Darmadi Darmawangsa, Pria Dibalik Kesuksesan Broker Property Asal Amerika

Sudah 20 tahun pria bernama lengkap Darmadi Darmawangsa eksis di dunia properti Indonesia. Memulai kariernya di PT Intiland Development Tbk, waktu itu ia memegang proyek Surabaya dan Jakarta.

Awalnya Ia mencoba di dunia proyek karena kebetulan sewaktu kuliah mengambil jurusan teknik sipil. Setelah menyelesaikan studinya ia berkesempatan mencoba peruntungan di Marketing Properti ERA. Ia mempelajari bagaimana caranya memasarkan properti. Kesempatan ini pun menjadi awal kariernya hingga menjadi saat ini.

Tahun 1999, karierya pun melonjak drastis. Saat itu ia diberi amanat oleh perusahaan di mana ia bekerja dengan menjabat sebagai General Manager Marketing sampai akhirnya menjadi President Director ERA Indonesia.

Tidak terasa, perjalanan Darmadi bersama ERA tidak sudah menginjak 17 tahun. Ia pun banyak mengalami suka duka. Ketika tahun 1998 krisis moneter, semua karyawan bahu membahu untuk bertahan sampai gaji pun tertunda namun ia percaya perusahaannya akan melewati krisis bersama-sama.

Ketika krisis moneter, kata dia, semua pihak merasakan turunnya harga properti. Kondisi seperti ini yang direspon oleh para broker, di mana terjadi revisi harga dan broker juga bisa mencoba menjembatani antara pembeli dan penjual. “Kami tidak ingin tercipta kondisi dimana harga jual properti menurun drastis dan merugikan pemilik,” tuturnya.

Lalu bagaimana mengatasi itu semua? “Salah satu cara lainnya adalah dengan edukasi yang baik dalam berinvestasi properti atau mempersiapkan bantuan dana kepemilikan rumah yang kami berkerja sama dengan 23 rekanan Bank,” jawabnya.          

ERA pun mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesat dari tahun ke tahun. Darmadi optimis pasar Properti merupakan sebuah bisnis yang tidak akan pernah sepi karena selain salah satu bisnis yang memenuhi kebutuhan dasar, broker properti juga akan terus tumbuh karena pemenuhan jasa yang kian hari kian dicari.

“ERA merupakan pelopor broker di Indonesia, dengan pengalaman 24 tahun, kami dapat membantu para pemula yang baru membangun bisnis broker dalam menghadapi berbagai masalah di lapangan,” ujar pria kelahiran Makassar, 29 September ini.

Darmadi merasakan, persaingan saat ini semakin kompleks dan juga pilihan bisnis Franchise semakin banyak. Ia terus memperbaiki kualitas dan pelayanan. Salah satunya dengan meningkatkan teknologi yang dapat menjadi satu keunggulan ERA seperti halnya pengadaan Aplikasi di handphone baik untuk Team ERA dan masyarakat.

Kedepan, kata dia, ERA terus memperkuat diri dan brand ERA yang merupakan brand telah dikenal masyarakat umum di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan brand ERA merupakan brand unggulan yang dicari banyak investor untuk menjalankan bisnis franchise.

Kini, lanjut Darmadi, masyarakat (khususnya di kota besar) sudah semakin banyak yang paham fungsi broker dan mereka membutuhkan broker sehingga profesi broker pun semakin dicari, “hal ini pun membuat bisnis Franchise real estate semakin dilirik,” pungkasnya.

Alvin Pratama

 

Selvie Susanthi, Pegawai Swasta Yang Banting Stir Geluti Usaha Kuliner
Bagi wanita kelahiran Jakarta, 2 Oktober 1976 ini, belajar berbisnis adalah hal yang mudah. Ia pun memiliki trik tersendiri untuk terjun ke dunia bisnis. Salah satunya dengan cara menggali informasi-i
Read More
Penggagas Franchise di AJBS Group
Wanita cantik pemilik nama Indriani Suhartono ini adalah generasi ketiga, penerus salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang trading mur dan baut di Surabaya, yaitu AJBS Group. Putri pert
Read More
Dini Novita, Srikandi Dibalik Suksesnya Fun Science Indonesia
Paras cantik dengan senyum manis yang terbungkus rapi dengan hijab berwarna cream, melahirkan decak kagum siapa saja yang melihatnya. Bukan hanya karena kecantikannya, tetapi amanah yang diembannya.
Read More
Muhammad Khori AR , Selalu Sisihkan Laba untuk Kepentingan Sosial
Muhammad Khori AR adalah pemilik travel umrah Nurrahma Aulia Abadi (NAA) Wisata. Pria berusia 32 tahun yang karib disapa Ari ini bisa dibilang sukses mengembangkan usaha travel umroh. Dalam bebisnis,
Read More