Ephraim, Salah Satu Produsen Mesin Roasting Kopi yang Andal di Indonesia

Bagi pebisnis kopi, Machine Roasting Coffee tidak asing lagi karena menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Baik skala kecil, maupun skala industri karena dari mesin Roasting Kopi inilah, kualitas minuman kopi ditentukan. Di Indonesia, salah satu pemain di bisnis mesin roasting kopi ini adalah PT. Ephraim Coffee Indonesia yang berlokasi di Kota Bandung. Produksi Roasting Coffeenya telah banyak digunakan oleh perusahaan UKM maupun industri.

Berawal dari keahlian roasting kopi yang produknya telah diekspor di berbagai negara Eropa, Amerika dan Asia, PT. Ephraim Coffee sejak 2014 mulai memproduksi sendiri mesin roasting nya dengan berbagai kapasitas. Mulai dari 1 kilogram, 3 kilogram, 5 kilogram 12 kilogram, hingga untuk kapasitas industri 50 kilogram.

Seluruh produknya telah dilengkapi dengan infrared sehingga dapat mengurangi konsumsi gas, api yang dilahirkan lebih panas dan panas yang dihasilkan sangat kuat dan stabil.“Kita juga sisipkan beberapa sensor , salah satunya sensor suhu ruang dan suhu coffee,” kata Ferry Kusnadi, Owner, PT. Ephrain Coffee Indonesia.

Secara umum, mesin roasting yang dibuat terdiri dari sistem operasi manual dan otomatis. Dimana, manual mengandalkan kemampuan atau keahlian individu roaster nya, sementara mesin roasting otomatis sudah menggunakan PLC program yaitu memori yang dapat dikendalikan melalui sistem komputer.

“Dengan piranti memori ini maka memungkinkan pembuatan profile roasting dapat melalui komputer lalu ditransfer ke mesin menggunakan sistem internet, dan secara otomatis dapat langsung dioperasikan oleh mesin. Piranti ini juga dapat menyimpan profile roasting yang banyak sehingga sewaktu-waktu profile roasting itu dibutuhkan, tinggal dipanggil saja,” papar Ferry. Mesin roasting kapasitas 1 hingga 3 kilogram masih manual, sementara mesin roasting otomatis diproduksi untuk kapasitas 5 kilogram hingga 50 kilogram.

“Harganya untuk yang 1 kilogram Rp 50 juta, 3 kilogram Rp 150 juta, roasting otomatis 5 kilogram Rp 400 juta, 12 kilogram Rp 600 juta dan untuk kapasitas 50 kilogram Rp 1 miliar keatas,” ungkap Ferry. Mesin roasting produksi Ephraim Coffee ini diakui Ferry sangat handal dan kuat. Pihaknya juga memberikan garansi selama setahun pasca pembelian, termasuk jaminan ketersediaan spare part, dan perbaikan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

“Teknisi kita selalu siap mendukung pelanggan jika terjadi kerusakan kapan dan dimanapun,” jelas Ferry. Bagaimana dengan kinerja mesinnya?

“Mesin roasting kita, bisa dapat meroasting hanya dengan waktu 11 hingga 30 menit untuk satu kali roasting. Ini adalah waktu paling cepat dan terbaik, untuk mendapatkan profile coffee yang baik ” ujar Ferry. Kapasitas mesin 1 hingga 3 kilogram lanjut Ferry sangat cocok untuk coffee shop. Sementara untuk kapasitas diatas 5 kilogram cocok untuk produksi masal atau kelas industri.

“Keunggulan produk kita yang lain adalah bahan baku mesin sudah menggunakan carbon steel dan stainles food grade, semua mesin-mesin ini sudah memenuhi standar untuk produk makanan,” ucap Ferry. Mesin-mesin ini juga dapat di pesan sesuai kapasitas roasting dan sistem pengoperasian manual atau otomatis seperti yang diinginkan pemesan.

Selain menyediakan spesifikasi mesin coffee seperti diatas, Ephraim juga rupanya memproduksi coffee-coffee specialty dari seluruh coffee yang ada di Indonesia. Mulai dari kopi Aceh, Mandailing, Java, Bali, Kintamani, Flores Bajawa, Toraja dan Kopi Papua.

Untuk satu mesin roasting dengan sistem operasi manual, waktu pengerjaan diprediksi kurang lebih 3 minggu. Sementara sistem otomatis pengerjaannya diprediksi memakan waktu 6 minggu atau 1,5 bulan.

Inovasi Kecap Bango Menggarap Pasar Kecap Kemasan
Kecap Bango terus melakukan iovasi produk untuk menggarap pasar kecap kemasan dengan meluncurakan Bango Kecap Manis Pedas Gurih. Kabar gembira bagi para penikmat kelezatan Kecap Bango, kini Bango Kec
Read More
Cinemax Wave Polytron Miliki Fitur Soundwave Berteknologi Baru
Bertempat di Gandaria City, Jakarta, 26 April 2016, PT Hartono Istana Teknologi dengan brand-nya yang bernama Polytron ikut memeriahkan peluncuran premier laga Captain America “Civil War”.
Read More
HIGO Memudahkan User Membaca Majalah Melalui Smartphone
Perkembangan teknologi khususnya pada ponsel pintar semakin memudahkan seseorang dalam melakukan banyak kegiatan termasuk mengubah gaya hidup saat ini. Hal ini yang coba diberikan oleh HIGO, sebuah ap
Read More
Jamkrindo Luncurkan Unit Mobil Layanan Penjaminan Untuk UMKM
Secara resmi Jamkrindo meluncurkan unit mobil layanan penjaminan untuk meningkatkan layananan kepada masyarakat, terutama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk penjaminan kredit. Da
Read More