Darin Nasywa Alia, Punya Bisnis Sendiri di Usia 10 Tahun

Kebanyakan anak seusianya lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi Darin Nasywa Alia, lebih memilih berbisnis.

Di usianya yang memasuki 10 tahun, Darin, panggilan akrabnya memilih mendirikan bisnis cokelat blended dengan merek Choco Shakes di kota Malang, Jawa Timur. Bisnis itu kini telah memiliki 6 cabang di Kota Malang, dan 1 di Kabupaten Jombang.

Bisnis ini sendiri terlahir dari kebiasaan Darin yang senang meracik minuman berbahan dasar cokelat di resto milik ibunya. Di resto itu Darin melihat bahwa cokelat menjadi minuman yang paling laris terjual.

“Awalnya dari situ, lalu saat Ibu medical ceckup, gula darahnya naik, kolesterol juga naik, tetapi setelah meminum cokelat semua turun dan kembali normal,” kata pengusaha cilik kelahiran 31 Agustus 2005 itu.

Dalam menjalankan bisnisnya ia dibantu oleh beberapa stafnya yang tidak lain adalah keluarganya sendiri. Sehingga kendati ia sekolah, usahanya tidak mengganggu proses belajar. “Sama sekali tidak mengganggu, kalau sudah pulang sekolah saya sempatkan kontrol outlet-outlet saya,” katanya.

Ia juga menawarkan konsep kemitraan di tahun ini, dan sebagai Owner, Darin menjelaskan langsung kepada calon mitra terkait prospek bisnisnya dan analisa BEPnya.

Dengan usianya sekecil itu, ia tidak  mengalami kesulitan saat menghadapi calon mitra yang jauh diusianya. “Sebenarnya sempat grogi juga awalnya tetapi karena sering berhadapan dengan orang jadi terbiasa,” paparnya.

Menurutnya, dengan bisnis yang digelutinya saat ini, bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk bermain. “Kalau main itu kan untuk kesenangan saja, tetapi kalau bisnis dapat semuanya, kebahagiaannya dapat, senangnya dapat, jalan-jalannya juga dapat, ilmunya juga dapat,” kata Darin.

Kedepan ia memiliki harapan untuk terus membesut bisnisnya itu hingga memiliki banyak outlet dalam bentuk kafe di seluruh Indonesia. Ia juga gencar melakukan promosi baik online maupun offline dengan ikut aktif dalam sejumlah pameran bisnis.  

Kesuksesan Darin tak lepas dari didikan kedua orang tuanya yang memiliki latar belakang sebagai pebisnis. Ibunya memberikan banyak masukkan tentang bagaimana karakter sebagai seorang pemimpin, dan bagaimana memanajemeni waktu dengan baik sehingga tidak menggangu waktu sekolah dan pekerjaan.

Julhan Sifadi

Mina Lie, Memulai Bisnis dari Sebuah Kebetulan
Ramah, enerjik, lemah lembut, dan murah senyum menjadi kesan pertama yang terlihat ketika bertemu dengan wanita bernama lengkap Mina Lie ini. Dia adalah Presiden Direktur Gelamisto Indonesia. Se
Read More
Irwan Suryo Nugroho, Mantan Kameramen yang Sukses Berbisnis Resto Bebek
Setelah 4 tahun bekerja di production house sebagai kameramen Irwan Suryo Nugroho memutuskan berhenti dan mencoba peruntungan di bisnis kuliner. Berbekal pengalamannya membantu usaha catering orang tu
Read More
SABRINA, Banting Setir dari Teknik Sipil ke Usaha Tiram
Kesuksesan seseorang memang tidak bisa diprediksi walaupun kadang apa yang dilakukan bertolak belakang dengan defenisi ilmu yang dimiliki. Sabrina contohnya, pemilik perusahaan PT Sabrina Grange Im
Read More
Pery Andiani Merasa Ikut Melestarikan Budaya Indonesia
Sejak bergabung dengan PT Cantika Puspa Pesona, atau yang lebih familiar dikenal Martha Tilaar Spa, Pery Andiani memang kerap tampil di balik layar sehingga jarang yang mengenalnya kecuali para franch
Read More