Memanfaatkan MEA Sebagai Sarana Ekspansi Usaha Hingga ke Luar Negeri

Di dalam Rencana Strategis Kementerian Perdagangan tahun 2014 hingga 2019, kebijakan difokuskan difokuskan pada peningkatan ekspor non migas, penguatan pasar dalam negeri dan pengamanan pasar dalam negeri. Dalam kaitannya dengan perdagangan dalam negeri, Kementerian Perdagangan berperan aktif dalam melakukan stabilisasi harga, peningkatan daya saing usaha, dan penciptaan iklim usaha yang kondusif. 

Penguatan pasar dalam negeri diharapkan dapat dicapai dengan peningkatan aktivitas perdagangan dalam negeri melalui peningkatan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah, salah satunya adalah dengan menumbuhkan wirausaha lokal baru. Salah satu peluang pengembangan kewirausahaan yang menjanjikan adalah melalui sistem usaha waralaba. 

Sebagaimana Presiden Jokowi katakan dalam pidato pembukaan seremoni World Franchise Summit Indonesia di Jakarta bulan November 2016 bahwa waralaba merupakan konsep yang cocok bagi masyarakat indonesia. Waralaba nasional adalah potensi ekonomi didalam negeri yang luar biasa. Model bisnis waralaba lebih efektif dan efisien dengan standarisai produk dan pelayanannya untuk meningkatkan kelas usaha dan menghemat banyak biaya. 

Sistem waralaba menjadi salah satu bentuk wiraswasta yang amat modern yang banyak digunakan sebagai strategi pengembangan usaha bagi UKM. Pengembangan usaha dengan Sistem Waralaba bertujuan untuk mendorong berkembangnya spesialisasi dan modernisasi usaha tradisional. Sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas dalam mengembangkan inovasi berusaha yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan efisiensi usaha, distribusi dan nilai tambah aktifitas produksi nasional. 

Melalui kegiatan promosi dan pameran diharapkan potensi keunikan sistem waralaba lokal yang diinspirasi dari murtikultur budaya lokal menjadi keunggulan dari waralaba lokal lndonesia dapat ditingkatkan brand value-nya dan mendapat apresiasi yang luas dari konsumen dan pelaku usaha waralaba Indonesia.

Indonesia sudah memiliki beberapa merek waralaba lokal yang kualitasnya dapat disejajarkan dengan merek waralaba asing semisal Coffe Toffee, Es Teller 77, dan lainnnya. Potensi yang sudah dimiliki ini diharapkaan akan terus digali dan dikuatkan melalui penciptaan branding yang baik dan penerapan standar barang yang diperdagangkan.

Kementerian Perdagangan terus berupaya mengembangkan waralaba lokal melalui berbagai program pengembangan waralaba nasional. Dari sisi regulasi, Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan 6 peraturan waralaba sejak periode 2012 hingga 2014. Hal ini sebagai bentuk respon aktif terhadap perkembangan bisnis waralaba dan upaya untuk meningkatkan gairah industri waralaba. 

Selain itu Kemendag juga melakukan program-program pendampingan terhadap usaha-usaha potensial waralaba dengan didampingi oleh konsultan-konsultan waralaba yang ahli di bidangnya.

Sebagai bentuk peran aktif dalam mendorong usaha waralaba untuk menuju ke pasar global, usaha waralaba yang dianggap telah layak dan memiliki daya saing, diberikan fasilitasi pada pameran waralaba baik berskala nasional maupun internasional sebagaimana yang telah berlangsung beberapa tahun ini.

Pemerintah sangat mendukung pertumbuhan waralaba lokal menjadi waralaba yang memiliki daya saing baik di dalam maupun di luar negeri, dan pebisnis waralaba lokal dapat memanfaatkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sebagai sarana untuk melakukan ekspansi usaha hingga ke luar negeri. Sehingga kedepannya Indonesia tidak hanya bertumpu pada ekspor barang komoditi tetapu juga mengekspor produk Indonesia melalui sistem usaha waralaba dengan merek lokal.

 

Membangun Kekuatan Waralaba Nasional melalui Roadmap Waralaba
Saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan Roadmap Waralaba yaitu konsep pengembangan dan pembinaan usaha waralaba dan potensial waralaba (business opportunity), agar pelaku usaha w
Read More
Mendorong Waralaba ke Pemasaran Sistem Digital
Potensi pasar e-commerce sangat besar di Indonesia. Jika mengacu pada data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia dan emarketer pada 2015 terdapat 88,1 juta pengguna internet dan 63,4 juta pengguna
Read More
Gairah Baru Waralaba Indonesia Pasca WFSI
Setelah sukses digelarnya acara World Franchise Summit Indonesia (WFSI) 2016 di Jakarta, diharapkan dapat terjadi  multiplier effect dalam menggairahkan waralaba Indonesia sehingga mendorong penc
Read More
Pemda Baiknya Beri Ruang Bagi Waralaba
Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 70 tahun 2013, penerbitan Izin Usaha Toko Moderen (IUTM), telah dilimpahkan ke Pemerintah Daerah. Pendirian minimarket wajib berpedoman pada Rencana Tata
Read More