Apotek K-24, Mereknya Sudah Kuat di Benak Konsumen

Tahun ini merupakan salah satu tahun terbaik bagi pencapaian Apotek K-24. Banyak penghargaan yang disematkan ke merek waralaba ini. Salah satunya Top Franchise 2019 yang konsisten dipertahankan.

Bagi Apotek K-24, tahun 2019 adalah tahun yang membanggakan. Bagaimana tidak, merek asal Yogyakarta ini mendapat apresiasi yang baik dari berbagai pihak. Tahun ini Apotek K-24 telah mendapat 11 penghargaan atas kinerja mereknya. Seperti Wow Brand, Top Brand, Top Inovation Choise, Top Franchise, Social Media Award, BPJS Award dll.

Pengharaan tersebut memang pantas disematkan bila melihat kinerja bisnisnya. Saat ini Apotek K-24 memiliki 481 gerai tersebar di 24 provinsi 118 Kota/Kabupaten. JaBar 93 gerai, JaTim 85 gerai, JaTeng 61 gerai, DIY 55 gerai, DKI 42 gerai, SumSel 23 gerai, Banten 21 Gerai, Papua 13 Gerai, NTT 12 Gerai,Bali 12 Gerai, SulSel 11 Gerai, KalTim 9 Gerai Jambi 7 Gerai.  Perkembangan yang Impresif bukan?

Dari sisi pendatapan, pada 2019 Apotek K-24 mengalami pertumbuhan penjualan Year on Year th 2018-2019 tumbuh diangka 14 persen. Angka pertumbuhan yang cukup baik. “Bisnis Apotek tidak terlalu terdampak perlambatan ekonomi maupun berbagai peristiwa krisis sosial ekonomi,” kata Burhan Bariton, Marketing Manager Apotek K-24.

Karena itu, kata dia, pada 2020 ApotekK-24 akan menambah 100 gerai baru. “Tahun 2019 pendirian gerai baru 50 % dari franchise yang terlah membuka apotek K-24 sebelumnya. Ini berarti franchise melihat Apotek K-24 terbukti menguntungkan dan memiliki prospek bisnis yang bagus dimasa mendatang,” bebernya.

Burhan mengatakan, konsep bisnis Apotek K-24 adalah 5 jaminan pasti. Pertanma, Pasti Buka 24 jam. Kedua, 100 % obatnya asli. Ketiga, pagi siang malam dan hari libur harga sama. Keempat, konsultasi apoteker gratis. Kelima, layanan Antar dan pembelian online melalui aplikasi K24klik.

Maka tak heran, katadia, merek Apotek K24 akan semakin kuat karena didukung dengan jaminan pelayanan. Terlebih merek ini senantiasa berinovasi. “Inovasi produk dilakukan dengan melengkapi semua jenis dan merek obat yang dibutuhkan konsumen. Menambah sediaan alat kesehatan dan produk Susu lengkap. Baik susu Formula maupun susu kesehatan,” katanya.

Selain itu, sambungnya, Sistem IT Apotek terus dikembangkan. Membership sudah terintegrasi secara online melalui aplikasi tanpa kartu member lagi. Dibeberapa gerai apotek K-24 di tambahkan Anjungan Pelayanan Mandiri untuk membantu konsumen memesan produk tanpa harus antri.

Sejauh ini, persepsi konsumen terhadap apotek K-24 dari dulu hingga kini tidak berubah. Konsumen menganggap K-24 adalah apotek yang melayani obat bebas maupun obat resep, obatnya komplit, 100 persen asli, bisa konsultasi apoteker dan ada layanan antar.  Ketika merek Apotek K24 sudah dikenal meluas saat ini banyak yang meniru dan memakai merek K24 tanpa ijin untuk kepentingan bisnis mereka.

Apotek K-24 didisain untuk menjadi apotek asli Indonesia yang cocok dibuka dan melayani masyarakat di seluruh wilayah Indonesia hingga ke daerah terluar seperti Merauke di batas paling Timur Indonesia, Pulau Rote di daerah paling selatan Indonesia. Untuk mengembangkan Apotek K24 secara waralaba PT. K- 24 selaku Franchisor memberikan dukungan terpadu untuk : Pedirian gerai baru, rekrutmen & pelatihan staf, Software Apotek online 24 jam.

Strategi pemasaran hingga operasional PT K-24 juga, kata Burhan, memiliki jaringan distribusi obat yang siap memasok kebutuhan obat2an gerai apotek K-24. Untuk mendukung ketersediaan SDM yang Unggul Apotek K-24 memiliki  Pusat Pelatihan Associate K-24 Academy (training center). Sekolah Farmasi mulai dari SMK.

Burhan menuturkan, branding Apotek K-24 juga dibangun secara online melalui website dan media sosial seperti Instagram dan Instagram TV (apoteker menyapa), Facebook, Twitter dan Youtube ( Dokter 24) serta majalah kesehatan online Inspirasi Sehat. “Kegiatan CSR seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis serta home care secara berkala dilakukan pada saat Grand Opening kepada masyarakat sekitar dan berkesinambungan melalui program Apoteker K24 Sobat Keluarga,” jelasnya.

“Event melalui media sosial dilakukan secara rutin setiap bulan dan event khusus selama ulang tahun. Apotek K24 secara rutin juga mengikuti kegiatan Expo Franchise dan Job Fair setiap tahun. Berikan di berbagai majalah dan koran bisnis,” sambungnya,

Apotek K-24 menawarkan peluang franchise dengan total investasi kurang lebih Rp 1 Milyar rupiah, dengan Franchise Fee Rp 120 juta, royalty 1,8 % dari omset perbulan. “BEP-nya kurang lebih 3 tahun,” tutup Burhan.

 

Zaziri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AFI dan Auto 2000 Beri Apresiasi Penggiat Usaha Kuliner Indonesia 2017
Di sela-sela pameran Info Franchise & Business Concept 2017, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama Majalah Franchise Indonesia dan AUTO 2000 memberikan penghargaan dan apresiasi Penggerak Usaha K
Read More
Chairman Emiritius of AFI Hadiri Markplus Conference 2017
Bertempat di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Anang Sukandar, Chairman Emiritius of Asosiasi Franchise Indonesia menghadiri undangan sebagai salah satu narasumber di Markplus Conferen
Read More
Bambu Spa Hadir di Kota Harapan Indah Bekasi
Bambu Spa melebarkan sayap bisnisnya di Kota Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat pada 15 November 2015 silam. Bambu Spa cabang Bekasi ini merupakan cabang yang ketujuh dari merek pertama dan satu-satunya
Read More
Stella Maris Gelar Seminar Independence Day
Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-70, Stella Maris School Gading Serpong mengadakan sebuah dialog kebangsaan dengan tema “Meskipun Banyak Negeri Kudatangi, Indonesia Negeri Pal
Read More