Location = Franchise Best To Invest

Setelah Anda menentukan jenis franchise dan produk apa yang akan Anda jalankan, hal apa lagi yang menentukan keberhasilan fanchise Anda? Memilih lokasi. Ya memilih lokasi yang best invest akan menjadi tantangan bagi Anda selanjutnya?

Apa saja kriteria memilih lokasi yang best invest yang akan membawa bisnis franchise sukses?.

Perlu diperhatikan bahwa faktor lokasi ini sangat penting, bisa saja Anda memilih franchise dengan baik. Pilihan Anda akan jenis dan produk franchisenya sudah sangat tepat, akan tetapi dari pengalaman, meskipun produk dan franchisenya tepat namun jika pemilihan lokasinya salah, pada kahirnya juga tidak akan laku dan sukses.

Jika pemilihan lokasi kurang tepat maka akibatnya tidak hanya kegagalan dan hilangnya kesempatan Anda saja, melainkan juga masalah-masalah lain yaitu investasi menyewa atau membeli tempat itu akan sulit untuk dikembalikan. Memerlukan waktu, usaha dan biaya tambahan untuk mengurusinya, misalnya mau dioper kontrak atau dijual ke orang lain yang memerlukan iklan atau promosi jual atau oper kontrak yang memerlukan biaya dan usaha.

Nah untuk itu pastikan pemilihan lokasi Anda tidak salah dari awal supaya biaya, usaha dan waktu Anda tidak terbuang sia-sia.

Lokasi franchise yang ideal – Best To Invest.

Lokasi franchise yang ideal memiliki lahan parkir yang luas, banyak lalu lintas pejalan kaki, dan setidaknya ada satu atau dua bisnis jangkar untuk memastikan tingginya lalu lintas pejalan kaki. Yang paling penting adalah bahwa keputusan Anda tetap dalam anggaran Anda serta best invest value dari uang Anda. Ingat bahwa ketika Anda mencari lokasi yang tepat, Anda berencana untuk masa depan Anda. Ini berarti bahwa semua aspek dari lokasi harus dipertimbangkan, terutama harga dan manfaat, analisis cost and benefit.

Bagaimana menentukan lokasi franchise supaya best invest?

Dapatkan Masukan Detail Dari Franchisor

Kebanyakan franchisor telah menetapkan aturan dan peraturan tentang memilih lokasi untuk franchisee. Anda perlu menjalin hubungan persahabatan yang lebih akrab dengan franchisor Anda. Sebuah franchisor yang baik sudah melakukan riset pasar dan survei demografi. Mereka akan berbagi data dengan Anda serta membantu Anda mengatur dan memilih lokasi yang ideal agar best invest buat para franchiseenya. Tentu saja sangat disarankan Anda menambahkan analisis sendiri yang lebih mendalam dari data atau rekomendasi dari franchisor Anda.

Mintalah saran Franchisee berpengalaman

Jangan berhenti di Franchisor. Konsultasilah ke sesama Franchisee dan undanglah mereka untuk mengunjungi calon lokasi Anda dan meminta saran mereka. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan penting yang menggali mereka untuk sharing pengalaman dan kunci sukses tentang pemilihan lokasi yang best invest. Mereka memiliki sesuatu yang Anda tidak memiliki sebagai pemula di lapangan. Yaitu pengalaman, kesalahan, kegagalan dan keberhasilan yang merupakan jam terbang dan fakta yang belum Anda miliki. Para Franchisor mungkin juga memiliki keterbatasan dalam memberikan Anda rekomendasi lokasi. Mereka cenderung akan memprioritaskan atau lebih suka memberi kepada orang-orang dengan catatan kinerja yang sudah terbukti. Untuk itu, masukan dari sesama Franchisee yang berpengalaman menjadi sangat penting.

Evaluasi ulang lokasi Anda

Hati-hati menilai semua aspek lokasi Anda. Evaluasilah tidak hanya sekali dua kali, tapi berulang-ulang, untuk memastikan segala aspek sudah memenuhi persyaratan lokasi ideal – best invest-. Dari contoh di atas, apakah Anda berada di sisi jalan yang tepat?Apakah Anda memiliki cukup ruang parkir?Seberapa tinggi traffic pejalan kaki? Apakah sebagian besar dari pelanggan Anda lewat atau tinggal di daerah itu? Seperti apa kondisi lalu lintas? Berapa banyak kompetisi yang Anda hadapi dari ritel yang ada di sekitar Anda? Yang paling penting, Anda mampu dan cost vs benefit analisisnya baik hasilnya.

