Megah Sari, Supplier Saus Sambal yang Sudah Diakui di Luar Negeri

Produsen spesialis saus sambal ini sudah ada sejak 1980. Produknya banyak digunakan pelaku bisnis Hotel, Restoran ternama serta produsen fast food. Produknya tentu cocok untuk pelaku waralaba. 

Berawal dari hobinya meracik bumbu sambal, Howardi Kartono atau yang akrab dipanggil Pak Ho resmi membangun PT Megahsari Howardi pada 1988 untuk memenuhi tingginya permintaan produk sambal Megah SariSejak saat itu, sambal Megah Sari semakin dikenal luas karena keunikan citarasanya yang dihasilkan oleh perpaduan seimbang komposisi rempah-rempah dan cabai asli.

Pada perkembangannya, hanya dalam waktu kurang satu tahun, langkah strategis tersebut berhasil memperluas pangsa pasar produk Megah Sari. Produknya sudah ekspor ke negara Amerika, Kanada, Netherland, Australia, China, Taiwan, Hong kong, Arab Saudi.

Menyadari adanya potensi yang besar Megah Sari, maka pada 2006 PT Sparindo Food mengakuisisi perusahaan ini. Pada perkembangannya, hanya dalam waktu kurang setahun, langkah strategis tersebut berhasil memperluas pangsa pasar produk Megah Sari.

Selain sudah menjadi produk andalan di pasaran ekspor, pada tahun 2008, PT. Sparindo Food melebarkan sayap dan melakukan ekspansi dengan fokus pasaran JABODETABEK. PT. Sparindo Food memiliki kantor cabang di Bogor untuk pasaran Bogor dan Sukabumi, kantor cabang Jakarta untuk wilayah DKI Jakarta.

“Kami melakukan pembenahan internal dari manajemen perusahaan, pembentukan tim R&D untuk penyempurnaan formula, pengembangan metode pengolahan bahan baku, hingga pembentukan tim sales untuk penetrasi market lokal di area Jabodetabek,” kata Jenlien, Marketing Communication Executive Megah Sari.

Adapun produk yang dipasarkan Megah Sari antara lain Saos Sambal Asli, Saos Tomat, Sambal Bakso, Sambal Balado, Sambal Uleg, Sambal Padang, Sambal Petai, Sambal Terasi, Sambal Bajak. Positioning brand Sambal Megah Sari berdasarkan kualitas pada kelas brand-brand saos sambal yang dikenal masyarakat luas sebagai produk berkualitas dan mahal. “Namun harga yang kami tawarkan berada pada posisi di bawah harga brand-brand atas tersebut,” ujar Jenlien.

Setelah melakukan pembenahan di berbagai area beberapa tahun belakangan ini, Megah Sari mengalami peningkatan signifikan tidak hanya pada kualitas produk, tapi juga sistem kerja sehingga Megah Sari dipercaya untuk melayani pembuatan saus sambal yang mengusung brand klien Megah Sari, di antaranya adalah brand L-Choice milik Lotte Wholesale dan saos sambal Giant Fried Chicken. “Kami tidak mungkin dapat menjalin kemitraan dengan kedua perusahaan ritel besar ini bila kualitas kami tidak sesuai standar mereka,” terang Jenlien.

Melihat banyaknya saos murah yang beredar di pasaran membuat Megah Sari prohatin, karena itu, kata Jenline, tim R&D Megah Sari menciptakan formula saos sambal baru yang pada tahun 2014 akhir. “Kami luncurkan dengan brand Hot-1 untuk menyasar segmen kelas menengah. Harganya jauh di bawah Sambal Megah Sari namun sedikit di atas harga sambal murah. Kami tidak bisa melanggar komitmen kami yaitu memberikan hanya produk terbaik bagi masyarakat dengan melakukan kompromi terhadap bahan baku yang dapat mengancam kesehatan konsumen demi harga murah,” paparnya.

Dijelaskan, Megah Sari melakukan promosi yang ada dengan cara konvensional dan melalui digital marketing. Cara konvensional mencakup direct selling oleh SPG, extra discount, program bonus produk gratis hingga program berhadiah. Digital marketing pertama yang dilakukan Megah Sari adalah membuat website perusahaan: www.sambalku.com dan akun social media facebook, instagram, twitter dan path. “Selain direct selling yang konvensional, kami juga menjual produk kami secara online melalui tokopedia,” pungkas Jenlien.

 

SOSSEZHIS, Suplair Sosis Yang Sudah Terpercaya di Semua Kalangan
Saat ini masyarakat sudah semakin cerdas dan sadar untuk mendapatkan produk yang sehat dan berkualitas. SOSSEZHIS sadar betul,  mereka pun membuat produk sosis terbaik yang dapat diterima kalanga
Read More
BTPN dan AFI Berkolaborasi untuk Membangun Ekonomi Indonesia
Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Tbk, bersama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) kembali menginsipirasi para pelaku usaha untuk menjadi tuan rumah dinegeri sendiri.  Kolaborasi antara AF
Read More
PT Sahara Bogatama Indonesia, Produknya Banyak Digunakan UKM dan Franchise Kuliner
PT Sahara Bogatama Indonesia Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan Daging Kebab Sapi, Kambing dan Ayam. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2007 ini telah berkomitmen untuk mengola
Read More
Lenovo Luncurkan Laptop Konvertibel dan Portable
Lenovo kembali mengumumkan kehadiran jajaran produk Lenovo Yoga multimode di Indonesia. Jajaran produk YOGA terbaru berbasis Intel, yaitu YOGA 3 Pro dan YOGA tablet 2. Dua produk tersebut memungkinkan
Read More