Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader

Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Harus melakukan inovasi yang kreatif agar memenangkan persaingan, mendapatkan dan menjaga pelangggan.

Menjadi Market Leader bukanlah pilihan namun keharusan. Jika tidak bisa menjadi Market Leader maka bisnis itu mulai sekarat, dying pelan-pelan dan akan mati. No other choice, Market Leader suatu yang tidak bisa ditawar dalam bisnis apapun, termasuk Frnchise Anda. Untuk itu perlu dipahami 5 hal tentang lokasi bisnis Anda yang dapat membuat usaha Franchise Anda terus menjadi Market Leader.

Menawarkan Sesuatu Yang Unik di Sekitar Lokasi Anda.

Temukan disekitar lokasi Anda apa yang unik dan bisa ditawarkan kepada calon pelanggan atau pelanggan. Anda bisa menawarkan komplimen barang atau jasa yang mudah ditemukan di lokasi Franchise Anda. Misalnya bisa bekerja sama dengan barbershop di sebalah atau sekitar lokasi Anda dengan pemberian voucher potongan harga barber jika membeli produk Franchise Anda sejumlah xx sampai batas waktu tertentu.

Bisa juga bekerja sama dengan toko sembako, kelontong, toko buku disekitar Lokasi Franchise Anda. Hitunglah biayanya, jangan sampai rugi. Jadilah unik yang sungguh-sungguh berbeda dari pesaing Anda. Keunikan itu justru karena memanfaatkan apa yang ada disekitar lokasi Anda.

Buatlah Lokasi Anda Lain Dari Yang Lain

Buatlah berbeda! Benar-benar berbeda. Bangkitkan rasa penasaran dan menarik perhatian akan Lokasi jualan Anda.

Bisa dengan menandai lokasi Anda dengan sign board yang unik. Tulisan yang menarik dan kreatif seperti Jogger atau Dagadu. Atau dengan menambah lampu-lampu yang lain daripada yang lain. Mengubah warna cat yang berbeda dari deretan toko kiri-kanan Anda. Jika deretan kiri kanan Anda warna putih, maka Anda warna ungu, kuning atau hijau. Jika memiliki budget yang banyak bisa juga memodifikasi atau menambah tampilan luar lokasi Franchise Anda. Sehingga toko Anda mencolok, berbeda dan sudah kelihatan dari kejauhan (ratusan meter).

Intinya buatlah orang menoleh, memperhatikan dan terkesan dengan lokasi Anda sehingga tergerak untuk mendatangi lokasi Anda karena penasaran.

Cepat Membuat Perubahan

Baik produk, aksesories, kerjasama barang dan jasa sebagai bonus atau discount yang unik disekitar lokasi Anda, sampai dengan warna cat, tambahan/modifikasi dan sebagaianya yang ada di point 1 dan 2 di atas buatlah sering berubah. Merotasi dari waktu kewaktu langkah 1 dan 2 itu agar megesankan dinamis, tidak membosankan dan selalu menarik karena ada penyegaran.

Ini akan menambah gairah dan rasa penasaran baik calon pelanggan maupun pelanggan lama. Untuk mencoba maupun terus membeli dari Anda. Jadikan Lokasi Binis Anda menyenangkan bagi orang banyak.

Puaskan Pelanggan Dengan Lokasi Anda.

Dinamis di atas tidak cukup memuaskan pelanggan. Yang perlu diperhatikan mintalah feedback pelanggan secara berkala, apakah mereka puas dengan lokasi Anda. Baik secara geografis, tampilan maupun kenyamanan lokasi Anda. Dengan meminta feedback ini maka Anda akan tahu, faktor-faktor apa yang membuat pelanggan puas dan tidak puas akan lokasi Anda.

Yang paling penting dengan meminta feedback atau masukan ini kepada pelanggan, mereka merasa diperhatikan dan dihargai sehigga senang dengan bisnis Anda.

Untuk bisa SELALU memuaskan pelanggan selalu lakukan tes dan ukur keberhasilan dan tingkat kepuasan Anda dengan survey, quesioner, feedback secara berkala dan terus-menerus.

Jadikan Lokasi Anda Tool Marketing

Pergunakanlah modalitas manusia yaitu, tulisan, gambar yang memenuhi kebutuhan orang-orang yang modalitasnya dominan visual; suara, musik untuk orang audiotory dan video, TV untuk yang kinestatis dan visual. Pilihlah salah satu atau beberapa hal di atas. Membuat papan bertuliskan hal yang baik dan menarik, kata-kata mutiara misalnya. Baliho, spanduk dan media marketing tulisan lain yang betul-betul berbeda dan unik.Atau musik dan suara yang menyenangkan. Atau video atau TV dengan tayangan yang relevan dan menarik banyak orang. Jadikan Lokasi Anda alat marketing yang unik dan kreatif.

Buatlah calon pelanggan dan pelanggan Anda penasaran dengan Lokasi Anda karena unik, lain dari yang lain. Membuat betul-betul lain dari yang lain, akan menjadikan Lokasi Anda sebagai alat marketing yang membuat penasaran, menyedot mereka untuk mendekat dan akhirnya membeli dan menjadi pelanggan Anda. Jadilah ambisius di dalam Mareketing. Gunakan Lokasi seambisius mungkin.

Semua langkah di atas memerlukan pengetahuan unik pula dan harus terus berkembang tak pernah henti. Agar dapat menjalankan ke 5 langkah di atas diperlukan pengembangan diri akan pengetahuan secara terus menerus. Karena bahan baku dari inovasi dan kreativitas adalah pengetahuan. Tidak memiliki pengetahuan bagaimana bisa inovatif dan kreatif?

Selamat Menikmati Perjalanan Menjadi Market Leader Dan Continous Learning.

Semoga Sukses Dan Bahagia Selalu,.

Ery Prasetyawan,

Penulis, Trainer dan Business Coach

Eryp2000@gmail.com

Infiniti Teo

 

 

Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit
Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha la
Read More
Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil
Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil Pembaca kami yang setia dan selalu happy, Anda tentunya sudah membaca artikel di edisi sebelumya mengenai keuntungan-keuntungan membuka us
Read More
Memilih Lokasi Yang Bagus untuk Usaha
Salah satu hal yang paling penting memulai start up bisnis adalah bagaimana memilih lokasi bisnis. Karena ini akan memengaruhi kesuksesan penjualan bisnis. Bisnis yang sukses pada dasarnya adalah yang
Read More
Location = Franchise Best To Invest
Setelah Anda menentukan jenis franchise dan produk apa yang akan Anda jalankan, hal apa lagi yang menentukan keberhasilan fanchise Anda? Memilih lokasi. Ya memilih lokasi yang best invest akan menjadi
Read More