Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil

Keuntungan-Keuntungan Membuka Usaha di Kota Sedang dan Kecil

Pembaca kami yang setia dan selalu happy, Anda tentunya sudah membaca artikel di edisi sebelumya mengenai keuntungan-keuntungan membuka usaha di kota besar. Namun bukan berarti membuka usaha di kota sedang dan kecil tidak kalah menguntungkan. Apalagi pada era pemerintahan sekarang ini.  Mengapa demikian? Berikut beberapa alasan mengapa sekarang dan masa yang akan datang kota sedang maupun kecil pun merupakan lokasi-lokasi yang tidak kalah menguntungkanya jika membuka bisnis di sana.

 

Pemerataan Pembangunan.

Perkembangan usaha selalu memerlukan infrastruktur yang mendukung aksesabilitas lokai usaha, ketersedian sarana dan prasarana mobilitas barang dan manusia serta crowd center seperti pasar dan pusat-pusat perbelanjaan. Tentu saja juga perkembangan kawasan industri di sekitar kota atau daerah tersebut. Jika selama ini sebagian fokus pembangunan infrastruktur hanya di kota-kota besar saja, mulai saat ini sudah tidak lagi.

 

Memperhatikan kota-kota kecil yang dulu memiliki fasilitas public, pusat perbelanjaan dan infrasttuktur yang berbeda jauh dengan kota-kota besar, sekarang gap dan perbedaan itu semakin berkurang. Baru-baru ini saya berkunjung ke kota Pekan Baru. Saya melihat banyak pembangunan infrastruktur-infrastruktur dan fasilitas-fasilitas baru seperti pelebaran dan pengerasan jalan, pusat perbelanjaan yang semakin menyebar luas, industri dan perkantoran dan hunian yang semakin berkualitas. Tentunya juga kota-kota kecil lain di seluruh negri, terus berkembang dan melengkapi dengan fasilitas infrastruktur yang tidak jauh kesenjangan dengan kota-kota besar.

 

Ketersediaan Tenaga Kerja Yang Kompetitive

Dengan biaya kebutuhan hidup yang relatif lebih murah dibandingkan kota besar dan tingkat upah minimum regional yang lebih rendah juga, maka daya dukung bisnis dari sisi sumber daya manusia yang lebih kompetitive dari sisi biaya tentunya akan lebih baik. Jika dapat mengelola dan memanfaatkan keunggulan dari sisi ini maka akan didapat biaya operasional yang lebih efisien sehingga akan menurunkan total biaya operasional bisnis.

Kuncinya adalah bagaimana pengelolaan Sumber Daya Manusia dibidang Attitude, Skill dan Knowledge (ASK) yang dapat mendukung bisnis secara efektif dan efisien.

 

Lebih Dekat Dengan Sumber Daya Alamiah. Natural Resources.

Dengan lebih dekat ke lokasi sumber-sumber daya alam, maka harga bahan baku juga akan lebih kompetitive. Hal ini disebabkan karena faktor transportasi dan distribusi yang tentunya lebih murah. Memanfaatkan sumber daya alam lokal sebagai suatu strategi bisnis yang dijalankan adalah kunci sukses setiap pebisnis. Bagaimana bisa memberikan nilai tambah (added value) dari ketersediaan sumber daya alam disekitar lokasi sehingga menghasilkan produk-produk yang berkualitas yang memiliki nilai jual yang tinggi. Kejelian dan kretivitas memberikan added value ini lah kunci sukses yang hebat sekalipun berlokasi di kota sedang maupun kecil.

 

Traffic Lalu Lintas Yang Lebih Bersahabat.

Dengan traffic lalu lintas yang lebih bersahabat akan memangkas biaya mobilitas baik supplier Anda maupun penjualan. Banyak calon pelanggan enggan untuk membeli di toko yang lalu lintasnya macet dua arah. Keengganan sudah mulai di saat calon pelanggan membayangkan kemacetan tersebut.

Apalagi calon pelanggan baru yang pertama kali ke toko tersebut, jika tokonya sudah kelewatan, maka calon pelanggan baru tersebut sudah malas untuk putar balik karena macet dua arah. Sudah jelas beberapa bahkan sebagian calon pelanggan itu batal menjadi shoper/pembeli apalagi jadi pelanggan. Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar kemungkinan besar pernah mengalami hal ini bukan?

