Saisyokuchanoma COO Bersiap Masuk ke Indonesia

Saisyokuchanoma COO yang berkantor pusat di Perfektur Shizuoka, kota Mishima di Jepang berencana untuk ekspansi ke Jakarta lewat Franchise maupun Business Opportunity (BO).

Konsep dari COO yaitu menghidangkan sajian dengan menggunakan berbagai jenis bahan makanan untuk dapat dinikmati bersama-sama. Nama “Saisyokuchanoma” merupakan gambaran dari konsep restoran ini.

Dengan interior restoran yang modern dan meja counter yang rendah, restoran ini memiliki desain yang unik sehingga para tamu dapat bersantai tetapi tetap memiliki privasi.

Sajian dihidangakan dengan menggunakan bahan-bahan natural yang baik bagi kesehatan dan juga bahan-bahan musiman untuk menghasilkan kreasi yang unik. Meskipun harga makanan lebih mahal sekitar 20% bila dibandingan dengan harga restoran pada umumnya, namun para tamu yang datang dijamin dapat menikmati kehangatan yang ditawarkan oleh Saisyokuchanoma COO dengan konsepnya yang unik sehingga banyak tamu yang datang kembali.

Saat ini ZEN corporation, perusahaan yang mengoperasikan Saisyokuchanoma COO di kota Mishima, Numazu, dan Gotenba, juga mengelola 4 gerai La Coo, restoran yang menghidangkan sajian yang di-arrange ala Barat.

Terkait dengan ekspansi ke Indonesia, ZEN Corporation telah membuka juice bar di AEON MALL BSD CITY pada bulan Mei tahun lalu. Alasannya, ZEN Corporation ingin mengembangkan bisnis yang sudah ada di Jepang melihat semakin banyaknya jumlah ekspatriat dari Jepang seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan dan pabrik Jepang di Jakarta maupun di luar Jakarta.

Direktur ZEN Corporation, Bapak Endo mengharapkan agar orang-orang Jepang dan juga penduduk Indonesia yang tertarik dengan kreasi makanan Jepang modern dapat menikmati sajian dan konsep yang ditawarkan oleh Saisyokuchanoma COO. Sajian yang ditawarkan Saisyokuchanoma COO terdiri dari appetizer, menu sayur, sajian panggang, sajian goreng dan shichirin (anglo dari tanah liat).

Appetizer yang disajikan adalah hidangan pembuka yang biasanya dinikmati dengan minuman beralkohol di Jepang, seperti cream cheese yang direndam dengan miso yang baik bagi kesehatan dan salad yang dicampur dengan chips yang terbuat dari sayuran dan kreasi menu unik lainnya.

Adapun menu sayur yaitu menu yang dihidangkan dengan menggunakan sayur-sayuran segar. Terdapat pula menu sayuran yang dipadu dengan roast beef, seafood dan bahan makanan segar lainnya.

Selain itu, Saisyokuchanoma COO juga menawarkan menu yang paling unik, yaitu Shicirin atau lebih dikenal dengan anglo tanah liat. Shichirin adalah salah satu jenis barbecue dengan menggunakan anglo. Selain diggunakan untuk memanggang udang, sayuran dan bahan makanan lainnya, anglo ini juga digunakan untuk memanggang daging sapi yang sudah diproses menjadi lunak yang merupakan salah satu menu unik di Saisyokuchanoma COO.

Untuk ekspansi ke Jakarta, ZEN corporation berencana untuk membangun total 10 gerai pada daerah-daerah di mana banyak ekspatriat dari Jepang dan Korea tinggal, terutama di kawasan industri, perkantoran dan hotel. Karena ZEN Corporation telah memiliki usaha di Indonesia, maka apabila ada mitra bisnis yang tertarik untuk membeli franchise Saisyokuchanoma COO, ZEN Corporation percaya bahwa mereka dapat memberikan support yang cukup hingga gerai mulai beroperasi.

Tabel berikut merupakan investasi awal dan laporan laba rugi Saisyokuchanoma COO di Jepang untuk digunakan sebagai referensi terkait rencana ekspansi ke Indonesia.

Tabel 1 Investasi awal yang dibutuhkan di Jepang (tidak termasuk deposit)

Biaya

Jumlah (juta rupiah)

Konstruksi interior dan eksterior

1404

Biaya operasional lainnya

351

Total

1755

Tabel 2 Laporan laba rugi berdasararkan hasil laporan di Jepang

 Subjek

Jumlah (juta rupiah)

?Rasio

 Penjualan

468

100.0%

 Biaya

140

30.0%

 Biaya administratif

234

50.0%

 Laba usaha sebelum penyusutan

94

9.4%

(Dihitung dengan royalti sebesar 5%)

Angka penjualan per bulan sebesar Rp 468 juta rupiah (gerai seluas 86 m2 dengan jumlah meja sekitar 48 meja), laba usaha sebelum penyusutan setelah dipotong 5% royalti diperkirakan sebesar Rp 94 juta rupiah. ROI diperkirakan sebear Rp17.550.00.000,- dengan jangka waktu pengembalian modal selama kurang lebih 1,7 tahun.

Apabila dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di Jepang, biaya tenaga kerja di Indonesia lebih rendah sekitar 10% dan laba usaha sebelum penyusutan per bulannya diekspektasikan sekitar Rp 140.800.000. Walaupun sekiranya jumlah investasi awal di Indonesia sama dengan jumlah investasi awal di Jepang pun, ZEN Corporation percaya bahwa jangka waktu pengembalian modal di Indonesia akan lebih cepat sekitar 1.1 tahun.

ZEN Corporation berencana untuk memfokuskan rencana ekspansinya ke kota Jakarta dan sekitarnya dan berencana untuk membuka 10 gerai dalam jangka waktu 5 tahun. Untuk gerai pertama, ZEN Corporation berencana menggunakan sistem sharing initial fee dan royalty fee dengan mitra bisnis di Indonesia dan menyerahkan pengembangan restoran kepada mitra bisnis di Indonesia (Dihitung dengan kurs 1 yen = Rp117).

Zaziri

Andalkan Honey Chicken Ball Sebagai Produk Unggulannya
Kkuldak meramaikan pasar Korean chicken yang tengah menjalar di Indonesia beberapa tahun ini. Kkuldak mengandalkan menu honey chicken ball sebagai diferensiasinya. Seperti apa? Belakangan ini kuliner
Read More
Zahra Turkish Ice Cream Es krim yang Menggoda Customer Lewat Atraksi
Sesuai namanya Zahra Turkish Ice Cream memang berasal dari Turki yang dikenal dengan nama dondurma. Bahan utama es krim ini adalah 100% susu, gula, mastic resin dari pohon cemara, serta campuran krim
Read More
Satu Lagi Resto Steak yang Siap Masuk Indonesia
Setelah sejumlah restoran asing maupun lokal sukses berebut pasar pecinta Steak di Indonesia, kini giliran restoran asal Philipina yang akan masuk. Berikut ulasannya!. Namanya adalah Sizzlin Steak, i
Read More
CMA Mental Arithmetic Bermodalkan Sempoa, Lembaga Kursus ini Sukses di 18 Negara
CMA Mental Arithmetic adalah nama lembaga kursus tersebut. Didirikan di Taiwan pada tahun 1984. Lembaga kursus yang juga menawarkan sistem franchise ini telah hadir di benua Asia, Amerika, Africa hing
Read More