Kedai Sosis Propie, Pionir Sosis Bakar Berkonsep Food Truck Yang Tetap Eksis

 

Satu lagi tawaran peluang bisnis sosis bakar dari Bekasi yang tengah tren dan naik daun. Mengusung konsep Food Truck, bisnisnya tengah diminati banyak konsumen. Seperti apa peluang bisnisnya?

Camilan inovasi seperti sosis bakar sudah jamak ditemukan di berbagai tempat. Biasanya jajanan ini dijajakan di booth-booth di pinggir jalan atau di depan minimarket. Harga jualnya yang murah meriah serta rasanya yang nikmat dengan baluran saus aneka rasa, membuat banyak orang tertarik berbisnis sosis bakar.

Salah satunya adalah Provie Setia Gunadi. Ia mendirikan usaha sosis bakar dengan merek Kedai Sosis Propie di 2013. Memulai usaha dari Bekasi, Jawa Barat, ia mulai menawarkan kemitraan setelah tiga tahun beroperasi. Melihat antusiasme konsumen yang baik, Provie pun menawarkan franchise awal tahun ini.

Kelebihan produk Kedai Sosis Propie menurut Propie terletak pada bahan baku sosis yang bebas pengawet. Dia juga menjual menu lain sebagai pelengkap seperti bakso dan otak-otak, Sate Taichan dengan saus home made khas Kedai Sosis Propie. Saat ini Propie telah memiliki 4 gerai milik pusat yang tersebar di Bekasi.

Kedai Sosis Propie menawarkan beragam varian sosis daging sapi berbagai ukuran. Penyuguhannya ada yang dibakar dan digoreng. Selain sosis, Propi juga menawarkan menu lain seperti mie goreng pedas, bubur ayam, es sarang burung dan lainnya. "Tapi menu andalan tetap sosis bakar. Nanti mitra juga saya bebaskan jika ingin berjualan menu di luar sosis," ujarnya.

Ia mengklaim, sosis buatannya punya citarasa saus yang berbeda dari camilan sosis kebanyakan. Terdapat dua saus andalan hasil racikannya, yakni saus barberque dan saus pedas manis. Semua menu di Kedai Sosis Propie dibanderol mulai Rp 5.000-Rp 25.000.

Ada 3 paket investasi yang ditawarkan Kedai Sosis Propie, yakni paket booth Rp 30 juta, paket gerai Rp 120 juta, dan untuk food truck nya senilai Rp 160 juta.adapun kontrak kerja sama yang diterapkan di Kedai Sosis Propie untuk konsep food truck selama 3 tahun, sedangkan untuk booth 1 tahun, kalau ruko/gerai selama 2 tahun. “Pihak pusat akan memberi dukungan promosi online,” kata Provie.

Menurut Provie, perbedaan paket booth dan gerai terletak pada jumlah kelengkapan peralatan usaha yang didapat mitra. "Kalau konsep food truck kami sediakan dari armada hingga desain, sehingga para mitra sudah siap untuk berjualan," kata Provie.

Provie tidak memungut biaya royalti dan mitra usaha tidak wajib menggunakan nama Kedai Sosis Propie. Namun, mitra cukup membeli bahan baku secara rutin dari pusat. Dalam sehari, calon mitra dapat mengantongi omset senilai Rp 2-3 juta.

Provie menargetkan para mitra bisnis  Kedai Sosis Propie bisa mencapai BEP dalam kurun waktu 12 bulan. “Rata-rata omzet mencapai Rp 60 juta-Rp 90 juta. "Saat akhir pekan, bisa dua kali lipat," ujarnya 

Untuk memaksimalkan omzet bisnis, menurut Provie mitra bisnis bisa memindahkan gerai Kedai Sosis Propie seteleh mempertimbangkan kondisi lokasi dan waktu. Misal pagi di perumahan, siang di sekolah, sore di daerah dengan fasilitas olah raga. Jadi bisa menjangkau semua segmen.

Alvin Pratama     

Dunia Susu Toko Susu Berkonsep Minimarket yang Kebal Krisis
Mengusung konsep minimarket dan menawarkan harga jual yang ekonomis, Dunia Susu tetap eksis hingga kini. Peluang bisnisnya pun diminati banyak investor.  Salah satu bisnis yang relatif stabil da
Read More
Bebek Kremes Isabella, Gurihnya Peluang Bisnis Bebek dari Jogja
Beberapa tahun terakhir kuliner bebek sedang banyak digandrungi masyarakat. Buktinya, kedai makanan yang menyajikan bebek semakin menjamur di beberapa sudut daerah. Beberapa kedai bebek membuka cabnag
Read More
Rasa Autentik Singapura dengan Sentuhan Lokal
Ice Cream dengan cita rasa khas Singapura kian menonjolkan eksistensinya. Seperti bisnis ice cream yang digagas pesinetron muda Parvez Ghoman ini. Seperti apa peluang bisnisnya? Produk makanan pencu
Read More
Resep Taiwan dengan Investasi Murah
Bubble tea memang sudah familiar ditelinga masyarakat Indonesia saat ini. Minuman jenis ini dipopulerkan oleh negara Taiwan yang sempat booming di Indonesia pada tahun 2013 hingga 2014. Sampai saat in
Read More