Andalkan Honey Chicken Ball Sebagai Produk Unggulannya

Kkuldak meramaikan pasar Korean chicken yang tengah menjalar di Indonesia beberapa tahun ini. Kkuldak mengandalkan menu honey chicken ball sebagai diferensiasinya. Seperti apa?

Belakangan ini kuliner Korea memang tengah getol masuk ke Indonesia. Salah satu kuliner Korea yang tengah digemari adalah ayam. Korea boleh berbangga dengan kuliner chicken-nya, karena beberapa resto Korean chicken berhasil mencuri pasar Indonesia. Sebut saja Lotteria, BonChon Chicken, Kyochon, dan sebagainya.

Merek-merek tersebut berhasil memikat konsumen Indonesia. Restoran ayam Korea ini seolah menjadi alternatif kuliner fried chicken asal Amrik yang mendominasi puluhan tahun di pasar Indonesia. Maka beberapa pemain Korea pun mulai banyak melirik pasar Indonesia.

Salah satunya adalah Kkuldak. Franchise chicken asal Korea ini baru masuk ke Indonesia pada Desember, 2013 lalu. Meski demikian restoran ini cukup berhasil melakukan penetrasi pasar. Dalam sehari Kkuldak bisa menjual rata-rata sekitar 200 cup. Jumlah cup yang terjual tersebut cukup tinggi untuk restoran yang baru satu tahun beroperasi.

Kehadiran Kkuldak tentu saja menjadi alternatif lain bagi penyuka chicken Korea. Sebab restoran ini mengusung honey chicken ball sebagai produk andalannya. Produk ini juga cocok dengan selera konsumen Indonesia. “Kita mengusung honey chicken sebagai produk unggulannya. Kebetulan masyarakat kita senang dengan yang manis-manis, jadi cocok lah,” ujar Lydia Sani, Account Manager Kkuldak Indonesia.

Ia mengatakan, ada empat menu chicken unggulan Kkuldak yang ditawarkan kepada customer, yaitu Original Honey Chicken, Spicy Honey Chicken, Sweet & Sour Honey Chicken, dan Peanut Karage Honey Chicken. “Tapi yang paling laku saat ini Original Honey Chicken dan Spicy Honey Chicken. Di dalam cup itu sudah dikombinasi dengan tteokbokki rice dan tteokbokki kentang goreng,” ucapnya.

Dijelaskan, rasa empat menu tersebut sudah diolah menyesuaikan selera orang Indonesia. Ada rasa asam manis, juga ada teriyaki sudah diadaptasi oleh Kkuldak. “Jadi tteokbokki itu kan khasnya Korea dan cukup kenyang untuk dimakan. Sekarang masih kombinasi antara tteokbokki dengan ayam saja. Ke depannya kita juga akan mengeluarkan menu bento,” pungkasnya.

Saat ini, kata Lydia, Kkuldak sudah memiliki tiga gerai yang berdiri di Baywalk Mall, Grand Indonesia, dan Mal Kelapa Gading III. Dalam waktu dekat Kkuldak akan membuka beberapa gerai di mal-mal Indonesia, baik dengan buka cabang sendiri maupun lewat franchise. Master franchise Kkuldak di Indonesia dipegang oleh PT Hanabel Indomarga.

Konsep restoran Kkuldak, menurut Lydia agak berbeda dengan restoran di Korea. Jika di Korea lebih mengusung konsep take and go, atau bayar langsung pergi tanpa disediakan tempat makan, maka di Indonesia Kkuldak menyediakan tempat duduk untuk nongkrong.

“Konsep kita lebih kepada snacking dan come and go, jadi bukan makan besar. Tapi karena orang Indonesia suka nongkrong ya kita sediakan beberapa tempat duduk karena segmen pasar kita kan di usia 20-35. Usia orang-orang yang memang senang nongkrong,” tambahnya.

Di Korea sendiri Kkuldak berdiri sejak 2012 dan sudah memiliki kurang lebih 200 gerai tersebar hampir di seluruh wilayah Korea. Tidak heran jika franchise ini mendapatkan berbagai pernghargaan. Salah satunya adalah meraih Korea Franchise Business Award, Korea Brand Power Award tahun 2013-2014. Merek ini juga sudah meraih HACCP dan ISO versi Korea.

Sekedar informasi, Kkuldak didirikan oleh Cho Dong Min, yang saat ini menjadi ketua Korea Franchise Association. Perusahaan ini bernaung di bawah holding DaeDae FC Co., Ltd. yang sudah berdiri sejak 28 tahun lalu. Selain di Indonesia, Kkuldak sudah merambah pasar Singapura, China dan Vietnam.

Buono Italia, Restoran Italia dengan Sistem Order-Buffet dari Jepang Siap Ekspansi ke Indonesia
Tachibana, yang dikenal sabagai King of Pirate dari Nagoya oleh orang-orang sekitarnya berencana melakukan ekspansi melalui Business Opportunities ke Indonesia. Tachibana yang merupakan owner sekalig
Read More
Its Luzi Peluang Franchise Parfum dari Swiss
Berdiri sejak 1926 dan sudah ada di 110 negara, Luzi masuk ke Indonesia pada 2001. Setelah mendirikan Luzi House di Jakarta beberapa bulan lalu, parfum ternanama dari Swiss ini meluncurkan peluang fra
Read More
Restoran Ramen Ternama Yang Akan Ekspansi ke Indonesia
Try International Co., Ltd, sebuah perusahaan Jepang yang mengembangkan bisnis restoran spesialis miso ramen MISOYA berencana untuk melakukan ekspansi ke Indonesia yang merupakan negara ekspansi MISOY
Read More
Terminix Franchise Pembasmi Hama dari Amerika
Terminix merupakan merek franchise dari Amerika. Perusahaan pembasmi hama ini sudah beroperasi  di 47 negara bagian Amerika serta 22 Negara di dunia dengan 2,8 Juta Pelanggan. Diantara merek fra
Read More