Lain halnya kalau di kota yang traffic-nya tidak padat dan lalulintasnya lancar dua-arah. Kita kebablasan menemukan lokasi dan mau putar balik ya…hayooo saja. Akhirnya ketemu dengan mudah bukan? Nah inilah salah satu keunggulan kota sedang dan kecil dibanding kota besar.

Paparan di atas adalah keuntungan-keuntungan lokasi bisnis di kota-kota sedang dan kecil. Jika saat ini Anda ingin memulai atau mengembangkan usaha lama Anda dan cocok dengan keuntungan-keuntungan yang dapat diberikan oleh kota-kota sedang dan kecil di atas, tunggu apalagi, saatnya memulai. Ingat..mulailah dari yang kecil dan sederhana, setelah sukses, maka siap untuk diduplikasi dan dimultiplikasi. Kerugian dan resiko akan lebih mudah dikelola.

Namun bagi Anda yang masih belum menemukan ide bisnis atau usaha apa yang cocok untuk kota-kota sedang dan kecil, Anda jadi bertanya-tanya usaha apa saja ya yang berpeluang bagus di kota-kota sedang dan kecil?     

Berikut ini beberapa usaha kecil pilihan yang cocok dan bisa berkembang di lokasi kota-kota sedang dan kecil:

Supplier Kebutuhan Hidup

Ini sederhana, mulailah dengan berbisnis yang kalau orang ditawari produk Anda sudah tidak bertanya lagi “saya butuh produk ini tidak ya?”. Dengan menawarkan produk yang orang sudah pasti membutuhkan, maka fokus Anda hanya meyakinkan pelanggan beli dari Anda. Perkara meyakinkan pelanggan butuh produk itu sudah tidak membebani Anda lagi, karena sudah pasti butuh.

Di atas sudah dibahas tentang keunggulan dekatnya kota sedang dan kota kecil ke sumber daya alam. Saya akan memebrikan beberapa contoh yaitu:

Supplier Produk bawang goreng.

Mungkin ini dianggap remeh, akan tetapi mari kita lihat, saat ini siapa yang tidak butuh bawang goreng? dari restoran, rumah makan besar sampai kecil membutuhkan produk ini. Juga rumah tangga-rumah tangga, pengusaha catering dan warung-warung pinggir jalan juga sangat mebutuhkan. Jika mau bisa juga diekspor ke negara tetangga, terutama Singapura dan Malaysia. Tentunya dengan added value yang bagus seperti membuat packaging yang professional sehingga tampilan lebih menarik dan meyakinkan kualitas tinggi.

Supplier telor ayam atau daging ayam kampung dan bebek.

Permintaan produk-produk ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Coba bayangkan kota besar seperti Jakarta, berapa kebutuhan per hari saja produk-produk di atas. Jika Anda tinggal di kota-kota kecil seputar Jakarta, ini peluang yang bagus. Anda dekat dengan sumber produk dan tidak jauh mensupply ke pasar (kota besar: Jakarta, Surabaya, Medan, makasar) sehingga ongkos transportasi Anda lebih rendah dan Anda bisa berkompetisi.

Dan banyak lagi produk-produk yang sangat dibutuhkan oleh manusia yang berasal dan bersumber dari kota-kota sedang dan kecil.

Menjual Produk Baru Yang Belum Ada.

Saya cukup takjub dengan omset penjualan Kebab di kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Kebetulan saya kenal dengan pemilik franchisor Kebab. Menurut beliau justru penjualan kenceng di kota-kota sedang dan kecil. Kota-kota besar seperti Jakarta sudah berkurang. Ini karena di kota-kota sedang dan kecil merupakan makanan baru dan mereka baru mengenal serta ingin mencoba rasanya. Dari mencoba banyak juga yang seterusnya suka. Di kota Denpasar Bali, makanan Pizza digemari oleh sebagian orang-orang Bali. Toko-toko Pizza dan Restoran Italia lainya sering ramai pelanggan dan sebagian besar justru penduduk asli Bali. Mirip halnya dengen mie pizza di kota Solo. Selalu ramai karena merupakan hal yang baru.