Buatlah posisioning bisnis franchise Anda dan pahami teritori lokasi Anda

Sebuah retailer besar, seperti Carefour, Giants Supermarket dan yang lainya mungkin bisa menjadi tetangga yang ideal, karena supermarket-supermarket ini akan membawa banyak lalu lintas pejalan kaki ke lokasi Anda. Selanjutnya, juga penting untuk berpikir tentang siapa tetangga bisnis Anda yang mendukung atau melengkapi, bukan bersaing. Misalnya, jika Anda ingin membuka toko mainan, Anda mungkin tidak ingin membukanya di sebelah toko barang-barang untuk manula. Jika Anda ingin membuka toko eskrim dan kue-kue, mungkin yang terbaik untuk membukanya di sebelah tempat makan siang sehingga orang akan mengunjungi Anda untuk pencuci mulut atau makanan pembuka.

Sementara beberapa Franchisor mungkin sudah memiliki lokasi tertentu dalam pikiran mereka untuk toko mereka berikutnya, sebagian besar Franchisor biasanya akan memberikan kepada Franchisee pedoman-pedoman dan kemudian menyerahkan keputusnya kepada Franchisee untuk menemukan tempat yang sesuai dengan pedoman tersebut. Perlu disadari, bahwa beberapa Franchisor membatasi wilayah bisnis Anda hanya untuk beberapa pilihan lokasi. Wilayah franchise Anda adalah wilayah di mana Franchisor menjamin bahwa Franchisee yang sama tidak akan berdekatan satu sam lain. Hal ini dalam beberapa situasi akan membatasi dan membuat Anda memutuskan untuk mencari tempat lain. Hal ini terutama berlaku jika Franchisor memiliki nama yang sudah terkenal atau berkembang dengan baik.

Menandatangani kontrak sewa

Setelah Franchisee dan Franchisor sepakat untuk menetapkan lokasi yang memenuhi kebutuhan franchise Anda, selanjutnya akan menandatangani kontrak untuk bisnis Anda dengan pemilik bangunan. Franchisor yang baik akan membantu Anda melalui proses ini, dan mungkin dapat menegosiasikan ketentuan tertentu dalam perjanjian sewa. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan franchise Anda ke gedung yang memiliki prospek jauh lebih bagus suatu saat nanti, misalnya satu gedung dengan Carefour, Anda mungkin dapat memasukkan ketentuan dalam sewa yang memungkinkan Anda melakukan negosiasi ulang persyaratan sewa jika Carefour keluar meninggalkan gedung itu –dengan dibantu Franchisor Anda-.

Anda bisa minta bantuan Franchisor Anda bernegosiasi sewa, persentase kenaikan sewa berkalanya, dan menentukan syarat asuransi pemilik bangunan yang harus Anda miliki sebagai penyewa lokasi. Para pemilik bangunan akan lebih bersedia untuk negosiasi dengan pemilik franchise yang kredibel dan sudah “punya nama” daripada yang belum “punyanama”.

Sekali lagi, libatkanlah  Franchisor Anda, karena mereka harus memiliki tanggung jawab moral untuk kepentingan kerjasama dengan Anda dan untuk memastikan Anda benar-benar berhasil dalam bisnis franchise ini.

Jika semua sudah diatur dan dipersiapkan dengan seksama,  - produk, jenis franchise dan lokasi yang best invest- akan meningkatkan kemungkinan sukses Anda di bisnis franchise.

Salam Sukses Dan Bahagia,

Ery Prasetyawan

Eryp2000@gmail.com

Infiniti Teo

Lokasi Mall – Pusat Perbelanjaan VS Lokasi Independent
Meletakan lokasi gerai adalah salah satu keputusan yang paling penting. Apakah itu gerai baru atau gerai kedua atau sewa gerai pas habis untuk segera diperbaharui atau pindah lokasi. Bagaimana menentu
Read More
Kunci Sukses Top Editor’s Choice Franchise Dalam Memilih Lokasi
Sudah banyak pelaku bisnis mengetahui bahwa memilih lokasi adalah sesuatu yang penting. Bahkan sangat penting. Pengetahuan, pemahaman dan tips-tips sudah dipelajari secara seksama. Melaksanakan sesuai
Read More
Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader
Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Haru
Read More
Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit
Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha la
Read More