Oka Kauripan, Segala Rintangan Pasti Ada Jalan Keluarnya

Oka Kauripan adalah Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, yang berperan terhadap pengembangan franchise LJ Hooker di Indonesia. Ia bertugas memimpin tim support franchise yang terdiri dari training, business development, franchise sopport, promosi dan project marketing.

Ia juga harus memastikan 800 marketing, 250 staf dan 54 franchisee dapat bersinergi dengan baik sehingga membuahkan hasil yang maksimal. Dengan posisinya itu, Oka bertanggung jawab terhadap pengembangan jaringan waralaba LJ Hooker di Indonesia. Memastikan penambahan jumlah outlet baru dan marketing yang bertambah, serta memastikan target penjualan tercapai melalui penerapan strategi franchise support dan growth dengan baik.

Di masa pememimpinannya, LJ Hooker sukses meraih fastest growing network award. Dimana dari 19 kantor dalam 1 tahun LJ Hooker bisa tumbuh menjadi 40 kantor. Menjadi Top Of Mind untuk bisnis waralaba properti di Indonesia, serta mampu meraih penghargaan Golden Property Award sebagai best service agent dan customer favorite award.

Lalu apa rahasia suksesnya? “Setiap hari melakukan apa yang kita bisa sebaik baiknya. Segala rintangan pasti ada jalan keluarnya,” kata pria yang hobi traveling dan baca buku itu. Oka Kauripan, bergabung di LJ Hooker sejak 2001, bergeser tidak jauh dari profesi sebelumnya yaitu di sektor perhotelan dan marketing serta developer.

Ketertarikkannya di dunia properti karena menurut Sarjana Bisnis Internasional dan Pemasaran digital dari Curtin University Australia ini, properti menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. “Bisnis properti istilahnya tidak ada matinya. Setiap orang butuh properti dan prospek pertumbuhan di Indonesia sangat luas,” kata Oka.

16 tahun sudah bersama keluarga besar LJ Hooker Indonesia, dan ia pun merasakan banyak pengalaman berkesan. Seperti kekompakan, loyalitas, kekeluargaan dari seluruh franchise, marketing, dan staff. Dari sekian banyak kesan itu, perjalanan LJ Hooker di Indonesia menurut Oka bukan tanpa tantangan. Yang terberat menurutnya adalah edukasi masyarakat akan pentingnya agen properti.

“Dimana kita harus menjelaskan bahwa broker tidak sekedar makelar berijasah tapi sungguh-sungguh dapat membantu klien dengan pengalaman, jaringan dan kepiawaianya. Dan tentu edukasi internal kepada marketing dan pengelola kantor karena bisnis agen adalah bisnis jasa. Yang selau perlu di motivasi dan didorong memiliki semangat entreprenur. Sukanya adalah pertumbuhan luar biasa LJ Hooker di Indonesia daan persahabatan yang terbangun,” tutup Oka.

Julhan Sifadi

 

Deborah Kartika Sari Ingin Memiliki Kebebasan Waktu
Mengawali kariernya sebagai Export Marketing di sebuah perusahaan swasta, Deborah Kartika Sari, memilih hengkang setelah bekerja selama setahun. Ia memilih menggeluti bisnis sendiri karena telah menik
Read More
Ghita Nafeeza, Kegigihan Yang Membuahkan Hasil
Awalnya wanita bernama lengkap Githa Nafeeza adalah sebagai pembawa acara di beberapa stasiun televisi nasional. Namun seiring berjalannya waktu, ia banting stir meninggalkan dunia media dan terjun me
Read More
Candra Dauna Utama, Kegagalan itu Biasa, Lekas Bangkit Saja
Dalam dunia bisnis, segala sesuatunya harus diperhitungkan. Jika salah mengambil langkah, alih-alih untung yang ada malah buntung. Tapi terkadang, naluri bisnis sudah cukup untuk menjadikan seseorang
Read More
Darin Nasywa Alia, Punya Bisnis Sendiri di Usia 10 Tahun
Kebanyakan anak seusianya lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi Darin Nasywa Alia, lebih memilih berbisnis. Di usianya yang memasuki 10 tahun, Darin, panggilan akrabnya memilih me
Read More