Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis Dengan Aplikasi Mobile

Strategi bisnis setiap tahun selalu dinamis dan berkembang, salah satu kunci sukses agar dapat bertahan saat menjalankan bisnis dan mampu berkembang dengan menghadapi kecepatan perubahan dunia teknologi adalah melakukan penyesuaian dan mengikuti tren yang sedang berlaku di pasar.

Salah satu perubahan yang sedang terjadi adalah semakin menjamurnya para pebisnis dalam memanfaatkan aplikasi mobile pada smartphone dalam melakukan strategi marketing dan branding. Dan penggunaan aplikasi mobile telah mengubah cara para pebisnis ketika berhubungan dengan pelanggannya.

Laporan terbaru menyatakan bahwa akan terdapat dua miliar pengguna smartphone aktif di seluruh dunia pada tahun 2016. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pertumbuhan terbesar, di bawah China dan India. Tiga negara ini secara kolektif akan menambah lebih dari 400 juta pengguna smartphone dari 2014 baru hingga 2018.

Indonesia akan melampaui 100 juta pengguna smartphone aktif pada tahun 2018, menjadikannya negara dengan populasi pengguna smartphone terbesar keempat di dunia (setelah China, India, dan Amerika Serikat). Masuknya smartphone di Indonesia menjadi isyarat baik untuk pertumbuhan e-commerce, yang sebagian besar diakses melalui gadget.

Berdasarkan laporan terakhir, jumlah pengguna smartphone di Indonesia tahun 2016 berjumlah 70 juta dan akan melampaui Brazil – negara berkembang lainnya yang juga memiliki demografi penduduk di usia muda yang cukup besar, namun Indonesia berakselerasi melampaui Brazil mulai tahun depan dan seterusnya.

Kini semakin banyak perusahaan melakukan proses pengembangan dibisnisnya dengan menggunakan aplikasi mobile, agar menjadikan hidup pelanggan mereka menjadi lebih mudah dan menjalin hubungan yang lebih dekat serta dapat dimanfaatkan perusahaan untuk membangun brand awareness.

Tetapi bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan aplikasi mobile untuk meningkatkan omsetnya Sebelum melakukan strategi penggunaan aplikasi mobile untuk peningkatan omset, ada baiknya anda lebih dahulu mengetahui cara kerja penggunaan aplikasi mobile, berikut ini ada tiga tahapan yang perlu anda ketahui dan lakukan :

Lakukan riset pada aplikasi-aplikasi populer, apakah itu di Facebook, Twitter maupun Instagram untuk mendapatkan data yang akurat dari (calon) pelanggan anda Pengguna Aplikasi, siapa saja pengguna dari produk atau jasa anda, dalam hal demografi, seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan dll Kebiasaan Pengguna Aplikasi, apa saja yang sering dilakukan oleh pengguna aplikasi mobile, misalkan para Gen Y sebagai pengguna Instagram untuk menempatkan katalog. Apabila Anda telah melakukan ketiga hal diatas maka akan mempermudah untuk membuat strategi dan rencana pemasaran yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Terdapat 7 Cara bagaimana aplikasi mobile dapat meningkatkan omset bisnis anda:

Tambahan Peluang Penjualan Ketika pelanggan mengunduh aplikasi mobile anda di smartphone mereka, secara otomatis akan menciptakan keterlibatan/keterlekatan (engagement) baru dari pelanggan dengan bisnis anda dan terciptalah peluang penjualan di bisnis anda. Keterlibatan pelanggan dengan binis Anda melalui aplikasi mobile dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, seperti ketika mereka sedang menunggu kedatangan kereta api atau transportasi umum.

Pengumpulan Data Bisnis online dapat dengan mudah menelusuri secara personal pembelanjaan online dan kebiasaan pelanggan ketika melakukan pencarian. Apa yang menarik buat konsumen dan apa yang tidak mereka suka? Dimana tepatnya toko online yang pelanggan kunjungi dan apa yang mereka lakukan disana? Data pelanggan telah menjadi aset terbesar pada bisnis online, dan bisnis anda akan lebih sukses apabila dapat memanfaatkan data pelanggan secara benar dan tepat ketika berinteraksi pada konsumen yang tepat. Ini juga dapat meningkatkan proses bisnis dan strategi pemasaran

