ChoCoffeeTea, Memadukan Minuman Tea, Kopi dan Cokelat

Satu lagi peluang bisnis yang meramaikan industri waralaba F&B di Indonesia. Pendatang baru dari Yogyakarta ini tidak sekedar hadir, tapi juga menawarkan konsep bisnis yang menarik, yaitu menyajikan minuman coffee dengan aneka varian menu yang menarik.

Tidak hanya itu, Chocoffeetea diklaim sebagai gerai minuman satu-satunya di Indonesia yang menggabungkan 3 produk sekaligus yaitu choco, coffee dan tea. “Produk kami berbeda dengan waralaba minuman lainnya, karena dari tiga bahan dasar itu, bisa diolah 20-an varian rasa yang berbeda. Ramuannya dari bahan alami terbaik asli Indonesia, diolah secara higienis dan 100 persen halal,” kata Anas Happy Nasrullah, Marketing Supervisor ChoCoffeeTea.

Ia mengatakan, sejak diluncurkan pada Februari 2016 lalu, jangkauan pemasaran ChoCoffeeTea sudah merambah ke seluruh wilayah Indonesia. Peralatan dan bahan baku yang dipesan pelanggan, dikirim dari kantor pusat di Jalan KH Muhdi Nomor 100C, Nayan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Beberapa varian rasa yang digemari pelanggan diantaranya adalah vanilla latte, coffee caramel, greentea coffea, bubble gum, cappuccino, choco avocado, coffee durian, dan white coffee.

Anas mengatakan, peluang usaha minuman potensinya sangat besar karena target marketnya sangat luas. Harga pokok produksi (HPH) atau modalnya kecil, namun margin-nya tinggi sehingga waktu BEP (break event point/balik modal) relatif cepat. Repeat order juga sangat tinggi.

“Bisnis kemitraan ini sangat menguntungkan, karena cepat balik modal dengan keuntungan 40 persen hingga 45 persen per pieces. Hanya dalam waktu 3-5 bulan sudah mencapai BEP (balik modal—red). Tidak ada royalty fee, supporting fee dan lain-lain. Kami tidak ingin mitra kesulitan dan tidak nyaman, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi hak mitra sendiri,” tuturnya.

Untuk menjalin kemitraan dengan ChoCoffeeTea dibutuhkan modal antara Rp 6 juta hingga Rp12 juta. Ada empat jenis paket kemitraan yaitu Paket Reguler (Rp6 juta), Paket Standard (Rp7,5 juta), Paket Premium (Rp10 juta), dan Paket Eksklusif (Rp12 juta).

Setiap paket kemitraan akan mendapatkan peralatan produksi seperti blender, termos es, tempat bubuk, tempat topping, gelas ukur, ember plastic, kanebo, parutan cokelat, serok es batu, pompa gallon, serta cup dan sedotan. Mitra juga akan mendapatkan bahan baku awal, topping ChoCoffeeTea, sarana promosi seperti X-banner, brosur, flyer dan seragam karyawan.

Yang menarik dari paket kemitraannya adalah jenis gerobak ChoCoffeeTea serta banyaknya bahan baku awal. Misalnya, desain dan dimensi gerobak paket regular dan paket standard, berbeda bentuk dan ukurannya. Gerobak paket premium dan paket ekslusif lebih keren dan lebih besar dibanding gerobak paket regular dan paket standard.

“Gerobak untuk paket regular dan standar sifatnya knockdown, bisa dibongkar pasang. Sedangkan gerobak untuk paket premium dan eksklusif lebih permanen. Saat pengiriman menggunakan ekspedisi, gerobak untuk paket premium dan eksklusif sudah dalam bentuk jadi,” terang Anas.

Bahan baku yang didapat untuk paket regular dan paket standard sama, yaitu untuk kebutuhan 150 cup. Sementara bahan baku paket premium untuk kebutuhan 300 cup, dan paket ekslusif untuk 600 cup. (ZRI)

Radja Ketjil, Rumah Makan Raja Bercita Rasa China Peranakan
Mengusung resto china peranakan, Radja Ketjil tampil membidik pangsa pasar menengah. Restoran yang sudah berdiri sejak 2007 ini mulai menawarkan peluang bisnisnya tahun ini. Seberapa prospektif peluan
Read More
Pringsewu, Mengintip Bisnis Rumah Makan dengan Konsep Taman
Restoran asal kota kecil di selatan Gunung Slamet ini sudah melegenda sejak 29 tahun silam. Mengusung konsep taman, restoran ini siap ekspansi lewat pola franchise.  Apabila kita menelusuri sep
Read More
AGTL Ny. Nani S Eksis Sejak 23 tahun, dan Go Franchise
Restoran Ayam Goreng Tulang Lunak Ny. Nani S sudah beken di Jakarta. Pelopor ayam tulang lunak ini terkenal sebagai rajanya nasi boks. Tahun ini mulai difranchisekan. Jika kebetulan jalan-jalan ke
Read More
Yamyuk, camilan Premium dengan Harga Kaki Lima
Biasanya camilan ayam hanya akan ditemui di restoran atau kafe-kafe ternama. Karena sudah pasti harganya mahal sehingga pasarnya di level menengah ke atas. Tetapi yang satu ini justru sebaliknya. Ya
Read More