Darmadi Darmawangsa, Pria Dibalik Kesuksesan Broker Property Asal Amerika

Sudah 20 tahun pria bernama lengkap Darmadi Darmawangsa eksis di dunia properti Indonesia. Memulai kariernya di PT Intiland Development Tbk, waktu itu ia memegang proyek Surabaya dan Jakarta.

Awalnya Ia mencoba di dunia proyek karena kebetulan sewaktu kuliah mengambil jurusan teknik sipil. Setelah menyelesaikan studinya ia berkesempatan mencoba peruntungan di Marketing Properti ERA. Ia mempelajari bagaimana caranya memasarkan properti. Kesempatan ini pun menjadi awal kariernya hingga menjadi saat ini.

Tahun 1999, karierya pun melonjak drastis. Saat itu ia diberi amanat oleh perusahaan di mana ia bekerja dengan menjabat sebagai General Manager Marketing sampai akhirnya menjadi President Director ERA Indonesia.

Tidak terasa, perjalanan Darmadi bersama ERA tidak sudah menginjak 17 tahun. Ia pun banyak mengalami suka duka. Ketika tahun 1998 krisis moneter, semua karyawan bahu membahu untuk bertahan sampai gaji pun tertunda namun ia percaya perusahaannya akan melewati krisis bersama-sama.

Ketika krisis moneter, kata dia, semua pihak merasakan turunnya harga properti. Kondisi seperti ini yang direspon oleh para broker, di mana terjadi revisi harga dan broker juga bisa mencoba menjembatani antara pembeli dan penjual. “Kami tidak ingin tercipta kondisi dimana harga jual properti menurun drastis dan merugikan pemilik,” tuturnya.

Lalu bagaimana mengatasi itu semua? “Salah satu cara lainnya adalah dengan edukasi yang baik dalam berinvestasi properti atau mempersiapkan bantuan dana kepemilikan rumah yang kami berkerja sama dengan 23 rekanan Bank,” jawabnya.          

ERA pun mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesat dari tahun ke tahun. Darmadi optimis pasar Properti merupakan sebuah bisnis yang tidak akan pernah sepi karena selain salah satu bisnis yang memenuhi kebutuhan dasar, broker properti juga akan terus tumbuh karena pemenuhan jasa yang kian hari kian dicari.

“ERA merupakan pelopor broker di Indonesia, dengan pengalaman 24 tahun, kami dapat membantu para pemula yang baru membangun bisnis broker dalam menghadapi berbagai masalah di lapangan,” ujar pria kelahiran Makassar, 29 September ini.

Darmadi merasakan, persaingan saat ini semakin kompleks dan juga pilihan bisnis Franchise semakin banyak. Ia terus memperbaiki kualitas dan pelayanan. Salah satunya dengan meningkatkan teknologi yang dapat menjadi satu keunggulan ERA seperti halnya pengadaan Aplikasi di handphone baik untuk Team ERA dan masyarakat.

Kedepan, kata dia, ERA terus memperkuat diri dan brand ERA yang merupakan brand telah dikenal masyarakat umum di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan brand ERA merupakan brand unggulan yang dicari banyak investor untuk menjalankan bisnis franchise.

Kini, lanjut Darmadi, masyarakat (khususnya di kota besar) sudah semakin banyak yang paham fungsi broker dan mereka membutuhkan broker sehingga profesi broker pun semakin dicari, “hal ini pun membuat bisnis Franchise real estate semakin dilirik,” pungkasnya.

Alvin Pratama

 

Oka Kauripan, Segala Rintangan Pasti Ada Jalan Keluarnya
Oka Kauripan adalah Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, yang berperan terhadap pengembangan franchise LJ Hooker di Indonesia. Ia bertugas memimpin tim support franchise yang terdiri dari trainin
Read More
Pery Andiani Merasa Ikut Melestarikan Budaya Indonesia
Sejak bergabung dengan PT Cantika Puspa Pesona, atau yang lebih familiar dikenal Martha Tilaar Spa, Pery Andiani memang kerap tampil di balik layar sehingga jarang yang mengenalnya kecuali para franch
Read More
Yonathan Sebastian Liyanto, Berawal dari Kecintaan yang Membuahkan Hasil
Terlahir dari keluarga pebisnis membuat pria bernama lengkap Yonathan Sebastian Liyanto tidak bertahan lama bekerja di perusahaan. Beberapa jenis usaha sudah pernah ia geluti, mulai dari usaha toko se
Read More
Lim Fifi Anggreani, Jenuh Berkarier di Perbankan Tekuni Bisnis Spa Bayi
Bagi sebagian orang, berkarier di perusahaan perbankan merupakan suatu kebanggaan. Selain memiliki prospek karier dan gaji yang baik, kerja di bank juga sebuah prestige tersendiri, apalagi jika jabata
Read More