Waroeng Mbok Marni, Rumah Makan Khas Jawa Tengah Yang Memiliki Resep Turun Temurun

Waroeng Mbok Marni merupakan tempat makan dengan resep asli Surakarta yang berdiri sejak 2010. Masakan Nusantara menjadi ciri khasnya. Seperti apa peluang bisnisnya?

Berdirinya Waroeng Mbok Marni berawal dari mbok marni yang gemar memasak sejak usia remaja dan menggelutinya hingga sekarang. Mbok Marni lahir di Yogyakarta, dibesarkan di semarang dan akhirnya menikah dan menetap di Solo. Ia mulai memasak dari usia 17 tahun.

Ciri khas menu Mbok Marni khususnya di bidang ayam goreng, ayam telor asin, ayam bakar dan sate ayamnya yang merupakan campuran teknik pembuatan dan sembilan bumbu alami yang telah disempurnakan selama 38 tahun ini.

Seluruh menu ayam Mbok Marni telah diracik dengan berbagai menu dapur dan dagingnya dimasak sedemikian rupa hingga terasa di setiap gigitan dagingnya. Resep Mbok Marni telah dibuat sejak 1968, hingga saat ini masih dipertahankan dengan pengolahan yang mengunggulkan higienis dan modern.

“Banyak yang penasaran dan mencoba produk-produk kami namun banyak juga yang masih ragu-ragu untuk mencoba produk kami. Strategi kami pada saat itu adalah dengan massive sampling dengan membagikan salah 1 produk unggulan kami yaitu Sate Ayam tanpa lemak. Respon dari pengunjung  sungguh luar biasa dan setelah berjalan selama 6 tahun lebih kami sudah memiliki banyak sekali pelanggan yang setia,” ucap Setyabudi Rahardjo, Owner Waroeng Mbok Marni.

Ayam goreng, ayam telor asin dan ayam bakar Mbok Marni memliki keunggulan rasa yang khas dan benar-benar meresap hingga lapisan terakhir. Disajikan dengan nasi putih yang dibuat dari beras kualitas pihan disertai dengan tiga macam sambal yang spesial yang selalu membangkitkan selera. Tidak lepas dari menu ayam, Waroeng Mbok Marni juga menyajikan menu sate ayam. Sate ayam waroeng mbok marni hanya menggunkan bagian dada ayam tanpa bagian lainnya atau lemak ditambah dengan baluran bumbu kacang yang khas dari resep Waroeng  Mbok Marni.

Adapun harga yg ditawarkan sangat terjangkau, range harga di Mbok Marni mulai dari Rp 4000 sampai dengan Rp 28.000. Bagi penggemar ikan, Waroeng Mbok Marni juga menyedikan berbagai menu berbahan dasar ikan seperti gurame bakar, gurame goreng, kakap bakar, kakap goreng dan kakap telor asin.

Menu Waroeng Mbok Marni selalu disempurnakan. Dengan daging ayam pilihan berkualitas terbaik, pelayanan yang ramah dan memuaskan didukung tempat yang nyaman bernuansa tradisional. “Produk unggulan kami adalah ayam goreng, ayam bakar, ayam telur asin, Sate Ayam Tanpa Lemak, Bakmi Jawa , Iga Bakar, Gurame Goreng, Kakap Bakar, “ papar Pria yang akrab disapa Budi ini.

Sejauh ini, Waroeng Mbok Marni sudah memiliki 8 gerai yang beroperasi di kota Solo dan Jogja.  Sekitar 2 outlet dimiliki oleh franchisee. “Untuk omzet rata-rata gerai tergantung dari letak dan ukuran outlet tersebut. Omzet berkisar antara Rp150 juta – 300 juta per bulannya,” kata pria kelahiran Solo 1 Januari 1981 ini.

Mengenai total investasi waralaba,  Waroeng Mbok Marni menawarkan investasi mulai dari Rp 300 juta untuk luas outlet sebesar 150m2. Biaya tersebut sudah termasuk pembelian seluruh kebutuhan utk operasional outlet sepeti showcase, freezer, meja kursi, panggung untuk lesehan, kitchen set dll. “Berdasarkan penglaman kami BEP usaha ini berkisar antara 10 – 18 bulan. Kami mengenakan royalty sebesar 2 – 4 persen dari gross sale,” kata Budi.

Rencana ekspansi bisnis Waroeng Mbok Marni kedepan adalah melalui pola Waralaba. Budi berharap akan terus melestarikan resep dari Mbok Marni, mengingat bisnis ini adalah bisnis yang turun temurun dan khas Indonesia.

Alvin Pratama

 

 

Bisnis yang Menggiurkan di Mata Franchisee
Di tengah booming-nya bisnis waffle di tanah air, nama Mrs Waffles dinilai sebagai bisnis yang menggiurkan bagi para franchisee.  Di mana dan kapan pun Mrs Waffles membuka outletnya, baik di pul
Read More
Prime Generation, Bimbel dari Jogja Yang Siap Ramaikan Industri Waralaba
Kebutuhan belajar siswa tidak cukup jika hanya dilakukan saat berada di sekolah saja, terkadang para orang tua menginginkan agar anak-anaknya lebih pintar sehingga mereka memberikan pendidikan atau le
Read More
Naavagreen Natural Skincare, Pendatang Baru yang Terlahir Dari Nama Besar Natasha
Kabar gembira bagi para investor yang selama ini mengincar investasi di bisnis klinik kecantikan sekelas Natasya, kini bisnis besutan dr Fredi Setyawan itu menawarkan sistem waralaba tetapi dengan mer
Read More
ReFit Gym, Bugarnya Investasi Pusat Kebugaran
Prospek bisnis pusat kebugaran di Indonesia sangat prospektif seiring tingginya daya beli konsumen di segmen pasar kalangan muda. Bisnis pusat kebugaran seperti Refit Gym pun memiliki potensi berkemba
Read More