Beberapa kali menjadi nara sumber di Pameran Franchise dan Bisnis Expo banyak mendapatkan cerita dari franchisor maupun franchisee, pernah mendapat cerita menarik darin pemilik franchisor ice cream yang model dibuat seketika di depan pelanggan, seperti jual Martabak. Ice cream ini juga baru dibuat didepan pelanggan saat dipesan. Outlet dengan omset terbesar bukan berada di kota besar, ini karena di kota itu masih merupakan produk baru.

Nah…apa Anda memiliki ide atau informasi tentang makanan yang belum pernah dijual di kota Anda?

Hasil Perkebunan dan Pertanian.

Seperti halnya supplier kebutuhan hidup di atas, dikota sedang dan kecil tentunya banyak sekali pengusaha perkebunan dan pertanian. Dari yang skala petani kecil sampai pengepul banyak dijumpai di kota-kota sedang dan kecil. Ini peluang yang bagus, asal di kelola secara profesional serta memberi added value yang pas, maka produk Anda akan banyak permintaan dan sulit untuk dikalahkan oleh kompetitor. Carilah hasil-hasil perkebunan dan pertanian yang berkualitas di sekitar kota Anda, tambahkan, modifikasi atau rubah seperlunya sehingga berbeda dan memiliki nilai tambah dan boom….produk Anda banjir permintaan.

Pernahkah Anda mengetahui berapa permintaan produk cincau dikota Anda atau kota besar yang dekat dengan Anda? Bahkan permintaan dari pasar luar negri? Ada dua jenis cincau, hitam dan hijau. Saya pernah meluangkan waktu sedikit untuk mencari informasi tentang ini. Dan ketemulah pemasok cincau hitam dari kota kecil, suatu kecamatan di Ponorogo.

Ternyata mereka baru bisa mensuplai tidak lebih dari 50% permintaan pasar. Padahal dengan kemasan sederhana saja. Saya berpikir dengan packaging/kemasan yang sederhana saja sudah diterima oleh pasar apalagi kalau dikemas dan dikelola dengan management yang lebih baik, tentunya akan bisa lebih memenuhi permintaan pasar dan bahkan bisa menciptakan permintaan pasar baru.

Anda bisa menjadi franchisor produk ini atau bisa memasok ke franchisor-franchisor yang sudah ada untuk memenuhi permintaan produk-produk di atas.

Masih banyak lagi peluang-peluang yang bisa didapatkan di kota sedang dan kecil, saya memiliki database peluang-peluang ini, dan daftarnya pun semakin bertambah.

Nah, mengapa tidak mencobanya?

Ayo dicoba!

“Penyesalan terbesar manusia bukan pada saat mengalami kegagalan, melainkan tidak pernah mencoba meraih impian”.

Ingat ya! pilihlah usaha-usaha yang membuat Anda happy, menjalankanya dengan happy akan dapat menambah spirit,motivasi dan tekad pantang menyerah.

Selamat bekerja, semoga sukses dan happy selalu.

 

Salam Sukses Selalu,

Ery Prasetyawan

(Eryp2000@gmail.com. Eryprasetyawan.com)

Penulis, Trainer dan Business Coach.

Infiniti Teo

 

 

 

 

 

Yang Harus Dilakukan Terhadap Lokasi Agar Menjadi Franchise Market Leader
Menjadi Franchise Market Leader adalah tujuan setiap pelaku bisnis Franchise. Namun hal ini tidak bisa terjadi dalam semalam. Memerlukan pengetahuan, usaha extra yang konsisten dan terus menerus. Haru
Read More
Location = Franchise Best To Invest
Setelah Anda menentukan jenis franchise dan produk apa yang akan Anda jalankan, hal apa lagi yang menentukan keberhasilan fanchise Anda? Memilih lokasi. Ya memilih lokasi yang best invest akan menjadi
Read More
Memilih Lokasi Yang Low Risk High Profit
Banyak orang ingin menjadi wirausahawan atau self employee akan tetapi takut akan resiko tinggi. Kabar baiknya beberapa jenis usaha memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang usaha la
Read More
Jadikan Lokasi Anda Luarbiasa Dengan Strategi Baru
Saat ini perubahan bisnis begitu cepat, hingga banyak trend bisnis baru bermunculan. Belakangan ini juga muncul para anak muda yang terjun ke startup dengan bekal kreativitas dan kemampuan inovasi men
Read More