Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru

Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi menciptakan komunitas di usia mereka.

Begitupula di industri franchise. Trend-trend baru pun bermunculan. Demikian juga strategi-strategi baru tentunya. Strategi model bisnis “franchisor operator” banyak diterapkan sebagai kombinasi jumlah franchisee untuk mencapai target bisnis. Bagaimana menyikapi hal ini agar bisnis Anda tetap terus bersaing dan mengungguli mereka?

Beberapa artikel terdahulu sudah diketengahkan kriteria-kriteria bagaimana memilih lokasi, baik di kota-kota besar, menengah maupun kota kecil. Jangan kawatir dengan lokasi lama Anda. Lokasi yang sudah Anda pilih, dimanapun lokasi Anda. Jika Anda menerapkan strategi pemasaran ini maka Anda tidak kalah dengan pesaing dan mencapai sukses. Marketing adalah nyawanya bisnis, kombinasikan strategi marketing ini dengan lokasi Anda.

Banyak marketer sukses memiliki strategi namun yang paling sukses adalah dengan strategi storyteller. Menurut Seth Godin, All succesful Marketers tell stories.

Ceritakanlah hal-hal menarik tentang bisnis Anda. Misalnya Pengalaman Anda mengapa Anda memilih lokasi di mana Anda berjualan. Temukan cerita nyata yang menarik dan autentik tentang lokasi Anda. Carilah tahu dari pemilik lama atau orang-orang sekitarnya tentang lokasi Anda. Dan rangkailah cerita tentang lokasi Anda itu dengan menarik. Kaitkan dengan visi dan misi, serta produk yang Anda jual.

Cerita mengenai lokasi yang hebat itu cerita yang halus, yang tidak direct dan terkesan pushy menjual produk Anda. Buatlah cerita yang halus yang membuat pelanggan Anda yang mengambil keputusan. Cerita yang hebat yang relevan dengan lokasi Anda dan apa yang dicari pelanggan pada umumnya. Cerita yang relevan dengan harapan-harapan mereka.

Cerita yang hebat bisa menghubungkan tentang lokasi Anda dengan akal pikiran pelanggan, bukan logikanya. Akan tetapi jangan cerita tentang mitos. Kuncinya jangan berusaha membuat cerita yang akan menyenangkan semua orang. Targetkan disukai oleh orang-orang tertentu dan biarkan mereka menyebarkanya.

Buatlah lokasi Anda sinergi dengan cerita yang akan Anda buat. Sinergi antara menu dengan lokasi itu sendiri. Cerita terbaik adalah cerita yang sesuai dengan apa yang pelanggan percayai, yang membuat mereka merasa bertambah cerdas, pintar dan aman. Cerita yang membuat mereka merasa nyaman dan aman jika berkunjung ke lokasi Anda. Hindari cerita-cerita model telemarketer yang akan membuat mereka merasa sebaliknya.

Sebagai contoh lokasi yang bercerita hebat seperti Resto Koenokoeni di Semarang. Pesan ceritanya sangat kuat, dengan ke autentikan yang selaras antara lokasi, produk/menu. Cerita yang make a sense yang membuat pelanggan tidak hanya akan mendapatkan sajian menu spsial, lezat namun juga merasa aman, nyaman dengan pemandangan kota Semarang dari atas bukit. Yang lebih strong dari itu pesan yang ditimbulkan adalah unik nostalgik. Pengunjung bisa bersantap dengan suasana neunikan dan bernostalgia ke masa lalu dengan melihat interior dan barang-barang yang dipajang di sana.

Gunakanlah strategi marketing yang paling ampuh ini. Nyawa sebuah bisnis adalah marketing. Apa itu sebenarnya marketing? Marketing adalah tentang menyebarkan ide-ide, dan menyebarkan ide adalah satu hal yang paling penting sebagai hasil utama peradaban manusia. Maka manfaatkanlah lokasi Anda sebagai alat marketing yang ampuh.

Untuk itu gunakanlah lokasi Anda sebagai cerita. Berceritalah melalui lokasi yang Anda miliki. Melalui keselarasan design, interior, menu, lantai, dinding/tembok, karyawan, seragam, furniture dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan calon pelanggan Anda.

Semoga selalu sukses dan berbahagia.

Ery Prasetyawan.

Pt. Infiniti Teo

Eryp2000@gmail.com

             

 

 

 

Kunci Sukses Top Editor’s Choice Franchise Dalam Memilih Lokasi
Sudah banyak pelaku bisnis mengetahui bahwa memilih lokasi adalah sesuatu yang penting. Bahkan sangat penting. Pengetahuan, pemahaman dan tips-tips sudah dipelajari secara seksama. Melaksanakan sesuai
Read More
Lokasi Mall – Pusat Perbelanjaan VS Lokasi Independent
Meletakan lokasi gerai adalah salah satu keputusan yang paling penting. Apakah itu gerai baru atau gerai kedua atau sewa gerai pas habis untuk segera diperbaharui atau pindah lokasi. Bagaimana menentu
Read More
Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil
Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil Pembaca kami yang setia dan selalu happy, Anda tentunya sudah membaca artikel di edisi sebelumya mengenai keuntungan-keuntungan membuka us
Read More
Location = Franchise Best To Invest
Setelah Anda menentukan jenis franchise dan produk apa yang akan Anda jalankan, hal apa lagi yang menentukan keberhasilan fanchise Anda? Memilih lokasi. Ya memilih lokasi yang best invest akan menjadi
Read More