Kama Sulaiman, Desain Grafis yang Tekuni Bisnis Coffee Shop

Pria bernama lengkap Kama Sulaiman ini mengawali kariernya di bidang Design dan Garment. Lebih tepatnya di bidang Graphic Design dan Branding. Ia melakukan bisnis tersebut untuk sekitar 4 tahun sebelum memulai bisnisnya saat ini yaitu Wake Cup Coffee.

Ia menjelaskan, bisnis yang menganut sistim waralaba adalah cara yang bagus untuk bertumbuh lebih cepat dan dalam prosesnya juga dapat memberi peluang bisnis pada mitra-mitra baru. Pada awalnya ia mulai mempelajari sistem Waralaba lewat bimbingan beberapa teman yang sudah menjalankannya. Namun lebih banyak ilmu yang harus diraih sambil menjalankannya secara sendiri.

”Kami memulai membuka kesempatan untuk kemitraan pada tahun 2014 dan pada saat ini kami memiliki 13 Cabang, dimana 10 cabangnya adalah kemitraan,” papar pria kelahiran Surabaya, 22 Maret 1982.

Kama memulai bisnis ini pada 3 tahun yang lalau yakni tahun 2014. Hingga saat ini Wake Cup Coffee memiliki 13 Cabang di Indonesia. Dari cabang tersebut 10 cabang diantaranya adalah milik mitra.

Dalam menjalankan bisnis pasti menemui kendala yang berarti. Menurut Kama di semua usaha pasti ada perjuangan dan pengalaman pahit dimana kami merasa sulit untuk dilewati namun bila kami tekun untuk mencari solusi, selalu pasti ada jalannya.

Bagi dia dalam mengelola bisnis dulu ketimbang sekarang pun berbeda. Pasalnya pasaran dan trend selalu berubah di bidang ini. Tantangan baru akan selalu bermunculan di dalam usaha manapun, jadi bukannya jadi lebih ringan dibandingkan dahulu, tapi kami makin bijak dan berilmu untuk menghadapi tantangan baru.

Kama menerangkan tantangan dalam berbisnis pasti ada yang membuat rasa berat tetapi kita harus selalu pantang menyerah berusaha sebaik mungkin. Jangan malu untuk bertanya pada yang lebih tau. Bimbingan dan saran dari para senior sangat berguna. Selain itu, banyak yang harus dialami dan di lewati sendiri untuk menambah ilmu.

“Saya senang beberapa usaha dan jerih payah saya terbayar dengan hasil yang memuaskan. Namun, kata keberhasilan adalah sesuatu yang beda arti untuk semua orang,” kata dia.

Definisi Kama mengenai kata keberhasilan akan berubah makna nya di setiap langkah yang di raih karena target akan makin tinggi tanpa batas. Bagi dirinya target akan selalu untuk bertumbuh secara Nasional dan Internasional sambil menjadi berkah bagi mitra Wake Cup dan seluruh karyawan.

Alvin Pratama

 

 

 

 

 

Fendy Julianto, Asisten Dokter Yang Banting Stir ke Bisnis Pijat Reflexy
Asisten Dokter Yang Banting Setir ke Bisnis Pijat Reflexy Fendy Julianto sejatinya mengawali kariernya sebagai asisten dokter. Namun kepandaiannya dalam melakukan pijat refleksi membawa pria kelahira
Read More
Darin Nasywa Alia, Punya Bisnis Sendiri di Usia 10 Tahun
Kebanyakan anak seusianya lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi Darin Nasywa Alia, lebih memilih berbisnis. Di usianya yang memasuki 10 tahun, Darin, panggilan akrabnya memilih me
Read More
Dini Novita, Srikandi Dibalik Suksesnya Fun Science Indonesia
Paras cantik dengan senyum manis yang terbungkus rapi dengan hijab berwarna cream, melahirkan decak kagum siapa saja yang melihatnya. Bukan hanya karena kecantikannya, tetapi amanah yang diembannya.
Read More
Sonny Arcya Adryanto, Mantan PNS Yang Berlabuh di Bisnis Martabak
Enam belas tahun berkecimpung dunia Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan tentu bukanlah hal yang singkat bagi Sonny Arcya Adryanto dalam menapaki karier. Karena itu, tak mudah baginya un
Read More