Bread Castle Roti Kualitas Premium dengan Harga Terjangkau

Berkonsep open kitchen, Bread Castle menawarkan roti berkualitas premium dengan harga terjangkau sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Seperti apa konsep, produk dan peluang bisnisnya?

Setelah blusukan ke mal-mal yang ada di daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Tangerang, kali ini redaksi belusukan ke Kota Bekasi. Tentunya dalam rangka mencari bisnis franchise yang tersimpan mal-mal yang ada di kota tersebut yang belum banyak diketahui publik. Kami sengaja hunting franchise di kota ini karena belakangan Kota Bekasi mulai ditumbuhi mal-mal. Pastinya di sana banyak terselip bisnis franchise.

Ketika melewati jalan KH Noer Ali, Bekasi, mata redaksi mulai disuguhkan mal-mal besar yang padat dikunjungi masyarakat. Setelah melintasi mal-mal, mulai dari Bekasi Cyber Park (BCP), Mall Metropolitan hingga Mega Hypermall Bekasi, mobil redaksi tiba-tiba terdampar di Mega Hypermall Bekasi.

Setapak demi setapak kami menyusuri lantai upper ground floor, pintu cendana yang ada di Mega Hypermall Bekasi. Tidak jauh dari sana kami melihat sebuah gerai roti berlabelkan Bread Castle. Gerai tersebut cukup unik, dan kami penasaran untuk menggali informasi dengan bertanya kepada salah satu pegawai yang ada disana. Siapa tahu ini merek franchise.

Ternyata dugaan kami benar. Bread Castle merupakan bisnis franchise. Gerai roti ini rupanya berkonsep open kitcen. Ketika kami tiba, aktivitas di gerai tersebut cukup sibuk melayani customer. Sebagian karyawan terlihat sedang melayani konsumen dan di sebagian sedang di kitchen tengah melakukan pembuatan roti. Aroma menyengat membuat pengunjung yang sedang berlalu lalang harus menghirup aroma khas roti besutan Bread Castle ini.

Bread Castle didirikan oleh Meridian pada  2010 silam. Berbekal warisan resep roti yang turun temurun dari keluarga besarnya, ia membangun punya keinginan untuk membuat produk roti yang berkualitas.  Untuk melengkapi produk rotinya, dia pun mendatangkan chief khusus untuk menangani pastry dan bakery yang kompeten di  bidangnya.

Berbeda dengan butik roti premium yang menyasar segemen kalangan atas. Bread Castle menyasar all segmen yang bisa diminati kalangan menengah bawah. “Kita ingin image roti berkualitas ini merakyat,” kata wanita yang akrab disapa Sitha. Harga yang di tawarkan juga sangat ekonomis. Hal inilah yang menjadikan keunggulan yang dimiliki brand Bread Castle hingga saat ini.

Ditegaskan Sitha, walaupun roti yang di produksinya memiliki kualitas yang sama dengan roti dari brand kompetitor, namun dari segi harga Bread Castle unggul untuk masalah price agar bisa dinikmati oleh semua kalangan. Untuk harga roti manis Bread Castle mematok harga mulai dari Rp 6500 hingga Rp 9000/pcs.

Menurutnya, roti yang digemari oleh para konsumen adalah roti manis selain varian seperti abon, pisang cokelat, pizza, dan sebagainya. Tak hanya itu Bread Castle juga menawarkan produk cake mulai dari red velvet cup cakes, rainbow cake, tiramisu, hingga cake ulang tahun dan juga donat dengan berbagai rasa. Harganya juga cukup terjangkau dengan membayar Rp 250 ribu, cake untuk ulang tahun ini bisa dibawa pulang.

Sitha mangatakan, keunggulan lain Bread Castle ada pada bahan baku yang bebas dari dari bahan pengawet dan juga halal yang ditunjukkan dengan adannya sertifikasi depkes dan sertifikasi halal. “Untuk warna dari rainbow cake juga menggunakan bahan alami yang aman untuk kesehatan,” bebernya.

Demi mengembangkan usahanya, Bread Castle membuka penawaran dalam bentuk kerja sama franchise. Sitha menerapkan konsep franchise yang sangat fleksibel dan yang pastinya saling menguntungkan antara franchisor dan franchisee.

franchisee nantinya akan memproduksi rotinya sendiri tanpa di pasok dari pihak pusat. Investasi yang dibutuhkan oleh calon franchisee adalah Rp 800 juta di luar biaya sewa tempat. Fasilitas yang di dapatkan franchisee berupa SOP (standard operational) prosedur kitchen dan Counter. “Untuk investasi franchisee sudah mendapatkan berbagai perlengkapan usaha dan tinggal menjalankannya saja,” kata Sitha.

Hingga saat ini Bread Castle sudah memiliki cabang yang tersebar di Mall Lippo Cikarang, Grand Mall Bekasi, Mega Hypermall Bekasi, dan The Bellagio Mall Kuningan. Dengan mengacu gerai yang sudah beroperasi Sitha mengatakan, dalam kurun 1 bulan  mampu meraup omset Rp120 juta per bulan dengan target keuntungan bersih mencapai 30%.   

Alvin Pratama

Batagor Cuplis Kudapan Khas Sunda yang Mengusung Konsep Resto
Edisi kali ini tim redaksi melakukan perburuan liputan untuk rubrik Franchise Hunt di mal Gandaria City. Kebetulan kami memang sedang melakukan liputan di mall yang berlokasi di&nb
Read More
Auntie Anne’s, Snack Premium Asal Amerika
Auntie Annes’s merupakan franchise kuliner snack dari Amerika yang menyuguhkan menu Pretzel (roti simpul).  Melewati gerai roti yang satu ini mungkin Anda akan terasa lapar dan tergoda. Wa
Read More
Daddys Takoyaki Menakar Peluang Bisnis Kudapan Osaka Khas Indonesia
Edisi bulan ini tim redaksi Majalah Franchise berkunjung ke Tangerang City Mall, Jl. Jendral Sudirman No. 1, Kota Tangerang. Tepatnya di lantai 2, di Rame Rame Street Food. Ketika melihat booth berwar
Read More
Memadukan Modern Haircut dengan Teknologi Kiosk Machine
Haircut house yang satu ini sangat modern, selain menawarkan kualitas pelayanan dan kenyamanan konsumen, ia juga mengedepankan kecanggihan teknologi dengan menggunakan kiosk machine sebagai layanannya
Read More