Kedai Kopi dengan Cita Rasa Nusantara

Di tengah maraknya kedai kopi, Kedai 27 hadir menyasar pangsa pasar menengah. Disokong oleh pengalaman bertahun-tahun dan para ahli kopi, Kedai 27 kini menawarkan peluang business opportunitynya.  

Budaya minum kopi sangat kental dalam masyarakat kita. Penggemar kopi pun bukan hanya orang tua, tapi sudah meluas hingga kalangan anak muda. Kedai kopi saat ini pun semakin beragam konsepnya, mulai dari coffee shop kelas atas hingga warung kaki lima. Segmen pasarnya juga kian meluas dari masyarakat kalangan menengah bawah hingga kalangan atas. Tak heran, jumlah kedai kopi terus tumbuh pesat dan banyak pemain baru bermunculan.

Salah satu pendatang baru yang turut meramaikan bisnis kedai kopi adalah Kedai 27. Didirikan di kota pahlawan, Kedai 27 dibuat untuk menjangkau pasar penikmat kopi kelas menengah sampai menengah kebawah yang menginginkan suasana yang lebih nyaman dari sekedar warung kopi pinggir jalan.

Meski demikian, Kedai 27 tetap menghasilkan rasa dan aroma terbaik dari biji kopi nusantara yang diracik menggunakan mesin manual hasil karya anak bangsa yang hasilnya bersaing dengan mesin kopi harga puluhan juta rupiah. “Misi saya adalah mengenalkan kopi Indonesia dengan cita rasa terbaik namun dengan harga yang terjangkau untuk semua golongan,” ujar Michael Alfredo, Franchise & Partnership Supervisor Kedai 27.

Tidak seperti coffee shop modern pada umumnya, menurut Michael, Kedai 27 mengusung menu andalan berupa kopi bergaya espresso atau kopi hitam yang dibuat dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi. Agar lebih nikmat, Kedai 27 menggunakan jenis kopi robusta dan arabica yang sudah teruji akan rasa dan kualitasnya.

Dikatakan Michael, nama Kedai 27 sendiri diambil dari filosofi waktu kontak air dengan kopi yang terbaik antara 25-30 detik maka diambilah 27 karena berada di tengah untuk kopi bergaya espresso. Kedai 27 juga menawarkan kopi kalosi Toraja khas Sulawesi Selatan yang dapat diolah menjadi Kapresso, Es Doppio, Cappucino, dan Latte. “Selain kopi kami juga menyediakan minuman coklat dan teh serta makanan ringan berupa roti, french fries, sampler, mie goreng hot senza, dan lain-lain sebagai teman minum kopi,” ujarnya.

Meski dibuat menggunakan mesin dan biji kopi yang berkualitas namun pelanggan tidak perlu khawatir soal harga. Kedai 27 mematok harga yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp7-12 ribu/cup. Walau harga jual cukup terjangkau bukan berarti omzet yang diraih kecil. Michael mengaku mampu meraup omzet rata-rata tiap outlet lebih dari Rp 35-40 juta/bulan. “Hampir semua varian menu yang ada disukai oleh pelanggan,” bebernya.

Bagi yang tertarik menjadi mitra bisnisnya, Investasi yang dibutuhkan untuk menjadi mitra Kedai 27 sebesar Rp 75 juta. Investasi tersebut akan dikembalikan pada mitra dalam bentuk perlengkapan seperti  lemari es 2 pintu, electric kettle, blender, toaster, deep fryer, mesin push, ice coffee dripped, set up ruangan, utensil lengkap, seragam karyawan, bahan baku awal, dan support media promosi untuk opening.

Franchisee Kedai 27 ditargetkan akan mencapai Return Of Investment (ROI) atau balik modal dalam 14 bulan saja. Dengan asumsi omzet penjualan sebesar Rp 1,25 juta/hari maka franchisee akan mendapatkan omzet sebesar Rp 37,5 juta/bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, sewa tempat dan management fee sebesar 10% dari omzet, maka franchisee akan meraup keuntungan bersih sebesar Rp 10 juta/bulan atau sekitar 27% dari omzet.

Kedai 27 kini telah memiliki 16 cabang dan 4 mitra yang tersebar di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Banyuwangi, Pontianak dan Palu.

“Kami membuka kesempatan bagi para investor yang tertarik memiliki bisnis coffee shop untuk bermitra dengan kedai 27 di wilayah lainnya seluruh Indonesia.” tutup Michael.

Kedai Sosis Propie, Pionir Sosis Bakar Berkonsep Food Truck Yang Tetap Eksis
  Satu lagi tawaran peluang bisnis sosis bakar dari Bekasi yang tengah tren dan naik daun. Mengusung konsep Food Truck, bisnisnya tengah diminati banyak konsumen. Seperti apa peluang bisnisnya?
Read More
Peluang Menarik Bagi Peminat Usaha Siomay
Siomay adalah salah satu kudapan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain harga jualnya yang terjangkau siomay juga memiliki rasa khas yang sudah familiar dengan lidah orang Indonesia. Tak he
Read More
Laundryklin, Laundry Aplikasi Pertama yang Menawarkan Kemitraan
Mayoritas laundry memang masih beroperasi secara konvensional walaupun era digital kini terus bertumbuh pasarnya. Bisa jadi salah satu pertimbangannya adalah faktor investasi yang tidak sedikit. Atau
Read More
De Wave Spa and Reflexology, Pendatang Baru di Bisnis Spa
Di industri waralaba, bisnis ini boleh dibilang baru tetapi ia adalah pemain lama di bisnis spa. Didirikan oleh Indra Krisma, sejak 2008 di Yogyakarta, dan mulai dimitrakan pada tahun 2012. Saat ini
Read More