Restoran Ramen Ternama Yang Akan Ekspansi ke Indonesia

Try International Co., Ltd, sebuah perusahaan Jepang yang mengembangkan bisnis restoran spesialis miso ramen MISOYA berencana untuk melakukan ekspansi ke Indonesia yang merupakan negara ekspansi MISOYA di  ASEAN yang ketiga.

 

Sampai saat ini, Try International mengoperasikan 55 gerai di bawah nama brand Tadokoro Shoten dan brand lainnya dengan dengan total 58 gerai di Jepang dan 12 gerai di luar negeri di bawah nama brand MISOYA dengan total keseluruhan 70 gerai yang tersebar di Jepang (58), Amerika (5), Vietnam (1), Thailand (2), Kanada (1), Brazil (1), Macau (1), dan Taiwan (1). 

 

Try International memiliki misi untuk memperkenalkan miso ke seluruh dunia. Miso sudah dikenal sejak dahulu kala oleh orang Jepang sebagai salah satu makanan sehat. Dapat dikatakan bahwa 50 % dari misi Try International adalah untuk memperkenalkan miso ramen ke seuluruh dunia, sedangkan 50% lagi adalah untuk menyebarkan khasiat preventif miso yang dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit.

 

Dengan semakin variatifnya jenis makanan yang ada, kandungan lemak dan garam yang dikonsumsi sehari-hari pun semakin tinggi yang merupakan penyebab utama obesitas. Budaya miso telah menyebar di Amerika, dimana obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius di negara tersebut. Try International membuka gerai MISOYA di New York dengan luas gerai 80? dan penjualan tahunan sebesar 900.000 USD (Rp 12.600.000.000).  

 

Selain itu, MISOYA yang saat ini memiki seorang CEO,  Tadokoro Fumiyuki juga terdaftar dalam Michelin Recommended Guide selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2013 yang membuktikan bahwa rasanya digemari oleh banyak orang.

 

Try International memiliki rencana untuk menambah jumlah gerai sebanyak 9 gerai yang dioperasikan langsung dan  59 gerai franchise di dalam negeri, dan  6 gerai yang dioperasikan langsung dan 5 gerai franchise di luar negeri di masa mendatang.

 

Harada Atsuhiko selaku kepala divisi strategi luar negeri percaya bahwa dengan meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia, maka semakin banyak pula orang yang memperhatikan kesehatannya. “Dengan adanya khasiat miso yang baik bagi kesehatan, maka potensi kebutuhan miso di Indonesia juga tinggi, sehingga beliau memutusukan untuk melakukan ekspansi ke Indonesia,” katanya.

 

Try International berencana untuk ekspansi lewat dua brand yang berbeda. Sehubungan dengan hal tersebut Try International sudah mulai melakukan uji produksi sup miso dengan menggunakan miso halal dan menggunakan topping yang tidak mengandung babi, yang diperuntukkan bagi konsumen Muslim. Sementara ramen dengan menggunakan daging babi panggang atau dikenal juga dengan sebutan char siu yang direndam miso yang diperuntukkan bagi konsumen non Muslim.

 

Standar luas gerai MISOYA yaitu sekitar 100?, di dalamnya termasuk luas dapur 30? dan tempat duduk pengunjung seluas 70? dengan jumlah meja sebanyak 36 meja. Investasi awal yang dibutuhkan untuk membuka gerai di Jepang tidak termasuk deposit yaitu sekitar 23.000.000 yen (Rp 2.619.700.000).

 

Dengan jumlah penjualan tahunan sebesar 132.000.000 yen (Rp 15.180.000.000) dan laba usaha sebelum penyusutan sekitar 26.000.000 yen (Rp 3.036.000.000), maka pengembalian modal MISOYA adalah sekitar 0.86 tahun yang tergolong singkat.

 

Investasi di Jepang (tidak termasuk deposit)

Detail

Jumlah?tax excluded?

Biaya interior & eksterior

Rp 1.782.500.000

Biaya operasional lainnya.

