Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit

Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha lainnya.

Ada sebagian usaha yang high risk high profit, sebagian lagi high risk low profit, low risk low profit dan low risk high profit. Tentunya orang akan menginginkan usaha yang low risk high profit.  Dan ini berlaku juga untuk usaha franchise yang akan Anda jalankan.

Bagaimana kita bisa menjadikan usaha franchise kita low risk high profit, dimulai dari memilih jenis usaha/produk?

Apakah ini berhubungan dengan pemilihan lokasi juga? Tentu saja.

Marilah kita bahas dua pertanyaan di atas.

Memilih Jenis Usaha.

Jenis usaha yang low risk adalah jenis usaha yang diminta oleh pasar. Diminta oleh pasar adalah yang banyak dibutuhkan dan yang membutuhkan memiliki kemampuan beli produk tersebut. Ciri-ciri banyak dibutuhkan adalah jika Anda menawarkan kepada seseorang, orang tersebut sudah tidak lagi  bertanya kepada dirinya sendiri “saya butuh produk ini nggak ya”?

Kemudian Anda harus mengetahui bahwa pasar mampu membeli produk yang Anda jual. Untuk ini Anda harus benear-benar mengetahui data nya, jika perlu lakukanlah survey market deman sebelum Anda memutuskan suaty usaha/produk akan Anda jual/pasarkan. Dengan mengetahui market demand ini keputusan Anda akan lebih tepat.

Setelah itu Anda mennguji usaha/produk dari seberapa sering produk itu bisa dibeli seseorang? Apakah hanya sesekali dalam sebulan, 2 minggu, 2 hari atau setiap hari, bahkan bisa beberapa kali dalam sehari. Setelah Anda mengetahui jawaban ini maka Anda akan dapat memutuskan dengan mudah dan benar, usaha/produk franchise apa yang akan Anda jalankan. Kemudian Anda harus memilih lokasi yang low risk high profit agar sukses.

Bagaimana memilih lokasi yang bisa memberikan low risk high profit?

Berdasarkan Konsep Bisnis Franchise Anda.

Temukan konsep bisnis franchise Anda yang akan menentukan lokasi yang sesuai dengan konsep ini. Ini adalah strategy inside out, jangan menerapkan strategy yang sama dengan kompetitor Anda. Jadilah berbeda dan unggul memalui konsep bisnis yang Anda set sesuai. Pada saat kita berbicara mengenai lokasi bisnis yang strategis, akan banyak sekali yang memenuhi kriteria tersebut. Tentunya akan membuat bingung dalam memilih, nah konsep bisnis inilah yang dapat menentukan lokasi mana yang membuat bisnis Anda menjadi low risk high profit. Dengan menyesuaikan dan menemukan lokasi bisnis yang sesuai dengan konsep bisnis Anda, maka Anda memiliki keunggulan di banding kompetitor Anda yang meskipun berlokasi dekat dengan Anda akan tetapi konsep bisnis nya tidak sesuai dengan lokasi itu. Sehingga pelanggan akan lebih suka membeli dari Anda.

Kepadatan dan Traffic Lokasi.

Lokasi yang low risk dan high profit harus memiliki kepadatan dan traffic yang tinggi. Sehingga akan memberika konversi/kemungkinan beli produk Anda semakin tinggi. Untuk mendapatkan data ini Anda harus melakukan survey lapangan mengenai kepadatan dan traffic calon pembeli Anda. Dapatkan data demografi kandidat lokasi Anda. Analisislah untuk menemukan siapa dan berapa banyak demand produk Anda di kandidat lokasi tersebut. Petakan segmentasi setiap calon pelanggan dan kemudian posisikan usaha/produk Anda dari segmentasi yang telah Anda buat. Hitunglah kemungkinan omset dan profitnya, apakah memenuhi proyeksi dan kriteria Anda? Biasanya franchiosr akan memberikan masukan dan saran mengenai kapadatan dan traffic, dan akan lebih baik lagi jika Anda lengkapi dengan pendapat Expert dan Professional secara menyeluruh mengenai lokasi.

Expert Dan Professional Advisor

Expert dan professional apa saja yang Anda butuhkan?

Expert dan profesional yang dapat melengkapi jawaban pertanyaan-pertanyaan ini:

Apakah sisi legalitas dan peruntukan dari lokasi?

Perjanjian sewa-menyewa termasuk bagaimana kalau akan menambah waktu sewa, renovasi, penambahan space, tempat parkir, fasilitas komunikasi/internet, keamanan dan kebersihan, listrik,air, bencana dan asuransi?

Apa rencana lokasi itu kedepan? Carilah jawaban apakah ada rencana kedepan dari lokasi atau kawasan tersebut? Apakah akan ada pengembangan disekitar lokasi atau sebaliknya, malah digusur dan ditutup untuk peruntukan usaha?

Jangan lupa mintalah pendapat pada franchisee lain yang sudah sukses. Bertanyalah dan belajarlah tentang lokasi dari mereka.

Perbanyak Kandidat Lokasi

Setelah menetapkan kriteria-kriteria pemilihan lokasi di atas, plus kriteria-kriteria dari franchisor. Carilah beberapa kandidat lokasi (sekitar 10, lebih banyak akan lebih baik) yang memenuhi kriteria tersebut, kemuadian berikan penilaian/score sesuai kriteria-kriteria yang telah Anda miliki. Buatlah ranking berdasarkan total jumlah score tersebut. Mintalah expert dan professional sebagai jurinya juga untuk memilih ini. Akan lebih baik jika Anda meminta franchisor dan franchisee lain sebagai penliai dengan memberikan deskripsi lokasi terlebih dulu. Setidaknya 5 penilai akan menjadikan pilihan lokasi Anda lebih tepat. Jumlahkan score dari ke 5 Juri tersebut dan buatlah rata-ratanya untuk setiap lokasi. Rata-rata yang paling tinggi, atau setidaknya TOP 3 yang Anda analisis ulang dan pilih salah satu dari ketiga lokasi tersebut.

Selamat Berkarya,

Semoga sukses dan bahagia selalu.

Ery Prasetyawan.

Eryp2000@gmail.com

Infiniti Teo

Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil
Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil Pembaca kami yang setia dan selalu happy, Anda tentunya sudah membaca artikel di edisi sebelumya mengenai keuntungan-keuntungan membuka us
Read More
Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader
Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Haru
Read More
1001 Jalan Memilih Lokasi Waralaba
1001 jalan atau faktor menuju sukses waralaba, salah satunya adalah memilih lokasinya. Lokasi sangat menentukan bisnis waralaba. Faktor apa saja yang menghambat dan harus diperhatikan pebisnis waralab
Read More
Lokasi Mall – Pusat Perbelanjaan VS Lokasi Independent
Meletakan lokasi gerai adalah salah satu keputusan yang paling penting. Apakah itu gerai baru atau gerai kedua atau sewa gerai pas habis untuk segera diperbaharui atau pindah lokasi. Bagaimana menentu
Read More