Mopi Baca Tulis, Menjawab Tuntutan Kondisi Pendidikan di Indonesia

Bisnis ini terlahir dari tuntutan sistem pendidikan di Indonesia yang menghendaki anak-anak didik untuk dapat menguasai baca tulis sedini mungkin. Bagaimana peluang bisnisnya?

Mopi Baca Tulis, nama bisnisnya, didirikan oleh Widyana Susanty, SE, ARAD, RAD RTS. Ia adalah penggiat bisnis pendidikan di Indonesia. Sebelum mendirikan bisnis Mopi Baca Tulis, beberapa merek usahanya juga sukses salah satunya OHAYO Drawing School.

Mopi Baca Tulis ini didirikan sejak tahun 2005 dan baru April 2016 di tawarkan secara waralaba. Hingga saat ini Mopi Baca Tulis telah memiliki 9 center di Jabodetabek dan 3 Center diluar Jabodetabek yakni Solo, Cilegon dan Papua.

“Mopi Baca Tulis sudah berdiri sejak tahun 2005 dan mulai April 2016 dikembangkan sistem kerjasama franchise agar bisa menjangkau banyak daerah dan membantu anak anak Indonesia belajar baca tulis dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau,” papar Widyana, Principal & Founder Mopi Baca Tulis.

Ide bisnis itu sendiri menurut Widyana, terlahir setelah melihat banyak orangtua yang sibuk dan sulit mengajari anaknya baca dan tulis sementara dari pihak sekolah menuntut anak agar bisa menguasai baca tulis sedini mungkin.

Lalu apa keunikan dari bisnis ini? “Dari sisi produk kami mengembangkan module lengkap dengan metode Mopi yang dilengkapi dengan worksheet dan buku cerita. Kami mempunyai berbagai karakter yang kami tuangkan dalam module, worksheet, dan buku cerita kami yang sudah mempunyai 4 buku hingga saat ini,” kata Widyana.

Mopi Baca Tulis juga mempunyai berbagai permainan dengan menggunakan berbagai karakter sehingga akan melengkapi pengajaran di kelas. “Kami mempunyai kelas Art & Craft mulai dari papercraft, mewarnai, origami hingga clay yang juga kami gunakan untuk melengkapi pengajaran di kelas Mopi Baca Tulis,” terang Widyana.

Bisnis ini ditawarkan dengan konsep franchise, dimana memiliki konsep yang sama dengan OHAYO Drawing School yang kini sudah mempunyai 35 center baik di Jabodetabek maupun diluar Jabodetabek dan telah mendapatkan banyak penghargaan serta telah diliput 32x oleh TV Nasional.

Keunggulan Mopi Baca Tulis,  yaitu memiliki metode Mopi yang menjamin anak bisa mulai membaca dalam waktu 3 bulan belajar.

“Kami mempunyai kegiatan tahunan yang pada tahun ini kami sudah membuat Lomba Tahunan di atrium utama Emporium Pluit Mall tanggal 11 Juni 2016. Kami juga mempunyai Departemen Training yang akan selalu menjaga kualitas pengajaran guru-guru Mopi Baca Tulis. Customer Service kami juga siap memberikan informasi dan bantuan kepada setiap center-center dan orangtua murid mulai dari Senin sampai Sabtu,” jelas Widyana.

Bisnis yang didirikan itu lanjut Widyana, bukan saja berorientasi pada profit tetapi juga memiliki misi untuk membantu anak-anak Indonesia yang ingin belajar baca tulis dalam keadaan yang berkekurangan seperti membagikan module Mopi Baca Tulis ke anak anak suku Wae Rebo di Flores.

Investasi yang ditawarkan bisnis ini yaitu, Rp 22 juta untuk selamanya. Saat ini Mopi Baca Tulis memberi promo bisa dicicil sebanyak 4x untuk Jabodetabek dan 2x untuk luar Jabodetabek.

“Biaya training diluar kota berikut dekorasi mural akan dikenakan biaya khusus. Royalti hanya sebesar Rp.30.000 per anak per bulan. Kami mempunyai hitungan 6 bulan mitra bisa BEP,” ucap Widyana.

Julhan Sifadi

 

Bree Chocolateria Kafe Spesialis Cokelat dari Surabaya
Ketersediaan kakao di dalam negeri yang berlimpah membuat potensi bisnis cokelat terbuka lebar untuk digarap. Salah satu produk olahan kakao yang populer saat ini adalah minuman. Itu sebabnya, kini ma
Read More
Ramen Akashi, Ramen Halal Yang Menjadi Santapan Media Jepang
Kuliner di Indonesia memang tidak ada matinya. Makin hari kita makin disuguhkan dengan cita rasa makanan dan minuman yang berbeda-beda. Tak terkecuali makanan asal Jepang yang juga turut memeriahkan r
Read More
Nao Kao Thai Tea, Meraih Pundi-Pundi Laba dari Thai Tea Lokal Otentik
Melihat peluang pasarnya yang semakin terbuka lebar, Nao Kao Thai Tea tak mau ketinggalan merebut pasar thai tea. Dengan berbagai macam varian rasa yang update, merek ini pun siap unjuk gigi. Bisnis
Read More
GASmart, Peluang Bisnis Rangka Baja Ringan Yang Minim Pesaing
Properti yang sedang naik daun membuat berbagai bisnis yang berhubungan dengan properti ikut naik daun, salah satunya bisnis rangka atap baja ringan. Bisnis ini bisa dibilang bisnis yang tergolong dap
Read More