Rp 837.200.000

Total

??Rp 2.619.700.000

 

Standar laporan laba rugi yang digunakan di Jepang

Detail

Jumlah

Rasio

Penjualan

Rp 15.180.000.000

100.0%

Biaya

 Rp 5.313.000.000

35.0%

Biaya usaha

Rp 6.831.000.000

45.0%

Laba sebelum penyusutan

Rp 3.036.000.000

20.0%

 

Investasi awal dan biaya operasi yang dibutuhkan untuk ekspansi di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuka gerai di Jepang, karenanya jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian modal terbilang singkat.

 

Yang menjadi target market MISOYA yaitu kelas menengah atau middle class??A1?A2?B1?B2?C??SEC Classification?dan juga ekspatriat Jepang yang tinggal di Indonesia.

 

Try International selama ini telah melakukan ekspansi ke beberapa negara dengan struktur bisnis yang berbeda-beda, ada yang melalui manajemen langsung, Franchise maupun Joint Venture. Sehubungan dengan ekspansi ke Indonesia, Try International berharap untuk dapat mengembangkan bisnisnya lewat Franchise, namun untuk sekarang ini Try International memilih untuk berdiskusi dengan mitra bisnis berpotensial lebih lanjut upaya menentukan struktur bisnis yang paling sesuai dengan kedua belah pihak.

 

Sehubungan dengan pembukaan restoran di Indonesia, Try International akan membantu dalam hal riset bahan baku, pelatihan sebelum opening, pengembangan menu, pembuatan menu dan lainnya. Sedangkan mitra bisnis diharapkan untuk dapat memilih tempat yang sesuai untuk membuka gerai MISOYA, merekrut tenaga kerja dan operasional restoran.

 

Lama training yang dibutuhkan sebelum opening untuk membuka 1 gerai yaitu selama 2 bulan dan biasanya diwakili oleh 2 orang dan training dilakukan di Jepang. Ramen sudah dikenal baik oleh orang Indonesia, terutama beberapa tahun belakangan ini.  Dibandingkan dengan ramen yang sudah ada, miso ramen mengutamakan untuk menyajikan ramen yang baik bagi kesehatan, namun dengan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terdaftarnya dalam list Michelin Recommended Guide selama tiga tahun berturut-turut.

 

Dengan begitu, dapat dikatakan diferensiasi miso ramen dapat terlihat jelas dan memiliki kesempatan yang besar untuk dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Masa penentuan mitra bisnis direncanakan untuk dilakukan selama kurang lebih selama 6 bulan. Apabila anda berminat untuk menjadi mitra bisnis Try International, silahkan hubungi A-Nauts Co.,Ltd. agen perwakilan MISOYA Jepang. (Perhitungan menggunakan rate JPY1.0?IDR 115.0, USD 1.0= IDR 14.000).

Satu Lagi Resto Steak yang Siap Masuk Indonesia
Setelah sejumlah restoran asing maupun lokal sukses berebut pasar pecinta Steak di Indonesia, kini giliran restoran asal Philipina yang akan masuk. Berikut ulasannya!. Namanya adalah Sizzlin Steak, i
Read More
5asec Dry Clean, Waralaba Laundry Premium Asal Prancis Yang Sukses di Indonesia
Setelah sukses mengembangkan bisnisnya di negeri asalnya, 5aSec Dry Clean rupanya serius untuk berkompetisi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan membuka sejumlah gerainya yang berada di Batam, Pale
Read More
Aunt Milk Tea, Pemimpin Pasar Waralaba Minuman asal China siap Masuk Indonesia
Indonesia siap-siap kedatangan salah satu pemimpin pasar waralaba minuman asal China. Seperti apa sepak terjangnya? Tidak lama lagi Indonesia akan kehadiran salah satu waralaba asal China dengan mere
Read More
aRoma Gelato Experience, Menengok Potensi Bisnis Franchise Gelato Asal Italia
Pernah dengar soal gelato? Gelato adalah makanan manis dingin khas Italia. Masyarakat Indonesia kerap menyebutnya sebagai es krim khas Italia. Di negara asalnya, gelato biasa dinikmati sambil berjalan
Read More