1001 Jalan Memilih Lokasi Waralaba

1001 jalan atau faktor menuju sukses waralaba, salah satunya adalah memilih lokasinya. Lokasi sangat menentukan bisnis waralaba. Faktor apa saja yang menghambat dan harus diperhatikan pebisnis waralaba menemukan lokasi bisnis agar sukses? Memilih lokasi bisnis harus hati-hati agar tidak salah dalam memilih.

Kesalahan memilih lokasi dapat mengakibatkan dampak yang tidak diinginkan oleh setiap pebisnis yaitu kerugian bahkan kebangkrutan. Diperlukan keahlian yang hebat untuk bisa mengatasi keadaan ini. Juga memerlukan waktu yang lama. Secara psikologis juga membutuhkan semangat extra besar. Nah, maka dari itu jangan salah memilih lokasi waralaba Anda.

Untuk mencegah kesalahan memilih lokasi ini, Anda perlu tahu semua aktor penentu kesuksesan memilih lokasi waralaba. Ada banyak faktor-faktor yang musti diperhatikan dan dilakukan dalam memilih lokasi bisnis waralaba. Apa saja itu? Kali ini akan dibahas seluruh faktor-faktor penentu kesuksesan lokasi Waralaba:

Faktor Kecocokan Zoning. 

Apalkah lokasi yang akan Anda pilih terletak di daerah dikategorikan untuk jenis bisnis Anda?

Faktor Ukuran Bangunan. Apakah bangunan yang cukup besar untuk bisnis Anda? Ruangan cukup untuk semua ritel, kantor, penyimpanan atau ruang kerja ruang yang Anda butuhkan?

Faktor Tata Letak. Apakah itu memenuhi persyaratan tata letak semua peralatan dan perangkat Anda?

Faktor Renovasi. Apakah bangunan perlu perbaikan apapun? Apakah itu lama? Akan sesuatu yang perlu upgrade sekarang atau dalam waktu dekat?

Faktor Utilitas. Apakah utilitas yang ada, pencahayaan, pendinginan-memenuhi kebutuhan Anda atau akan Anda perlu melakukan renovasi? Apakah ventilasi yang memadai?

Faktor Jangka Waktu Sewa. Apakah masa sewa dan sewa yang menguntungkan? Apakah itu realistis terjangkau atau Anda ada kemungkinan untuk membelinya?

Faktor Sumber Daya Manusia Sekitar Anda dapat menemukan sejumlah karyawan yang berkualitas di daerah di mana lokasi ini terletak?

Faktor Calon Pelanggan. Apakah orang-orang yang Anda inginkan untukmenjadi pelanggan tinggal di dekatnya? Adalah kepadatan penduduk dari daerah itu cukup untuk kebutuhan penjualan Anda?

Faktor Musim. Apakah daerah sangat tergantung pada bisnis musiman?

Faktor Ruang Promosi Apakah bangunan luar tersedia untuk media promosi Anda?

Faktor Keamanan Apakah lokasi terletak di lingkungan yang aman dengan tingkat kejahatan yang rendah?

Faktor Pencahayaan Luar Ruang Apakah pencahayaan di daerah yang memadai untuk menarik pembeli malam dan membuat mereka merasa aman?

Faktor Lingkungan  Apakah tetangga bisnis cenderung untuk menarik pelanggan yang juga akan mendukung bisnis Anda?

Faktor Pesaing Apakah ada pesaing terletak dekat dengan lokasi? Jika demikian, Anda dapat bersaing dengan mereka dan sukses?

Faktor Kemudahan Akses Apakah Lokasi dengan mudah diakses oleh pelanggan potensial Anda? Apakah itu akan berkesinambungan?

Faktor Parkir Ruang parkir yang tersedia dan memadai?

Faktor Transportasi. Apakah lokasi tersedia dan dilayani oleh angkutan umum?

Faktor Pemasok. Dapatkah pemasok melakukan pengiriman di lokasi ini? Apakah memiliki pintu belakang? Atau hanya melalui pintu depan?

Faktor Ekpansi Jika bisnis Anda berkembang di masa depan, akankah lokasi dan bangunan dapat mengakomodasi ekspansi ini?

Faktor Detail Demografi. Dapatkan data demografi penduduk setempat maupun pendatang di lokasi yang akan Anda pilih. Berapa pulasinya, jenis kelamin, umur, pendapatan, dan pekerjaan. Bisa Anda meminta pemerintah daerah setempat, googling maupun mengadakan research yang lengkap dan detail.

Semua jalan di atas harus dilalui untuk mendapatkan lokasi dan mencegah kesalahan memilih lokasi bisnis. Agar terhindar dari kerugian dan kebangkrutan.

Semoga sukses selalu.

Salam,Ery Prasetyawan.Infiniti TeoEryp2000@gmail.com

Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru
Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi men
Read More
Lokasi Mall – Pusat Perbelanjaan VS Lokasi Independent
Meletakan lokasi gerai adalah salah satu keputusan yang paling penting. Apakah itu gerai baru atau gerai kedua atau sewa gerai pas habis untuk segera diperbaharui atau pindah lokasi. Bagaimana menentu
Read More
Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit
Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha la
Read More
Location = Franchise Best To Invest
Setelah Anda menentukan jenis franchise dan produk apa yang akan Anda jalankan, hal apa lagi yang menentukan keberhasilan fanchise Anda? Memilih lokasi. Ya memilih lokasi yang best invest akan menjadi
Read More