AIDA – Awareness, Interest, Desire, Action

AIDA – Awareness, Interest, Desire, Action

Akhir tahun sudah menjelang. Apa yang telah Anda lakukan dalam mengelola brand Anda tahun ini? Mari kita lihat beberapa istilah penting terkait pengelolaan merek Anda, yang dapat disingkat menjadi AIDA: Awareness – Interest – Desire – Action.

Awareness

Tingkat Awareness suatu merek mencerminkan seberapa dikenal suatu merek. Anda dapat melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui tingkat Awareness merek Anda. Coba lakukan kepada sekitar 100 orang yang sesuai dengan profil konsumen Anda.

Salah satu pertanyaan untuk mengetahui tingkat Awareness adalah, “Kalau ingat ayam goreng, merek apa yang Anda ingat?” Pertanyaan lain dapat dilakukan dengan membalik pertanyaan tersebut, misal dengan menunjukkan gambar logo atau nama merek waralaba Anda, ajukan pertanyaan, “Menurut Anda apa yang dijual di tempat dengan gambar seperti ini?”

Pertanyaan versi pertama disebut brand recall (teringatnya seseorang pada suatu merek), yang kedua disebut brand recognition (pengenalan terhadap merek). Tentu saja pertanyaan versi pertama menunjukkan kekuatan suatu merek. Survey top of mind biasanya merujuk pada brand recall.

Interest

Tingkat Interest suatu merek mencerminkan seberapa disukai suatu merek. Pertanyaannya sederhana saja, “Di antara merek-merek ayam goreng yang ada, merek apa saja yang Anda sukai? Urutkan dari yang paling Anda sukai.” Di sini Anda bisa mengetahui posisi atau urutan merek Anda dalam skala prioritas, skala kesukaan, atau preferensi target market Anda terhadap merek Anda.

Desire

Tingkat Desire sudah pada level dorongan keinginan untuk melakukan transaksi. Untuk produk yang sering dibeli, misalnya ayam goreng, pertanyaan untuk mengetahui Desire ini mungkin agak sulit dan menjadi tumpang tindih dengan aspek Interest.

Untuk produk yang relatif jarang dibeli, misal mobil atau ponsel, pertanyaannya sedikit lebih mudah. Misal Anda bisa mengajukan, “Dalam berapa bulan ke depan Anda hendak membeli ponsel baru?” Lalu lanjutkan dengan pertanyaan, “Rencananya, ke mana Anda hendak membeli ponsel tersebut?”

Atau untuk orangtua yang hendak mencari tempat kursus bahasa Inggris bagi anaknya, Anda bisa mengajukan pertanyaan, “Dalam berapa bulan ke depan Anda hendak memasukkan anak Anda ke kursus bahasa Inggris?” Lalu lanjutkan dengan pertanyaan, “Rencananya, mau masuk kursus bahasa Inggris yang mana?”

Dengan mengajukan pertanyaan seperti ini kepada 100 orang, Anda akan mengetahui kekuatan merek Anda dalam memenangkan preferensi ketika mendekati atau sudah memasuki level Desire.

Action

Action adalah tindakan nyata yang sudah dan/atau pernah terjadi. Setelah menanyakan hal-hal terkait Awareness, Interest dan Desire, Anda bisa menanyakan realitasnya, “Bila anak Anda sudah kursus Bahasa Inggris, saat ini kursus di mana?”

Jangan kaget kalau jawaban di tingkat Action ini memberikan hasil yang berbeda dengan level Desire. Ada yang karena faktor harga, ada yang karena sudah terlanjur kursus di tempat yang lama dan tidak mengalami hal-hal yang mengecewakan.

Silakan mencoba melakukan survey kecil-kecilan terkait AIDA ini. Anda bisa juga melakukan survey ini dengan responden pengunjung saat pameran, untuk mengetahui tingkatan AIDA merek Anda di benak calon investor.

Utomo Njoto

Senior Franchise Consultant dari FT Consulting

Website: www.consultft.com

Email : utomo@consultft.com