Kirimkan Pesan Notifikasi yang Interaktif Apa yang anda lakukan agar pembeli datang ? Dengan berkomunikasi kepada mereka. Anda benar, semakin cepat dan efektif komunikasi anda, semakin besar peluang konsumen akan datang. Pesan Notifikasi di dalam aplikasi mobile (Push Notification), adalah cara yang sangat efisien dan murah dalam mengkomunikasikan bisnis anda dengan pelanggan. Dengan menggunakan push notification, anda bisa mengirimkan promosi, penawaran special, diskon, atau program special langsung ke pelanggan dalam hitungan menit, dengan 97% tingkat efektivitasnya. Saat pelanggan membacanya, lalu membukanya, maka mereka dapat diarahkan langsung ke aplikasi mobile anda, apakah itu untuk membeli barang, atau mendapatkan voucher potongan harga. Hal ini akan memberikan daya dorong untuk melakukan interaksi dan berujung transaksi dengan bisnis anda. Berikan Penghargaan pada Pelanggan Setia Penghargaan, baik berupa hadiah, bonus maupun voucher adalah suatu metode yang sudah teruji waktu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat kepuasan pelanggan meningkat, maka pelanggan akan datang kembali lagi dan akan mereferensikan bisnis anda. Didukung dengan kecanggihan teknologi mobile, program kesetiaan pelanggan ini dapat diimplementasikan dengan mudah dan praktis. Bisnis tidak perlu lagi menyewa designer, mencetak kupon, dan melakukan pendataan. Semua sudah otomatis tersimpan dengan rapi, menarik dan interaktif di setiap aplikasi mobile pelanggan. Dengan program ini, anda dapat memberi penghargaan kepada pelanggan setia anda, dengan biaya, waktu dan usaha yang sangat minim.

Tawarkan Sistem Transaksi Mobile Ini adalah cara yang paling konkrit untuk menjadikan kasir anda semakin sibuk. 5 dari 10 pengakses internet di Indonesia, menggunakan Mobile gadget, dan hanya 2 orang mengaksesnya melalui PC di rumah. Pelanggan sudah mulai “Mobile”, dan apakah bisnis anda juga sudah “Mobile” ? Pemilik toko Online sekarang ini, belum lengkap jika tidak dilengkapi dengan versi Mobile-nya. Anda dapat membayangkan berapa besar potensi ekspansi pasar online anda, jika bisnis anda juga menawarkan sistem transaksi secara mobile. Untuk pelanggan setia anda, aplikasi mobile merupakan cara yang lumrah, praktis dan cepat untuk melakukan sebuah pembelian.

Kirimkan Undangan Dalam Bentuk Digital Tidak menjadi masalah apapun jenis bisnis anda ! jika anda ingin menyelenggarakan suatu event bisnis, maka akan lebih efisien dan efektif untuk menampilkannya di sebuah tempat, dimana orang bisa melihatnya. Menggunakan Event RSVPs, bisnis anda akan semakin efektif dalam mengorganisir kedatangan tamu, dan sekaligus sebagai wadah untuk berinteraksi dengan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang datang, semakin banyak interaksi dan foto-foto yang terpampang di dalam event itu, maka semakin meningkat daya tarik dari event tersebut, yang pada akhirnya adalah untuk mengoptimalkan apapun tujuan anda mengadakan event tersebut.

Mudahkan Bisnis Anda Melakukan Promosi Di dunia marketing tradisional promosi dari “Mulut ke Mulut” merupakan cara yang terbaik dan paling powerful. Begitu pula dunia online atau digital marketing, memiliki fungsi Referensi Sosial atau “Social Referrals” yang mirip. Semakin mudah bisnis anda disebarkan ke orang lain, semakin besar dampaknya pada jumlah penjualan bisnis anda. Aplikasi Mobile mengakomodir kemampuan untuk menyebarkan bisnis anda dengan hanya satu sentuhan saja, atau bahkan otomatis dengan sendirinya. Setiap aktivitas pelanggan di dalam aplikasi mobile anda, dapat di ketahui oleh kerabat dan teman-temannya. Ini adalah cara yang halus dan persuasif untuk memperbesar pasar anda. Dari semua cara tersebut diatas, Konsistensi adalah kata kuncinya agar bisnis anda dapat bertahan lama dan terus berkembang. Konsistensi dalam memberi nilai tambah dan manfaat pada pelanggan, konsistensi dalam memberikan layanan prima pada pelanggan dan konsistensi melakukan inovasi dan kreatifitas yang bertujuan untuk memenuhi bahkan melampaui keinginan dan kebutuhan pelanggan anda.

Tips Cara Membuat Perjanjian Franchise dan Business Opportunity
Dasar hukum dan syarat perjanjian terletak pada KUHP pasal 1338, yaitu: Semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang membuatnya. Sedangkan syarat sahnya s
Read More
Melindungi Merek Franchise Agar Bebas Sengketa
Dalam hidup ini terus muncul pertanyaan klasik yang selalu berulang dan bakal dijumpai oleh setiap pebisnis, misalkan: ingin membuat produk sendiri atau mengandalkan barang impor, kemudian uang yang s
Read More
Tips Mengelola Waralaba Gerobak
Dalam memasarkan usaha dengan bisnis model berupa gerobak secara waralaba, prinsip yang dipegang adalah sama seperti para Franchisor lainnya, yaitu “menjual” bisnis dengan target market adala
Read More
Bersaing dengan Brand Franchisor Global
Bila kita berbicara persaingan dengan brand Franchisor tingkat dunia, maka pertanyaan harus diajukan ke dalam diri perusahaan pemilik brand Franchisor lokal terlebih dulu. Seberapa siapkah human resou
Read More