Prambanan Kencana, Perusahaan Food Service yang Telah Hadir Sejak 1953

McDonalds, Dunkin Donuts, KFC, A&W, BreadTalk, Starbucks Coffee, Tous les Jours, Pizza Hut, Shangrila Jakarta, Four Seasons Hotels, adalah sebagian kecil dari merek-merek besar di negeri ini yang telah menggunakan jasa Prambanan Kencana. 

Perusahaan ini telah hadir sejak 1953, di Indonesia, dan telah berperan penting dalam tumbuh kembangnya industri makanan di Indonesia. Ia adalah pemegang lebih dari 70 prinsipal bahan baku makanan dunia yang masuk ke Indonesia. Mulai dari bahan baku roti dan kue, susu, minuman, buah-buahan kering dan kacang-kacangan, penganan, minyak, ceokelat, keju, jus, biskuit, cokelat powder, pasta, dan bahkan juga menyiapkan produk-produk grosir untuk toko bahan makanan. Merek-merek yang didistribusikan antara lain, Indomilk, Haan, Blue Diamond, Angel,Mariani,Rauch, Tsukuba, Fabbri, Westco, Sunny Gem, Ireks, Fondx, Barry Callebaut, Borges, Shoei, dan lain-lain.

“Seluruh produk kita lebih dari 2.000, khusus untuk bakery & pastry, kita support lengkap dari A sampai Z kita ada. Dan ini yang menjadi kekuatan kita termasuk dekorasinya seperti topping,” kata Homisah, Business Development Manager, Prambanan Kencana.

Dengan jumlah prinsipal yang banyak, harga produk yang ditawarkan Prambanan Kencana dapat dipastikan bersaing. Perusahaan ini dapat menjual produk dalam kapasitas kecil hingga besar untuk kelas industri. “70 hingga 80 persen kita kuat di food service jadi kalau market leader di food service itu pasti Prambanan,” papar Homisah.

Prambanan juga memiliki pusat produksi bekerjasama dengan Zealand Bakery,dan berafiliasi dengan empat perusahaan besar yaitu PT. Zealandia Indonesia, PT. Gandum Mas Kencana, PT.Calindo everbright International, dan PT.Pacific Lacto Jaya.

Selain merek-merek perusahaan franchise dalam dan luar negeri, mulai dari perhotelan, coffee shop, kafe, dan restoran, Prambanan Kencana juga telah bekerjasama dengan sejumlah retail moderen seperti Alfamart, All Fresh, Carrefour, Circle K, GrandLucky, Indomaret, Hypermart, 7Eleven, Family Mart, Hero, Ranch Market, Yogya Mart, Watsons, FoodHall, Superindo, Lotte Mart, Kem Chicks, Guardian, dan Diamond Supermarket untuk penjualan produknya.

Sementara untuk kelas industri, ia telah lama bermitra dengan ABC, Arnotts, Diamond, Garudafood, IFF, Indofood, Khong Guan, Nestle, Siantar Top, Nutrifood, Simba, Pokphand, Givaudan, Bernardi, Campina, Kino, Mayora, Sari Roti, dan UBM.

Bisnis ini diperkuat pula dengan sistem distribusinya ke seluruh Indonesia. Ia memiliki 9 kantor cabang untuk mendukung pendistribusian produk-produknya, dan Lebih dari 20 kota telah memiliki sub distributor mitra di sejumlah kota kecil di Indonesia. Kantor cabang Prambanan Kencana ada di Bali, Bandung, Jakarta, Makassar, Palembang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Selain mendistribusikan produk, ia juga aktif memberikan pelatihan dan pengembangan terkait pengolahan bahan baku yang didistribusikan.

“Dari bahan baku itu, bisa jadi apa saja nanti, dan bisa dikembangkan menjadi produk apa saja, itu kita bisa latih mitra. Kita punya tim untuk membuat demo atau aplikasi termasuk membantu develop aplikasi setiap produk baru. Tetapi disesuaikan dengan market Indonesia,” terang Homisah.

Julhan Sifadi

Mengulas Kemampuan Layanan Terbaru Indosat Ooredoo
Baru-baru ini Indosat memperkenalkan layanan berbasis solusi yang digadang-gadang dapat mendukung pelanggan untuk megeksploraasi sumber pendapatan baru, optimalisasi biaya, dan kemudahan interaksi.
Read More
Lenovo VIBE K5 Plus Hadir Kembali dengan RAM 3 GB
Lenovo kembali menambah varian baru smartphone anyarnya di pasar Indonesia dengan meluncurkan Lenovo Vibe K5 Plus. Meskipun seri serupa dengan seri sebelumnya, kali ini varian yang diperkenalkan merup
Read More
Rakuten, Menyasar Bisnis Mikro Melalui Program MicroB
Sebagai salah satu situs belanja online terbesar di dunia, Rakuten Belanja Online terus melakukan berbagai inovasi atau terobosan untuk menggaet pelanggan. Di Indonesia, Rakuten meluncurkan program Mi
Read More
Cuisinart, Supplier Hand Blender Yang Cocok Untuk Pebisnis Food & Beverages
Equipment blender asal Amerika ini di Indonesia tengah menyasar para pebisnis kuliner. Blender ini cocok untuk pebisnis waralaba yang bergeak di sektor F&B karena sudah teruji dari segi keamanan dan p
Read More