutuhan Anda atau akan Anda perlu melakukan pemasangan kabel atau pipa bekerja? Apakah ventilasi yang memadai? Apakah istilah sewa dan sewa yang menguntungkan? Apakah itu realistis terjangkau atau Anda peregangan untuk membelinya? Apakah istilah sesuai dengan rencana bisnis Anda? Dapatkah Anda menemukan sejumlah karyawan yang memenuhi syarat di daerah di mana bangunan ini terletak? Apakah orang yang Anda inginkan untuk pelanggan tinggal di dekatnya? Adalah kepadatan penduduk dari daerah yang cukup untuk kebutuhan penjualan Anda? Apakah daerah sangat tergantung pada bisnis musiman? Adalah bangunan yang terletak di lingkungan yang aman dengan tingkat kejahatan yang rendah?

Menjawab dengan seksama kesepuluh perntanyaan ini, diharapkan Anda akan mendapatkan gambaran jelas mengenai lokasi yang akan Anda pilih, dengan kejelasan ini, Anda akan lebih mudah mengambil keputusan apakah Anda akan lanjut menyewa/membeli lokasi yang sedang Anda pertimbangkan.

 

1001 Jalan Memilih Lokasi Waralaba
1001 jalan atau faktor menuju sukses waralaba, salah satunya adalah memilih lokasinya. Lokasi sangat menentukan bisnis waralaba. Faktor apa saja yang menghambat dan harus diperhatikan pebisnis waralab
Read More
Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru
Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi men
Read More
Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader
Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Haru
Read More
Memilih Lokasi Bisnis Kuliner : Menjadi “Penumpang” Hebat
Kemungkinan, Anda pernah mendengar istilah “lokasi, lokasi, lokasi” lebih dari beberapa kali. Apalagi jika Anda mau membuka bisnis kuliner. Lokasi adalah salah satu faktor penting kesukses
Read More