Darin Nasywa Alia, Punya Bisnis Sendiri di Usia 10 Tahun

Kebanyakan anak seusianya lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi Darin Nasywa Alia, lebih memilih berbisnis.

Di usianya yang memasuki 10 tahun, Darin, panggilan akrabnya memilih mendirikan bisnis cokelat blended dengan merek Choco Shakes di kota Malang, Jawa Timur. Bisnis itu kini telah memiliki 6 cabang di Kota Malang, dan 1 di Kabupaten Jombang.

Bisnis ini sendiri terlahir dari kebiasaan Darin yang senang meracik minuman berbahan dasar cokelat di resto milik ibunya. Di resto itu Darin melihat bahwa cokelat menjadi minuman yang paling laris terjual.

“Awalnya dari situ, lalu saat Ibu medical ceckup, gula darahnya naik, kolesterol juga naik, tetapi setelah meminum cokelat semua turun dan kembali normal,” kata pengusaha cilik kelahiran 31 Agustus 2005 itu.

Dalam menjalankan bisnisnya ia dibantu oleh beberapa stafnya yang tidak lain adalah keluarganya sendiri. Sehingga kendati ia sekolah, usahanya tidak mengganggu proses belajar. “Sama sekali tidak mengganggu, kalau sudah pulang sekolah saya sempatkan kontrol outlet-outlet saya,” katanya.

Ia juga menawarkan konsep kemitraan di tahun ini, dan sebagai Owner, Darin menjelaskan langsung kepada calon mitra terkait prospek bisnisnya dan analisa BEPnya.

Dengan usianya sekecil itu, ia tidak  mengalami kesulitan saat menghadapi calon mitra yang jauh diusianya. “Sebenarnya sempat grogi juga awalnya tetapi karena sering berhadapan dengan orang jadi terbiasa,” paparnya.

Menurutnya, dengan bisnis yang digelutinya saat ini, bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk bermain. “Kalau main itu kan untuk kesenangan saja, tetapi kalau bisnis dapat semuanya, kebahagiaannya dapat, senangnya dapat, jalan-jalannya juga dapat, ilmunya juga dapat,” kata Darin.

Kedepan ia memiliki harapan untuk terus membesut bisnisnya itu hingga memiliki banyak outlet dalam bentuk kafe di seluruh Indonesia. Ia juga gencar melakukan promosi baik online maupun offline dengan ikut aktif dalam sejumlah pameran bisnis.  

Kesuksesan Darin tak lepas dari didikan kedua orang tuanya yang memiliki latar belakang sebagai pebisnis. Ibunya memberikan banyak masukkan tentang bagaimana karakter sebagai seorang pemimpin, dan bagaimana memanajemeni waktu dengan baik sehingga tidak menggangu waktu sekolah dan pekerjaan.

Julhan Sifadi

Oka Kauripan, Segala Rintangan Pasti Ada Jalan Keluarnya
Oka Kauripan adalah Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, yang berperan terhadap pengembangan franchise LJ Hooker di Indonesia. Ia bertugas memimpin tim support franchise yang terdiri dari trainin
Read More
FX. Ricky Ferdinan Sutrisno, Masih Muda, Pria Ini Berhasil Kembangkan Waralaba Kebab
Jika memiliki keinginan yang kuat, apapun itu mungkin kita bisa meraihnya. Kalimat inilah yang mewakili usaha dan kerja keras Ricky Ferdinan, selama membesut bisnis kebabnya. Di usianya yang tergolo
Read More
Rini Sutendi, Mantan Reporter SCTV yang Mencoba Dunia Baru
Status sebagai karyawan tetap di stasiun televisi swasta pun harus ia tanggalkan. Memilih profesi baru sebagai PR & Marcom di West Point Hotel Bandung. Secara keilmuan, PR & Marcom memang masih satu a
Read More
Setyabudi Rahardjo, Mantan Franchisee yang Sukses Dirikan Resto Tradisional
Bermodalkan pengalaman saat menjadi franchisee di restoran Pizza terkemuka, membuat pria bernama lengkap Setyabudi Rahardjo kepincut membuka usaha rumah makan berkonsep khas Jawa Tengah Ia sangat tert
Read More